Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
October 27, 2021

15+ Peluang Usaha Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Di era digital melakukan bisnis tentu sangat menguntungkan karena bisa dijalankan secara online, bukan? Berikut beberapa peluang usaha modal kecil yang bisa dicoba.

Isi Artikel

Menjalankan sebuah bisnis di era digital seperti sekarang ini tentu menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi banyak orang. Namun, perlu kamu tahu bahwa ada beberapa bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal uang cukup besar. Dan berikut ini beberapa peluang usaha modal kecil yang bisa kamu coba. 

Apa Itu Peluang Usaha?

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa peluang usaha adalah sebuah kesempatan dalam dunia usaha untuk bisa mencapai target tertentu atau menghasilkan keuntungan yang telah ditentukan. Demi bisa mencapai hal-hal tersebut, akan ada beberapa upaya khusus yang harus dilakukan. 

Upaya yang dimaksud bisa mencakup segala sesuatu yang dapat menunjang kegiatan usaha seperti modal, pengetahuan, skill atau keahlian khusus, relasi, pengalaman dan lain-lain. Lebih sederhananya, peluang usaha merupakan kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Kemudian, tujuan peluang usaha sendiri adalah sesuatu yang ingin dicapai dan dapat berupa keuntungan, kekayaan, uang, popularitas, status sosial dan lain-lainnya. 

Peluang Usaha Modal Kecil yang Cukup Menjanjikan

1. Franchise

peluang usaha modal kecil
Gambar: freepik.com/jcomp

Peluang usaha modal kecil yang pertama bisa kamu coba adalah bisnis franchise. Usaha yang satu ini bisa dijalankan dengan sistem kerjasama atau kemitraan bersama perusahaan yang produknya sudah dikenal oleh banyak orang. Usaha franchise ini hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa adanya pemasaran, dan tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli.

Franchise atau waralaba sebenarnya sudah berkembang lama, namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa menjalankan bisnis seperti ini membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya di bidang makanan. Namun pada kenyataannya, usaha franchise ini memiliki banyak pilihan seperti jasa laundry, gas, kirim barang, bahkan tambal ban. Kunci dari usaha franchise ini, kamu hanya perlu melihat dengan  baik peluang usaha yang ada dan memilih jenis bisnis serta mitra yang terpercaya.

2. Membuka Cucian Mobil dan Motor 

Kini banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, namun akibat kesibukan mereka mengakibatkan tidak adanya waktu dan tenaga untuk mencuci motor atau mobil yang digunakan. 

Hal tersebut pun bisa menjadi usaha yang sangat baik karena tidak akan kehilangan konsumen. Selain itu kamu juga tidak membutuhkan terlalu banyak modal uang karena bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat strategis untuk mendirikan usaha tersebut. 

Kemudian kamu juga bisa mengandalkan relasi di kantor, atau teman-teman untuk menjadi pelanggan sekaligus membantu memasarkan bisnis tersebut.Usaha ini memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan besar karena walaupun dengan modal kecil tetapi akan selalu memiliki pelanggan potensial.

3. Bisnis Minuman Kekinian 

peluang usaha modal kecil
Gambar: freepik.com

Peluang usaha minuman segar yang kekinian hingga saat ini masih banyak diminati oleh banyak orang. Menyengatnya sinar matahari di siang hari, tentu hanya minuman es yang mampu memuaskan dahaga.

Oleh karena itu, berbagai jenis minuman kekinian seperti milkshake atau jus segar bisa  menjadi pilihan banyak orang ketika siang hari. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar, jumlah peminatnya pun akan semakin banyak.

4. Usaha Sayuran Segar 

Saat ini sudah banyak orang yang mulai melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumi berbagai sayuran sehat. 

Sayuran ini menjadi bahan utama yang paling dicari, terlebih di perkotaan yang kita tahu tidak ada lahan untuk bercocok tanam sayur. Sehingga usaha sayuran ini bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan. 

Sama dengan yang lainnya, usaha sayuran segar ini tidak membutuhkan modal besar. Kamu hanya cukup mengeluarkan modal untuk membeli sayur di pasar sebanyak ratusan ribu saja. 

5. Usaha Air Minum Isi Ulang 

peluang usaha modal kecil
Gambar: freepik.com

Air minum sehat tentu banyak diminati oleh masyarakat luas karena sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Hal ini pun bisa menjadi peluang usaha yang bagus karena kebutuhan akan minum menjadi hal wajib bagi setiap orang.

Biasanya masyarakat menggunakan galon untuk keperluan minum, sehingga usaha air minum isi ulang ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih menguntungkan. 

6. Usaha Sewa Kamar 

Usaha sewa kamar ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki villa ataupun rumah tak dihuni. Perlu kamu ketahui bahwa harga sewa kamar di berbagai aplikasi ini cukup bervariasi, mulai dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah.

Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal uang, hanya membutuhkan atau memanfaatkan rumah yang sudah dimiliki. 

7. Menjadi Seorang Youtuber 

peluang usaha modal kecil
Gambar: freepik.com/DCStudio

Peluang usaha modal kecil yang terakhir adalah dengan menjadi seorang youtuber. Kegiatan usaha yang satu ini memang banyak digandrungi oleh anak-anak muda. 

Khususnya bagi anak-anak muda yang kreatif dan memiliki keahlian untuk memproduksi video. Pelaksanaannya pun cukup mudah, kamu hanya cukup mengunggah video pada  saluran youtube milikmu. 

Jika sudah lakukan verifikasi akun, dan youtube milikmu pun akan menjadi penghasil yang  dari hasil iklan yang muncul. Agar mendapatkan keuntungan maksimal, kamu harus konsisten mengunggah video-video dengan konten berkualitas agar makin banyak menontonnya. 

8. Usaha Pemeliharaan Tanaman

Bagi kamu yang memiliki kegiatan cukup padat baik itu sekolah atau pun bekerja, biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pemeliharaan tanaman. Oleh karena itulah, jasa pemeliharaan tanaman sangat dibutuhkan untuk bisa membantu merawatnya hingga tumbuh dengan baik. Umumnya, usaha pemeliharaan tanaman ini akan menyediakan layanan perawatan tanaman seperti pemupukan, penyiraman, dan lain-lainnya yang sudah disertai dengan penyediaan alat serta bahan tertentu. 

9. Usaha Pemasaran Digital 

Kini pemasaran digital memang sangat dibutuhkan karena usaha online pasti membutuhkan strategi promosi untuk menyebarluaskan berbagai macam informasi di beberapa channel media sosial. Jadi, salah satu peluang usaha modal kecil yang bisa dicoba adalah membuka jasa pemasaran digital seperti  SEO, manajemen media sosial, dan iklan online. Di mana layanan satu ini  membantu bisnis lokal meningkatkan penjualan serta visibilitas dengan menggunakan saluran digital.

10. Jasa Antar Jemput Sekolah

Biasanya orang tua yang langsung melakukan penjemputan anak di sekolah, namun kini kegiatan tersebut bisa lebih mudah dengan menggunakan jasa antar jemput. Usaha satu ini bertujuan untuk membantu para orang tua memastikan anak-anak mereka sampai dengan selamat saat berangkat dan pulang. 

11. Jasa Editing Dokumen 

Apabila kamu memiliki kemampuan mengetik dengan cepat dan menguasai tools-tools untuk editing dokumen lainnya maka hal ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat baik. Hanya saja kamu akan membutuhkan perangkat seperti komputer atau laptop. Tapi tidak perlu khawatir, apabila kamu tidak memiliki peralatan tersebut maka bisa coba pinjam di rental komputer. Lalu,  beberapa dokumen yang bisa dibantu untuk edit bisa berupa naskah drama, tugas sekolah, makalah dan laporan penelitian.

12. Usaha Sewa Alat Fotografi

Peluang usaha modal kecil lainnya yang bisa kamu coba adalah menawarkan sewa alat-alat fotografi. Bagi kamu yang sudah memiliki perangkat digital, tentu bisa memanfaatkan penyewaan alat-alat fotografi. Pasalnya seperti yang kita tahu bahwa belum tentu setiap orang bisa beli perangkat digital, sehingga menawarkan sewa tentu akan lebih menguntungkan. 

13. Angkringan

Bagi kamu yang ingin menjalankan usaha di malam hari agar bisa dilakukan setelah bekerja atau sekolah, cobalah untuk buka angkringan. Selain membutuhkan modal yang kecil, usaha angkringan ini juga lebih praktis karena hanya perlu mempersiapkan menu sederhana. 

14. Produk Ramah Lingkungan

Saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan memang sudah semakin tinggi, bukan? Hal itu pun sangat berdampak pada pemakaian produk-produk ramah lingkungan, seperti tas belanja daur ulang, pakaian, dan lain-lainnya. 

15. Pelatihan Keterampilan Online

Seperti yang kita tahu saat ini mulai banyak orang yang meningkatkan skill atau keterampilan mereka secara online. Pelatihan online mulai banyak diminati karena lebih fleksibel dari sisi waktu dan tempat. Beberapa contoh pelatihan keterampilan yang bisa dijalankan secara online adalah les bahasa asing, seni, atau pemrograman.

16. Membuat Podcast

Apabila kamu adalah salah satu orang yang memiliki kemampuan dalam bidang public speaking, maka bisa coba usaha podcast. Namun, agar podcast yang dibangun bisa sukses hingga punya banyak pendengar, maka perhatikan target pasar serta konsistensi dalam menyajikan kontennya, ya. 

17. Usaha Bento Box

Usaha kuliner bento box memang nampak sederhana, di mana ini merupakan sebuah makanan seperti bekal yang sangat praktis. Jadi, bento box bisa dikonsumsi di mana sama dan kapan pun. 

18. Penjualan Produk Daur Ulang

Kini sudah semakin banyak produk-produk yang bisa didaur ulang hingga dijual kembali ke pasaran. Beberapa produk daur ulang yang memiliki banyak peminat adalah dompet, tas, pakaian, aksesoris, dan barang-barang dekorasi. 

19. Jasa Konsultasi dan Dukungan untuk Penanganan Stress  

Terakhir, membuka jasa konsultasi dan dukungan untuk penanganan stress.  Cara kerja dari usaha ini sendiri adalah menyediakan layanan konsultasi dan dukungan untuk individu yang sedang mengalami stres dan ingin meningkatkan kesejahteraan mental.

Itulah beberapa peluang usaha modal kecil yang bisa kamu coba. Dalam pelaksanaanya sendiri, kamu bisa mulai menggunakan aplikasi usaha Youtap yang dapat menjadi solusi digital terbaik untuk semua bisnis dan perusahaan.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama