January 20, 2022

Apa Itu Marketing Omnichannel dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Memiliki multi channel dalam berbisnis ternyata dapat meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, pahami pengertian marketing omnichannel dan manfaatnya berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kini cara berbelanja para pembeli memang mengalami perubahan. Banyak pembeli yang semakin jeli meneliti produk dengan cermat sebelum membelinya. Pembeli akan meluangkan waktu membaca ulasan produk, memeriksa foto produk, serta mengecek testimoni. 

Agar bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru para pembeli, kamu bisa coba menggunakan pendekatan atau strategi marketing omnichannel. Namun, apa itu marketing omnichannel dan manfaatnya bagi bisnis milikmu? Simak penjelasannya berikut ini, yuk. 

Apa Itu Marketing Omnichannel

marketing omnichannel
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Marketing omnichannel merupakan sistem atau strategi lintas platform. Di mana nantinya dapat membantu pembeli melihat lebih dari satu channel bisnis milikmu. 

Pembeli kini dapat dengan mudah melihat dan mengakses seluruh produk atau jasa yang ditawarkan melalui aplikasi e-commerce, mobile commerce (m-commerce), serta media sosial lainnya melalui smartphone

Jadi dengan adanya strategi omnichannel pembeli lebih leluasa memilih produk-produk ketika menjelajah toko milikmu. 

Melalui beberapa channel yang telah disebutkan di atas pembeli bisa melihat foto produk secara jelas. Kemudian dapat langsung menambahkannya ke keranjang belanja online, hingga setelahnya bisa menyelesaikan pembayaran melalui online. Dan di tahap akhir, langsung mengambil produk di toko.  

Dengan adanya strategi omnichannel ini pengalaman berbelanja pembeli pun akan menjadi lebih efisien dan mudah.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Omnichannel

marketing omnichannel
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Pada dasarnya, strategi ini bekerja dengan cara menghubungkan semua channel bisnis. Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan semua informasi inventaris dan data pelanggan di satu tempat sehingga bisa dikirimkan ke masing-masing channel. Apabila informasi yang telah didistribusikan dapat berjalan dengan lancar, maka omnichannel pun sudah bisa dijalankan.

Manfaat Melakukan Marketing Omnichannel 

Menerapkan marketing omnichannel memberikan banyak keuntungan baik untuk pembeli dan penjual, berikut beberapa manfaat strategi marketing omnichannel untuk kedua belah pihak baik itu pelanggan maupun penjual:

1. Manfaat Bagi Pelanggan 

Bagi pelanggan, manfaat terbesar marketing omnichannel yaitu kenyamanan ketika berbelanja. Nyaman yang dimaksud adalah lebih memudahkan pelanggan untuk membeli berbagai produk.

Para pelanggan bisa membeli kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Selain itu, mereka juga tidak perlu repot mencatat atau mengingat apa saja yang akan dibeli karena history kegiatan di toko telah terekam di akun pribadi. 

Dengan kata lain strategi marketing omnichannel dapat meningkatkan pengalaman konsumen secara keseluruhan dan mengarah pada peningkatan loyalitas konsumen.

2. Manfaat Bagi Bisnis 

Selanjutnya manfaat dari marketing omnichannel untuk bisnis milikmu adalah mampu membantu meningkatkan laba dan loyalitas konsumen. 

Dengan penggunaan strategi marketing seperti ini biasanya pelanggan akan masuk atau login ke akun mereka, kemudian memilih-milih produk atau item dan beberapa jam kemudian, sistem secara otomatis mengirimkan email yang menampilkan produk serupa cenderung langsung mengklik dan membeli.

Strategi ini untuk memastikan konsumen agar selalu menilai sama bisnis milikmu ketika melihatnya di berbagai platform dan perangkat.

Dengan adanya konsistensi ini dari konsumen tentu sangat membantu untuk memperkuat brand recall bagi konsumen. Sehingga membantu meningkatkan kemungkinan pembelian di seluruh basis konsumen. 

Lalu, agar mampu menunjang kemajuan bisnis, segera gunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS untuk pengelolaannya. Pasalnya, dengan Youtap POS para pelaku usaha bisa lebih mudah membuat laporan penjualan secara otomatis yang datanya diambil dari pencatatan transaksi setiap harinya. Selain itu, ada juga beberapa fitur lainnya seperti E-menu, POS Kasir, Kalkulator Digital, QRIS, hingga semua Cashless, dan lain-lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama