Pentingnya Mengenal Customer Journey dan Tahapan-Tahapannya untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis

Apa itu customer journey dan tahapan-tahapannya untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Temukan informasi lengkapnya di sini!

Ketika akan membangun dan menjalankan bisnis, pastikan kamu menciptakan customer journey atau langkah yang berurutan, agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang baik. Tentu dengan adanya customer journey yang baik, kamu bisa lebih mudah menciptakan pelanggan yang setia pula. Namun, apa itu sebenarnya customer journey dan tahapan-tahapannya? 

Apa itu Customer Journey?

Customer journey merupakan sebuah keseluruhan pengalaman yang dialami oleh pelanggan ketika berinteraksi dengan perusahaan atau sebuah merek tertentu. Umumnya customer journey ini memang selalu berkaitan dengan peta perjalanan pelanggan atau langkah yang dilalui. Sederhananya, customer journey map adalah sebuah ilustrasi visual perjalanan pelanggan secara lengkap dengan organisasi atau perusahaan. Dalam prosesnya, seseorang pelanggan biasanya tidak langsung memutuskan untuk segera membeli barang ketika baru mengetahui sebuah produk untuk pertama kalinya. 

Tujuan Mengetahui Customer Journey
Ilustrasi tujuan mengetahui customer journey. Gambar: Freepik/@gajus

Tetapi mereka akan cenderung melihat produk atau merek selama beberapa kali hingga akhirnya memutuskan untuk membeli atau tidak. Inilah yang dinamakan sebagai titik kontak awal dari proses customer journey. Jika dulu banyak orang mengetahui customer journey melalui rekomendasi teman atau keluarga, kini kamu hanya tinggal menggunakan tools seperti Google Analytic. Di mana bisnismu akan dengan mudah mendapatkan data dan menyesuaikannya strategi bisnis pada berbagai saluran atau channel yang ada.

Baca Juga: 7 Cara Menangani Keluhan Pelanggan

Tujuan Customer Journey 

Tujuan menciptakan customer journey yang bagus untuk memahami perilaku konsumen, mana yang mengarah pada perolehan prospek bisnis dan membuat mereka menjadi lebih loyal. Dengan memberikan pengalaman yang baik dan kemudahan pada pelanggan, tentu mereka akan tertarik untuk membeli dan menjadi langganan.  

Lalu, Apa Saja Tahapan-Tahapan dari Customer Journey? 

Dalam tahapan customer journey, pelanggan tidak segera membeli produk melainkan harus berdasarkan dorongan minat yang dipengaruhi oleh titik kontak seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dan berikut beberapa tahapannya:

1. Tahap brand awareness

Tahap pertama dalam customer journey ini dimulai ketika calon pelanggan pertama kali berinteraksi dengan merek bisnis. Titik kontak di tahap pertama ini adalah dorongan dari terpaan media sosial, iklan, mesin pencari seperti Google dan sebagainya yang membuat orang tertarik untuk mencari tahu tentang bisnis milikmu. 

2. Tahap membandingkan 

Tahap kedua adalah membandingkan, artinya mereka menemukan beberapa produk atau layanan yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialami.  Sehingga, pelanggan akan lebih dulu membandingkan produk A dan B, baik dari segi harga, fitur, spesifikasi dan sebagainya. 

Baca Juga: 7 Cara Riset Pasar yang Efektif untuk Pemula

3. Tahap pembelian 

Tahap ketiga adalah pembelian, yaitu momen ketika calon pelanggan sudah yakin dan memutuskan untuk membeli produk dari merek milikmu, baik itu secara offline maupun online.Titik kontak pada tahap ini biasanya ada pada halaman pembayaran, interaksi toko fisik dan proses pembuatan akun. 

Kepuasaan Pelanggan
Ilustrasi journey untuk mendapatkan keluasan pelanggan. Freepik/@rawpixel

4. Tahap penggunaan atau instalasi

Tahap terakhir adalah penggunaan atau instalasi, di mana produk atau layanan mulai diimplementasikan oleh pelanggan secara mandiri atau dengan bantuan tim penjualan. Pada tahap ini pelanggan akan mulai menilai apakah mereka merasa senang dengan produk dan layanan yang diterima atau tidak. Apabila pelanggan merasa senang, maka berpotensi akan berbelanja ulang dan menjadi pelanggan yang setia. 

Kesimpulan

Itulah pengertian tentang customer journey dan tahapan-tahapannya yang perlu dipahami untuk membantu meningkatkan kualitas bisnis. Pasalnya, customer journey ini memang sangat berhubungan dengan kepuasan pelanggan, sehingga pastikan kamu menciptakannya dengan sangat baik, ya. Oleh karena itulah, kini saat yang tepat untuk menggunakan aplikasi bisnis Youtap agar customer journey lebih mudah dan membuat pelanggan merasa nyaman karena praktis.

Tak hanya membantu proses pembelian pelanggan jadi lebih mudah karena bisa diakses secara online, tetapi Youtap Indonesia sebagai aplikasi bisnis gratis juga memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola bisnis secara digital. Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik agar lebih mudah melihat keuntungan dan menentukan strategi kedepannya.

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan aplikasi usaha Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Salah satu produk Youtap yakni Youtap POS, sebuah aplikasi kasir online yang memiliki beragam fitur terlengkap untuk memudahkan dalam pengelolaan usaha. Selain itu website Youtap memiliki halaman blog yang menyajikan banyak informasi, tips, promo, hingga event yang diselenggarakan Youtap Indonesia. 

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi usaha Youtap di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

CTA-Banner-Download-Youtap-POS
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang