June 9, 2022

Simak Cara Analisis Data Penjualan yang Tepat!

Agar tidak terjadi kesalahan yang fatal, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuat laporan untuk analisis data penjualan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika menjalankan bisnis, kamu perlu menganalisis data penjualan dengan baik untuk bisa menentukan arah pengembangan dan strategi kedepannya. Sehingga, ketika membuat laporan penjualan pastikan rinci dan jelas. Agar tidak terjadi kesalahan yang fatal, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuat laporan untuk analisis data penjualan. 

Cara Analisis Data Penjualan yang Tepat

1. Buatlah data penjualan yang rinci dan rapi setiap bulan

analisis data penjualan
Gambar: freepik.com/jannoon028

Pertama, kamu harus membuat data penjualan yang rinci dan rapi setiap bulannya. Data laporan penjualan ini biasanya diambil dari rekapitulasi seluruh transaksi setiap hari. Tak hanya dibutuhkan saat analisis bisnis, tetapi laporan satu ini akan sangat membantu pelaku usaha menyiapkan promo bulanan maupun evaluasi metode pemasaran. 

Oleh karena itulah, kamu harus membuat laporan penjualan secara rinci dan rapi, agar strategi yang dibuat pun lebih akurat. Setiap transaksi yang dilakukan dalam sebulan harus tercatat tanpa ada yang terlewat.

2. Buatlah laporan penjualan berulang dan baru

Selanjutnya membuat laporan penjualan yang berulang dan juga baru. Seperti yang kita tahu bahwa terkadang, ada beberapa pelanggan merasa puas dengan pelayanan serta produk bisnismu. Sehingga pelanggan tersebut datang kembali untuk melakukan transaksi. 

Lalu di lain waktu, ada juga pelanggan baru yang memang baru pertama kali melakukan transaksi di tempat bisnis milikmu. Sehingga, kamu akan sangat membutuhkan laporan penjualan berulang dan baru untuk bisa menganalisis strategi apa yang perlu disiapkan kedepannya agar pendapatan semakin meningkat. 

Jika hasil dari analisis data terlihat ada banyak pelanggan membeli di tempat bisnismu secara berulang, maka cobalah untuk cari tahu hal apa yang membuat mereka puas dan datang kembali. 

Kemudian, jika lebih banyak transaksi baru dari pelanggan, mungkin kamu perlu mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk menjaga retensi pelanggan agar dapat mempertahankannya. 

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Laporan Penjualan Saat Menjalankan Usaha

3. Pastikan untuk memperhatikan penjualan setiap produk bisnis

analisis data penjualan
Gambar: freepik.com/jcomp

Terakhir adalah memperhatikan penjualan setiap produk bisnis. Kamu juga harus mengetahui produk apa yang paling banyak diminati oleh pelanggan dan tidak. Kemudian buatlah juga evaluasi terkait dengan penambahan stok untuk untuk beberapa produk terlaris atau bisa juga mengurangi yang sulit dijual. 

Itulah beberapa cara melakukan analisis data penjualan, yaitu dengan melihat laporan penjualan, laporan penjualan berulang dan baru serta penjualan setiap produk bisnis. Jadi pastikan data-data pada laporan sudah rinci dan akurat, ya. Sehingga kamu bisa menghindari kesalahan fatal saat menganalisisnya. 

Meningkatkan angka penjualan bisnis akan jauh lebih mudah jika analisis penjualan produknya  dimasukkan sebagai pertimbangan dalam menyusun strategi pemasaran.

Memang benar dalam melakukan penyusunan data penjualan bukanlah sesuatu yang mudah. Pasalnya, apabila tidak dilakukan dengan hati-hati, maka laporan yang dibuat pun tidak akurat. Sehingga berdampak langsung pada efektivitas strategi pemasaran yang dibuat. 

Namun, kamu tidak perlu lagi khawatir akan hal tersebut, karena kini menyusun data penjualan bisa lebih mudah dengan menggunakan Youtap POS. Di mana fitur-fitur yang tersedia dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. 

Tak hanya itu saja, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu kelola usaha seperti, E-menu, Cetak Struk Sekali Tap, QRIS dan semua Cashless, Kalkulator Digital, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap, ya!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama