Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.
Tujuan utama membangun sebuah bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Agar hal tersebut bisa berjalan lancar, tentu ada beberapa cara meningkatkan penjualan di marketplace yang bisa kamu lakukan, lho. Tidak hanya sekadar memperhatikan kualitas produk tapi juga harus melihat beberapa hal di bawah.
Sebelumnya, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa marketplace menurut Shopery merupakan sebuah platform di mana para penjual bisa bergabung secara bersama-sama untuk menawarkan produk dalam satu tempat yang sama. Namun, penjual yang bisa bergabung di sebuah marketplace tentunya akan dikurasi terlebih dahulu sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.
Walaupun peluang untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan lebih besar, namun ketika berjualan produk di marketplace pastikan tetap harus memiliki strategi sesuai pasar masing-masing, ya. Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis, bisa coba ikuti beberapa cara meningkatkan penjualan di marketplace berikut, lho.
Ketika kamu telah menetapkan jam operasional toko online, maka pastikan meluangkan waktu untuk menanggapi berbagai pertanyaan dari pelanggan yang diajukan melalui aplikasi marketplace. Hal itu membuat calon pembeli akan merasa terlayani dengan baik dengan produk-produk yang sudah kamu tawarkan.
Perlu kamu pahami bahwa lamanya respon yang diberikan ketika berjualan online melalui sebuah marketplace akan menyebabkan calon konsumen membatalkan keinginannya. Jadi, memiliki respon yang cepat kepada konsumen saat berjualan online menjadi salah satu faktor agar dapat meningkatkan penjualan di marketplace.
Demi membangun kredibilitas toko kepada konsumen, kamu harus mencantumkan secara jelas tentang identitas toko. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melengkapi profil usaha di marketplace meliputi nama toko, deskripsi tentang toko, produk yang ditampilkan, media sosial, link website (jika ada), jam operasional, hingga beberapa keterangan lain yang menurut kamu penting.
Selain itu, kamu juga boleh untuk mendesain tampilan toko dengan menarik agar memiliki keunikan yang bisa membuat pelanggan ingin mengunjungi. Keunikan atau ciri khas tampilan dari toko milikmu di sebuah marketplace juga akan membuat pelanggan mudah mengingat. Kelengkapan profil ini pun juga dapat menjadi simbol bahwa toko profesional, sehingga orang yang akan berkunjung tak perlu merasa ragu.
Tak ketinggalan kamu juga harus memahami macam-macam pembeli di toko online, karena hal inilah yang menjadi faktor utama untuk meningkatkan penjualan di marketplace. Dengan memahami apa yang diinginkan oleh pembeli atau audiens di toko, kamu harus bisa menyesuaikan kebutuhan mereka agar tertarik untuk beli.
Hingga saat ini, hampir semua orang tentu akan mempertimbangkan harga ketika ingin membeli suatu barang. Di marketplace, perbandingan harga ini ternyata akan sangat mudah untuk dilakukan, sehingga penting mematok harga yang terjangkau bagi calon pembeli.
Bagi yang senang sekali untuk berbelanja online, pasti akan lebih memprioritaskan harga yang lebih murah serta kualitas baik. Maka tidak salah jika harga yang terjangkau bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan di marketplace. Selain itu, memasang harga yang terjangkau pun bisa membuat toko tetap eksis.
Nah, hal utama lainnya ketika kamu ingin meningkatkan penjualan di marketplace adalah menampilkan real picture dari produk yang dijual. Sangat hindari untuk menampilkan atau mencantumkan gambar produk yang diambil dari internet.
Hal itu menjadi poin wajib yang dihindari karena produk yang dijual nantinya tidak sama persis dengan yang ada pada gambar dan bisa menimbulkan kekecewaan pembeli. Jadi, pastikan menampilkan gambar asli produk yang kamu tawarkan, agar calon konsumen tidak lagi ragu untuk membeli. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli.
Munculnya tarif yang berbeda-beda pada setiap pilihan jasa pengiriman tentu akan sangat memudahkan konsumen untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dapat membuat pembeli jadi lebih fleksibel dalam berbelanja di toko milikmu. Tak hanya itu saja, mereka juga akan lebih leluasa memilih kapan barang bisa diterima. Jadi, memberikan berbagai pilihan jenis pengiriman merupakan cara meningkatkan penjualan di marketplace yang cukup mudah dilakukan.
Cara meningkatkan penjualan di marketplace yang terakhir adalah memberikan keterangan deskripsi produk secara rinci dan jelas. Informasi produk yang jelas dapat digunakan oleh calon pembeli untuk mempertimbangkan apakah akan membelinya atau tidak. Apabila produk tidak memiliki keterangan yang jelas, hal itu ternyata memengaruhi minat pembeli dalam melakukan transaksi pembelian, lho. Pastikan kamu sudah mencantumkan beberapa informasi terkait produk, berupa bahan, stok, warna, harga, maupun keterangan lain yang dianggap perlu.
Penggunaan platform marketplace ternyata dapat membantu meningkatkan brand awareness sebuah bisnis. Di mana fitur search di dalam platform tersebut, dapat membuat produkmu bisa ditemukan oleh orang banyak hanya dengan memasukkan keyword tertentu. Bahkan menariknya lagi, melalui marketplace kamu juga bisa mengiklankan produkmu pada keyword yang paling sesuai dengan target pasar, sehingga lebih mudah untuk ditemukan oleh orang-orang sebelum digantikan dengan kehadiran brand-brand baru.
Kemudian, berjualan melalui marketplace juga membantu mendapatkan konsumen baru. Pasalnya, banyak orang akan menjelajahi toko-toko sebelum memutuskan beli sebuah produk.
Terakhir, membantu meningkatkan kredibilitas toko atau kepercayaan konsumen. Pasalnya, untuk bisa bergabung dalam marketplace, produk atau bahkan toko milikmu akan lebih dulu dikurasi dengan teliti berdasarkan dari review para pelanggan. Sederhananya, akan ada seleksi ketat dan quality control terhadap seluruh vendor, untuk memastikan keamanan pembelian.
Itulah beberapa jurus jitu cara meningkatkan penjualan di marketplace. Kamu harus mampu menemukan solusi terbaik agar produk dapat menarik minat calon pembeli dan dikenal oleh masyarakat luas. Atau kamu juga bisa download aplikasi usaha Youtap sebagai solusi digital terbaik bagi bisnis dan perusahaan.
Tujuan utama membangun sebuah bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Agar hal tersebut bisa berjalan lancar, tentu ada beberapa cara meningkatkan penjualan di marketplace yang bisa kamu lakukan, lho. Tidak hanya sekadar memperhatikan kualitas produk tapi juga harus melihat beberapa hal di bawah.
Sebelumnya, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa marketplace menurut Shopery merupakan sebuah platform di mana para penjual bisa bergabung secara bersama-sama untuk menawarkan produk dalam satu tempat yang sama. Namun, penjual yang bisa bergabung di sebuah marketplace tentunya akan dikurasi terlebih dahulu sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.
Walaupun peluang untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan lebih besar, namun ketika berjualan produk di marketplace pastikan tetap harus memiliki strategi sesuai pasar masing-masing, ya. Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis, bisa coba ikuti beberapa cara meningkatkan penjualan di marketplace berikut, lho.
Ketika kamu telah menetapkan jam operasional toko online, maka pastikan meluangkan waktu untuk menanggapi berbagai pertanyaan dari pelanggan yang diajukan melalui aplikasi marketplace. Hal itu membuat calon pembeli akan merasa terlayani dengan baik dengan produk-produk yang sudah kamu tawarkan.
Perlu kamu pahami bahwa lamanya respon yang diberikan ketika berjualan online melalui sebuah marketplace akan menyebabkan calon konsumen membatalkan keinginannya. Jadi, memiliki respon yang cepat kepada konsumen saat berjualan online menjadi salah satu faktor agar dapat meningkatkan penjualan di marketplace.
Demi membangun kredibilitas toko kepada konsumen, kamu harus mencantumkan secara jelas tentang identitas toko. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melengkapi profil usaha di marketplace meliputi nama toko, deskripsi tentang toko, produk yang ditampilkan, media sosial, link website (jika ada), jam operasional, hingga beberapa keterangan lain yang menurut kamu penting.
Selain itu, kamu juga boleh untuk mendesain tampilan toko dengan menarik agar memiliki keunikan yang bisa membuat pelanggan ingin mengunjungi. Keunikan atau ciri khas tampilan dari toko milikmu di sebuah marketplace juga akan membuat pelanggan mudah mengingat. Kelengkapan profil ini pun juga dapat menjadi simbol bahwa toko profesional, sehingga orang yang akan berkunjung tak perlu merasa ragu.
Tak ketinggalan kamu juga harus memahami macam-macam pembeli di toko online, karena hal inilah yang menjadi faktor utama untuk meningkatkan penjualan di marketplace. Dengan memahami apa yang diinginkan oleh pembeli atau audiens di toko, kamu harus bisa menyesuaikan kebutuhan mereka agar tertarik untuk beli.
Hingga saat ini, hampir semua orang tentu akan mempertimbangkan harga ketika ingin membeli suatu barang. Di marketplace, perbandingan harga ini ternyata akan sangat mudah untuk dilakukan, sehingga penting mematok harga yang terjangkau bagi calon pembeli.
Bagi yang senang sekali untuk berbelanja online, pasti akan lebih memprioritaskan harga yang lebih murah serta kualitas baik. Maka tidak salah jika harga yang terjangkau bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan di marketplace. Selain itu, memasang harga yang terjangkau pun bisa membuat toko tetap eksis.
Nah, hal utama lainnya ketika kamu ingin meningkatkan penjualan di marketplace adalah menampilkan real picture dari produk yang dijual. Sangat hindari untuk menampilkan atau mencantumkan gambar produk yang diambil dari internet.
Hal itu menjadi poin wajib yang dihindari karena produk yang dijual nantinya tidak sama persis dengan yang ada pada gambar dan bisa menimbulkan kekecewaan pembeli. Jadi, pastikan menampilkan gambar asli produk yang kamu tawarkan, agar calon konsumen tidak lagi ragu untuk membeli. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli.
Munculnya tarif yang berbeda-beda pada setiap pilihan jasa pengiriman tentu akan sangat memudahkan konsumen untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dapat membuat pembeli jadi lebih fleksibel dalam berbelanja di toko milikmu. Tak hanya itu saja, mereka juga akan lebih leluasa memilih kapan barang bisa diterima. Jadi, memberikan berbagai pilihan jenis pengiriman merupakan cara meningkatkan penjualan di marketplace yang cukup mudah dilakukan.
Cara meningkatkan penjualan di marketplace yang terakhir adalah memberikan keterangan deskripsi produk secara rinci dan jelas. Informasi produk yang jelas dapat digunakan oleh calon pembeli untuk mempertimbangkan apakah akan membelinya atau tidak. Apabila produk tidak memiliki keterangan yang jelas, hal itu ternyata memengaruhi minat pembeli dalam melakukan transaksi pembelian, lho. Pastikan kamu sudah mencantumkan beberapa informasi terkait produk, berupa bahan, stok, warna, harga, maupun keterangan lain yang dianggap perlu.
Penggunaan platform marketplace ternyata dapat membantu meningkatkan brand awareness sebuah bisnis. Di mana fitur search di dalam platform tersebut, dapat membuat produkmu bisa ditemukan oleh orang banyak hanya dengan memasukkan keyword tertentu. Bahkan menariknya lagi, melalui marketplace kamu juga bisa mengiklankan produkmu pada keyword yang paling sesuai dengan target pasar, sehingga lebih mudah untuk ditemukan oleh orang-orang sebelum digantikan dengan kehadiran brand-brand baru.
Kemudian, berjualan melalui marketplace juga membantu mendapatkan konsumen baru. Pasalnya, banyak orang akan menjelajahi toko-toko sebelum memutuskan beli sebuah produk.
Terakhir, membantu meningkatkan kredibilitas toko atau kepercayaan konsumen. Pasalnya, untuk bisa bergabung dalam marketplace, produk atau bahkan toko milikmu akan lebih dulu dikurasi dengan teliti berdasarkan dari review para pelanggan. Sederhananya, akan ada seleksi ketat dan quality control terhadap seluruh vendor, untuk memastikan keamanan pembelian.
Itulah beberapa jurus jitu cara meningkatkan penjualan di marketplace. Kamu harus mampu menemukan solusi terbaik agar produk dapat menarik minat calon pembeli dan dikenal oleh masyarakat luas. Atau kamu juga bisa download aplikasi usaha Youtap sebagai solusi digital terbaik bagi bisnis dan perusahaan.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.