Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
October 25, 2021

7 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Tanaman Hias

Bukan lagi hanya sekadar hobi, bisnis tanaman hias kini juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi seseorang. Berikut beberapa tips sukses mulai bisnis tanaman hias.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini merawat tanaman hias bukan lagi hanya sekadar hobi, melainkan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Banyak orang kini yang mulai membangung bisnis tanaman hias, karen minta pembeli ternyata semakin meningkat. Lalu, apa saja tips sukses untuk memulai bisnis tanaman hias? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk. 

Tips bisnis tanaman hias 

Agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal ketika menjalankan bisnis tanaman hias, berikut ini beberapa hal yang wajib dilakukan: 

1. Pahami dulu secara mendalam tentang bisnis tanaman hias

Tak hanya sekadar menyukai tanaman hias, tetapi kamu juga harus mengetahui secara detail tentang tanaman hias. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika kamu mengelola tanaman dan mungkin saat ada pembeli yang mulai tanya tentang tanaman hias mana populer. Oleh sebab itu, langkah awal sebelum memulai tanaman hias kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup seperti, jenisnya, cara perawatan, hingga harga jualnya di pasaran. 

2. Pilih jenis tanaman hias yang tepat untuk dijadikan bisnis

Langkah tips sukses memulai bisnis tanaman hias adalah memilih jenisnya. Memang sudah menjadi rahasia umum, bahwa jenis tanaman sangat banyak, namun ketika ingin berbisnis sebaiknya pilih yang bisa dibudidayakan dengan mudah apalagi untuk pemula. Umumnya hanya ada dua jenis tanaman hias yang biasa dijadikan untuk bisnis, yaitu jenis berdaun atau tanaman dengan bunga. Kedua jenis tersebut memiliki peluang usaha yang besar dan pastinya sangat menguntungkan untuk bisnis tanaman hias. 

3. Pahami kebutuhan tanaman hias

Setelah menetapkan pilihan jenis tanaman hias yang akan kamu jual, selanjutnya pelajari bagaimana cara merawat atau mengelolanya. Dengan kata lain, kamu harus paham betul apa yang dibutuhkan dalam perawatan tanaman hias tersebut. Pengetahuan tersebut, nantinya akan membantu kamu mengontrol proses budidaya tanaman hias, jadi tidak ada rusak dan menghindari dari kerugian bisnis. 

4. Tentukan lokasi jualan yang strategis

Kunci kesuksesan dalam dunia bisnis lainnya adalah menentukan lokasi jualan tanaman hias yang strategis.  Memilih lokasi potensial untuk berjualan dapat memudahkan calon konsumen untuk menjangkau ke toko milikmu. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan rumah sebagai lokasi bisnis, sehingga bisa menjual secara online. 

5. Selalu ikuti tren tanaman hias

Sama halnya dengan bisnis fashion, tanaman hias pun juga harus mengikuti tren di pasaran. Kamu perlu mengetahui apa saja tanaman hias yang sedang populer, sehingga tingkat peminat atau calon pembeli tanaman hias semakin meningkat. Jadi, pastikan kamu juga memiliki beragam variasi yang bisa ditawarkan untuk meningkatkan penjualan, ya. 

Selain itu, jangan ragu untuk membudidayakan tanaman hias yang langka di pasaran. Walaupun harus membutuhkan perawatan khusus namun dengan harga jual yang menarik pasti akan sangat menguntungkan. Bisnis tanaman hias ini mirip dengan investasi, ketika kamu memiliki jenis langka yang tidak dimiliki oleh toko lain tentu akan menarik calon pembeli sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Berikut ini beberapa tanaman yang tergolong langka dan bisa dibudidayakan di Indonesia. Selain itu bisa bisa dijual dengan harga yang tinggi. Contohnya adalah Anggrek Hitam Papua, Bonsai, Sansevieria Ehrenbergii, dan Kadaka.

6. Harus memiliki strategi pemasaran yang kekinian

Tak hanya sekadar pemasaran offline atau membuka toko saja, kamu juga harus pintar membuat strategi pemasaran secara online. Menggabungkan strategi marketing online dan offline yang tepat, dapat membuat bisnis tanaman hias milikmu mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Sebagai contoh, kamu bisa memasarkan bisnis tanaman hias melalui komunitas atau melalui media sosial yang ada. Selain itu, kamu juga bisa membuat sebuah video cara merawat atau menanam tanaman hias bagi pemula. Dan pada bagian akhir atau di pertengahan bisa diselipkan promosi toko milikmu.

7. Pengelolaan keuangan bisnis yang tepat 

Mengelola keuangan bisnis yang tepat memang sangat memengaruhi kesuksesan usaha yang kamu jalankan. Bisnis tanaman hias juga tak akan berjalan jika hanya memiliki modal niat saja. Sebaiknya, pastikan dengan jelas strategi dan praktik bisnis tanaman hias. 

Kesimpulan

Itulah beberapa tips sukses yang bisa kamu coba lakukan untuk mulai bisnis tanaman hias. Lalu, untuk memaksimalkan kegiatan promosi bisnis tanaman hias, ada baiknya untuk mengelola bisnis menggunakan Youtap POS

Di mana Youtap POS ini sudah memiliki berbagai macam fitur canggih yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan transaksi secara otomatis setiap harinya. Menguntungkannya lagi, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur lainnya untuk mengelola bisnis yaitu E-menu, POS Kasir, Cetak Struk Sekali Tap, QRIS dan semua Cashless, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Selain itu, kamu juga dapat langsung untuk Mulai Usaha apapun dengan menggunakan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan secara lengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga berbagai macam tips, promo, informasi, hingga event di Blog Youtap

Jadi, tunggu apalagi? Kini saatnya  untuk bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama