June 7, 2022

Niche Market dan Cara Menentukannya untuk Bisnis

Niche market ketika menjalankan bisnis memang dapat membantu menemukan pasar sendiri. Namun, bagaimana cara menentukan niche market yang tepat untuk bisnis?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu adanya niche market ketika menjalankan bisnis tentu dapat membantu menemukan pasar sendiri. Umumnya, dengan memberikan ciri khas berbeda dari usaha yang sudah ada, sehingga meningkatkan daya tarik bisnis di pasar. Namun, bagaimana cara menentukan niche market yang tepat dan baik? 

Pengertian Niche Market

niche market
Gambar: freepik.com/8photo

Niche market merupakan sebuah segmentasi pasar tertentu yang menjadi target bisnis untuk dapat menjual produk atau layanan. Menentukan target pasar ini memang menjadi salah satu bagian paling penting dalam bisnis, agar bisa bertahan di persaingan yang semakin ketat.

Kemudian, dengan menentukan niche market yang spesifik dapat membantu kamu meraih meraih keuntungan besar dibandingkan langsung terjun ke pasar bebas. Pasalnya bisnis menjadi lebih fokus menjualkan produknya pada pelanggan tertentu sesuai target. 

Manfaat Niche Market

1. Fokus bisnis jadi lebih jelas 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menentukan niche market berarti memfokuskan pada target pasar tertentu. Sehingga kamu tidak perlu bingung dalam mengembangkan produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada pelanggan. 

2. Membantu memperluas peluang bisnis

Selanjutnya, membantu memperluas peluang bisnis. Di saat kamu sudah bisa fokus dan menguasai satu pasar, maka akan lebih mudah melakukan ekspansi ke area khusus lainnya. Hal itu pun membuat bisnis terus bertumbuh dengan metode ini.

3. Bisnis jadi lebih mudah dikenal 

Dengan adanya fokus pasar yang detail atau lebih mengerucut tentu membuat kamu hanya memiliki sedikit kompetitor. Jumlah pesaing yang sedikit tersebut pun dapat membuat bisnis lebih cepat dikenal di pasar. Sehingga berpotensi untuk dijadikan rujukan bagi konsumen-konsumen baru dalam komunitas yang terkait dengan niche market

4. Mampu meningkatkan loyalitas pelanggan

Terakhir adalah mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Menentukan niche market dapat membuat kamu lebih mudah untuk menawarkan produk yang memang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Oleh karena itulah, para pelanggan yang termasuk dalam target market akan lebih loyal terhadap brand bisnis milikmu.

Baca juga: Bantu Tingkatkan Layanan Bisnis, Simak Pengertian Loyalitas Pelanggan Berikut Yuk!

Cara Menentukan Niche Market 

niche market
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Lakukan riset tren pasar terlebih dahulu 

Pertama, lakukan riset tren pasar terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengenali pasar mana yang sesuai untuk produk bisnis milikmu. Lalu, cari tahu juga apa saja kebutuhan pelanggan di pasar tersebut dan kenali kompetitor yang menargetkan pasar. 

 2. Pastikan melakukan cross check kompetitor

Kedua, coba pastikan melihat seberapa banyak kompetitor yang berada di pasar tersebut. Dan apa saja yang menjadi keunggulan serta kelemahan para pesaing. Jadikan beberapa  informasi dari hasil riset tadi sebagai penguat strategi bisnis, sehingga memiliki value atau nilai tambah

3. Buat keputusan yang tepat

Jika sudah selesai menganalisa tingkat persaingan, kini saatnya memutuskan apakah kamu akan melanjutkan masuk ke pasar tersebut atau tidak. 

4. Lakukan promosi bisnis

Apabila sudah membuat keputusan, kini saatnya memasarkan produk dengan menyasar target pasar bisnis. Caranya dengan membuat konten berkualitas seputar produk yang tujuannya untuk promosi sekaligus edukasi ke masyarakat. 

Promosi bisnis sendiri bisa dilakukan secara online melalui Website, Blog, Twitter, Instagram, WhatsApp, TikTok dan masih banyak lainnya. Ciptakan konten yang dapat memberikan solusi atas masalah pelanggan. Contohnya memberikan konten tip dan cara berguna untuk membantu mereka menghemat waktu, uang, atau bahkan keduanya.

5. Lakukan evaluasi 

Terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap target bisnis yang telah ditentukan. Pemasaran dan bisnis memang menjadi proses yang akan terus berkelanjutan. Oleh sebab itu, kamu perlu memperbaiki dan meningkatkan target secara teratur.

Dengan mengukur apa yang berhasil dan tidak, kamu akan mengetahui apa hal-hal penunjang kemajuan bisnis. Jadi, tetapkan ukuran pemasaran yang jelas untuk mengarahkan bisnis.

Itulah pengertian, manfaat dan beberapa cara menentukan niche market untuk bisnis yang tepat dan baik. Jika kamu sudah berhasil menentukannya, pastikan juga untuk memulai mengelola bisnis secara digital menggunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama