June 14, 2022

8 Cara Tepat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis

Sebagai salah satu garda terdepan yang mencerminkan kualitas sebuah usaha, maka kamu wajib untuk mengetahui beberapa cara meningkatkan pelayanan bisnis paling tepat. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Pelayanan adalah garda terdepan yang harus diperhatikan dengan baik agar dapat mencerminkan bisnis yang kamu bangun. Oleh karena itu, kamu harus memiliki layanan prima. Namun, bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan bisnis yang tepat dan juga efektif bagi pelanggan? Simak penjelasannya berikut, yuk. 

Apa Itu Layanan Prima Pada Bisnis?

pelayanan bisnis
Gambar: freepik.com

Pelayanan prima, dikenal juga sebagai excellent service adalah sebuah upaya dari instansi, organisasi atau usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Tujuan utama dari pelayanan satu ini, yaitu membuat pelanggan menjadi puas sehingga dapat meningkatkan aspek lainnya seperti penjualan, keuntungan dan lain-lainnya. 

Layanan prima pada bisnis sendiri juga memiliki tujuh konsep dasar yang dibutuhkan yaitu sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, bertanggung jawab, dan juga simpati. Oleh karena itulah, kamu wajib mengetahui beberapa cara meningkatkan kualitas pelayanan bisnis. 

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis

1. Pastikan mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan

Pertama, kamu harus lebih dulu mengetahui dan juga memahami kebutuhan pelanggan. Pastikan seluruh tim layanan pelanggan harus didasarkan pada kebutuhan pelanggan. Pasalnya, dengan cara memahami kebutuhan pelanggan, maka kamu akan dapat membantu memandu strategi pelanggan yang tepat. 

2. Melatih kemampuan berinteraksi dengan pelanggan 

Kedua, kamu perlu mengetahui bagaimana akan berinteraksi dengan pelanggan. Sehingga sangat perlu melatih seluruh perwakilan pelayanan atau agen customer service, agar mereka memiliki empati tinggi saat menjawab berbagai macam pertanyaan dari pelanggan. 

3. Utamakan review atau ulasan dari pelanggan yang jujur

pelayanan bisnis
Gambar: freepik.com

Ketiga, pastikan kamu meminta review atau ulasan dari pelanggan yang jujur untuk membantu meningkatkan kinerja layanan bisnis. 

4. Persiapkan kerangka kerja untuk mengukur kinerja 

Keempat, kamu harus memiliki metrik kinerja customer service sebagai garda terdepan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan KPI (Key Performance Indicator) yang tepat untuk mengukur kinerja tim. 

5. Menetapkan standar layanan bisnis

Kelima, kamu juga harus menetapkan serta mengkomunikasikan standar layanan bisnis akan seperti apa. Berikanlah beberapa daftar periksa terkait jaminan kualitas layanan untuk merinci apa saja yang dibutuhkan saat membantu pelanggan.

6. Coba terapkan strategi omnichannel customer service

pelayanan bisnis
Gambar: freepik.com/creativeart

Keenam, cobalah untuk menerapkan strategi omnichannel customer service. Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada berbagai channel atau saluran bisnis untuk menjangkau pelanggan. 

Namun sayangnya, ada banyak saluran terkadang justru membuat pelayanan bisnis jadi kerepotan karena tidak dikelola maksimal. Oleh karena itu, kamu bisa coba gunakan strategi omnichannel customer service untuk memiliki keselarasan kualitas layanan dan program di semua saluran bisnis secara merata. 

7. Bersikap transparan 

Ketujuh, bersikaplah transparan dalam melakukan pelayanan bisnis. Cara satu ini dapat membantu memperkuat komunikasi yang kamu miliki satu sama lain dan juga meningkatkan kolaborasi serta keselarasan tim layanan pelanggan. 

8. Bantu selesaikan pertanyaan dan masalah dari pelanggan 

Terakhir, kamu harus meningkatkan kualitas pelayanan bisnis dengan cara membantu memecahkan semua masalah atau pertanyaan dari pelanggan. Sehingga mereka akan merasa nyaman dan berpotensi kembali melakukan pembelian di bisnis milikmu. 

Itulah beberapa cara meningkatkan kualitas pelayanan bisnis. Jadi, tidak hanya fokus pada produk yang ditawarkan saja, kamu juga harus coba memperhatikan pelayanan bisnis dengan baik. Mengingat saat ini seluruh kegiatan bisnis sudah dilakukan dengan teknologi, kamu juga harus mulai beradaptasi menggunakan sistem digital menggunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama