August 10, 2022

Wajib Tahu, Ini Langkah-Langkah Merintis Bisnis Agar Cepat Menghasilkan Banyak Keuntungan!

Tak hanya memiliki modal dan ide unik saja, tapi kamu juga perlu memahami beberapa langkah merintis bisnis berikut agar cepat menghasilkan banyak keuntungan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu cara memulai bisnis sendiri tidak hanya sekadar pada kepemilikan modal hingga idenya saja, tetapi juga ada beragam faktor lainnya yang perlu dipersiapkan sekaligus dipahami secara matang. Berikut ini langkah-langkah merintis bisnis agar cepat menghasilkan banyak keuntungan.  

Langkah-Langkah Merintis Bisnis yang Tepat

1. Kembangkan terus ide bisnis 

merintis bisnis
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Langkah pertama, harus terus mengembagkan ide bisnis yang sedang dijalani. Perencanaan matang selalu menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis. Terdapat dua elemen penting yang perlu kalian perhatikan dalam proses perencanaan yaitu keuntungan yang telah didapat serta keunggulan bisnis itu sendiri.

Jika kedua elemen tersebut sudah diketahui, maka kembangkan menjadi jenis bisnis seperti apa yang akan dijalankan. Pastikan kamu sudah memahami serta memiliki planning yang jelas tentang bisnis. 

2.  Pahami kondisi target pasar

Langkah kedua, memahami kondisi target pasar. Pasalnya, seringkali kamu hanya fokus pada apa yang akan dijual daripada kepada siapa barang tersebut dijual. Namun kenyataannya, pemahaman akan target pasar menjadi faktor penting yang juga perlu dipertimbangkan secara matang sebelum bisnis dijalankan, lho.

Sehingga ada baiknya untuk lebih dulu melakukan pemahaman dengan menganalisis apa yang diinginkan oleh konsumen. Dalam melakukan hal ini kamu bisa menggunakan alat bantu seperti kuesioner, survei ataupun wawancara sederhana sehingga mendapatkan data valid langsung dari pelanggan. 

Setelah mendapatkan seluruh data dari konsumen, kamu bisa selaraskan hal tersebut dengan kinerja serta kelebihan dari produk yang ditawarkan agar sesuai dengan harapan dari para konsumen.

3. Tentukan struktur bisnis yang jelas

Langkah ketiga adalah menentukan struktur bisnis yang jelas. Perlu dipahami bahwa struktur dalam sebuah organisasi bisnis menjadi salah satu faktor penting yang juga perlu dibicarakan. Melalui penentuan struktur ini kamu dapat menganalisis biaya harian, jumlah pajak yang dibayarkan hingga masalah finansial. 

4. Tentukan sumber dana yang digunakan untuk bisnis

Langkah keempat adalah menentukan sumber dana yang akan digunakan untuk bisnis. Dalam hal ini terdapat dua cara yakni internal serta eksternal. Pendanaan internal adalah dana yang umumnya diambil dari tabungan pribadi ataupun hasil tabungan. Sedangkan pendanaan eksternal didapatkan melalui pinjaman dari badan perusahaan keuangan.

5. Pilih media pemasaran bisnis yang tepat dan sesuai kebutuhan

merintis bisnis
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Langkah kelima atau yang terakhir adalah memilih media pemasaran bisnis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Setelah menyelesaikan beberapa langkah di atas, kini saatnya memaksimalkan proses pemasaran. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, ada begitu banyak cara menarik yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan produk bisnis seperti melalui media sosial Instagram, Facebook, TikTok, Twitter dan lain-lainnya. 

Pastikan kamu menyediakan konten digital berkualitas yang tidak hanya menjual penampilan tetapi juga mampu menginformasikan produk bisnis kepada para konsumen secara jelas, ya. 

Itulah beberapa langkah merintis bisnis yang tepat agar mampu menghasilkan keuntungan maksimal. Jangan lupa, buatlah seluruh kegiatan bisnismu jadi lebih praktis, efektif dan mudah menggunakan Youtap POS yang sudah dilengkapi berbagai macam fitur canggih, ya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama