December 19, 2023

Diprediksi Sukses Hasilkan Cuan Berlimpah, Ini Deretan Tren Bisnis 2024!

Melakukan inovasi bisnis menjadi hal penting agar usaha terus berkembang dan diminati pelanggan di pasaran, oleh karena itu pahami tren bisnis 2024 berikut, yuk! 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Semakin canggihnya teknologi, ternyata juga berdampak besar pada tren bisnis 2024. Dunia bisnis kedepannya akan semakin banyak dipengaruhi dengan teknologi AI, hingga personalisasi pelanggan. Beberapa hal itu tentunya tidak boleh diabaikan begitu saja, jika kamu ingin bisnis tetap berjalan lancar. 

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tren bisnis merupakan sebuah kecenderungan atau gaya jenis usaha tertentu yang berdampak besar pada peningkatan penjualan. Biasanya tren bisnis ini penting untuk dipelajari sebelum memasuki periode baru agar barang-barang yang diproduksi bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Tren Bisnis 2024 

Sehingga mulai memasuki tahun baru, akan ada banyak pelaku usaha berlomba-lomba mencari tahu tren bisnis apa yang paling menguntungkan. Tidak sedikit pelaku usaha yang bertransformasi, adaptasi, dan membuat inovasi baru agar pelanggan tetap mempercayai produk-produknya. Oleh karena itu, Youtap melansir dari Forbes membagikan informasi tren bisnis 2024 yang patut untuk dipertimbangkan:

1. Bisnis dengan Menggunakan Teknologi AI 

TREN BISNIS 2024
gambar: freepik.com

Tren bisnis 2024 yang pertama adalah jenis usaha yang menggunakan teknologi AI, beberapa contohnya seperti melakukan manajemen bisnis, konsumen, hingga penerapan dalam sistem e-Commerce

Bagi kamu yang belum terlalu paham, teknologi AI sendiri merupakan singkatan dari Artificial Intelligence yaitu sebuah kemampuan komputer atau robot dalam melakukan macam-macam jenis tugas yang umumnya dilakukan oleh manusia.

BACA JUGA: 4 Strategi Penjualan Bisnis Ecommerce, Dijamin Produk Laku Keras!

2. Bisnis yang Membutuhkan Soft Skill

Selanjutnya adalah, bisnis yang tetap membutuhkan soft skill manusia. Walaupun saat ini otomatisasi dari sebuah teknologi terus saja berkembang, namun penerapan soft skill yang dimiliki manusia juga tetap bisa bernilai dalam sebuah bisnis di tahun 2024, lho. 

Soft skill yang dibutuhkan dalam pengembangan bisnis tersebut mencakup kecerdasan emosional, penyusunan strategi, komunikasi, pemecahan masalah interpersonal, hingga pemikiran kepemimpinan. Keterampilan tersebut sangat dibutuhkan dan menjadi aset berharga karena bisa terhubung dengan banyak orang saat menjalin bisnis. 

3. Personalisasi Bisnis 

Kemudian, personalisasi bisnis di tahun 2024 ternyata juga harus dipertimbangkan karena metode satu ini bisa bantu meningkatkan penjualan. Selain jadi salah satu metode untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara lebih efektif dan efisien, personalisasi bisnis juga mampu membuat interaksi dengan pelanggan mudah. Bahkan melalui personalisasi bisnis, kamu bisa membuat pelanggan tetap loyal terhadap produk-produk yang dijual. 

Melalui Forbes, dijelaskan bahwa pada tahun 2024 nanti, banyak perusahaan yang akan menawarkan solusi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini bertujuan agar mereka merasa puas dengan produk yang dibeli dan tetap loyal pada bisnis milikmu. 

4. Bisnis dengan Menggunakan Data

tren bisnis 2024
gambar: freepik.com

Seperti yang kita ketahui bersama, data menjadi aset bisnis paling berharga. Oleh karena itulah, pada tahun 2024 nanti bisnis yang menggunakan data memiliki peluang sukses lebih tinggi. Alasannya, data-data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyederhanakan operasi dan meningkatkan penawaran pelanggan. 

5. Customer Experience dengan Bantuan Teknologi AI

Kualitas dan value unik tidak lagi cukup untuk membuat sebuah produk laku di pasaran, bahkan di tahun yang 2024 perusahaan juga harus fokus memastikan setiap interaksi berjalan dengan baik dan cepat. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu peluang usaha dengan mengembangkan customer experience menggunakan teknologi AI. 

Melalui teknologi tersebut, layanan bisnis milikmu akan menjadi lebih cepat sehingga pelanggan tidak merasa diabaikan dan puas. Apabila layanan bisnis berjalan dengan baik, hal itu membuat pelanggan akan tetap loyal dan melakukan pembelian secara berulang pada produk-produk milikmu. 

BACA JUGA: Pentingnya Mengenal Customer Journey dan Tahapan-Tahapannya untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis

6. Bisnis yang Menerapkan Sistem Kerja Remote 

Terakhir adalah bisnis yang mulai menerapkan sistem kerja remote. Sejak adanya pandemi, banyak pelaku bisnis yang mulai menerapkan sistem kerja secara fleksibel atau remote. Nyatanya, kecanggihan teknologi saat ini membuat semua orang yang berada di seluruh belahan dunia bisa saling terhubung. Tidak hanya itu, bahkan kamu bisa menemukan banyak sekali orang-orang bertalenta untuk mendukung kemajuan bisnis. 

Jadi, pada tahun 2024 nanti tentu akan ada banyak sekali perubahan dan inovasi yang cukup dinamis, sehingga untuk bisa terus berkembang dalam dunia bisnis pastikan cepat beradaptasi serta merangkul seluruh tren di atas. Selain itu, melihat bisnis akan semakin berkembang dengan adanya data-data valid, maka pastikan sistem kelolanya sudah baik dan berjalan lancar, salah satunya dengan menggunakan Youtap POS.

Aplikasi Kasir satu ini mampu membantu kamu melakukan pencatatan secara real time, sehingga dipastikan tidak ada yang terlewat. Menariknya lagi, kamu tidak perlu melakukan manual untuk menganalisis penjualan, karena sudah tersedia fitur canggih yang akan membantu dalam hal tersebut serta kegiatan kelola bisnis lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama