November 4, 2021

Hal-Hal Apa Saja Sih yang Wajib Ada Pada Laporan Penjualan?

Harus dicatat secara rinci agar pengelolaan usaha berjalan lancar, apa itu laporan penjualan dan komponen yang wajib ada? Berikut penjelasan lengkapnya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Tak hanya bisnis besar, namun yang berskala kecil pun seperti UMKM juga harus mencatat secara rinci setiap transaksi khususnya data penjualan. Lalu, apa itu laporan penjualan dan apa saja komponen yang wajib ada? Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Apa Itu Laporan Penjualan? 

laporan penjualan
Gambar: unsplash.com/austin distel

Umumnya kamu lebih sering mendengar tentang laporan keuangan secara keseluruhan baik pemasukan dan penjualan. Laporan keuangan ini adalah data yang menampilkan secara keseluruhan tentang kondisi finansial bisnis. 

Sedangkan untuk laporan penjualan sendiri adalah salah satu instrumen di dalam laporan keuangan tersebut yang lebih fokus pada beberapa hal seperti pendapatan, keuntungan, kerugian, dan operasional. 

Laporan penjualan ini merupakan catatan tentang produk yang telah terjual dan menampilkan informasi seputar berapa banyak produk yang terjual. Lebih rincinya laporan penjualan ini berisi tentang data produk apa saja yang terjual, harga produk yang terjual, periode penjualan hingga analisis penjualan itu sendiri.

Metrik yang berada dalam laporan penjualan tersebut menjadi gambaran umum pada aktivitas penjualan dalam sebuah usaha yang sedang dijalankan. 

Tak hanya sekadar melihat aktivitas penjualan, melalui laporan penjualan kamu juga bisa dengan mudah mengembangkan bisnis karena memiliki data jelas dan rinci terkait peningkatan atau penurunan usaha. 

Komponen Penting yang Wajib Ada Pada Laporan Penjualan

1. Data Tentang Pendapatan Kotor dan Bersih

Komponen utama yang wajib ada pada laporan penjualan adalah hasil pendapatan yang masuk dari seluruh transaksi baik di toko offline maupun online. Apabila memiliki lebih dari satu cabang, kamu perlu memisahkan laporan penjualan sesuai dengan jumlah per cabangnya. Tujuannya agar data yang ditampilkan lebih transparan dan rinci. 

Selain itu, penting juga untuk menyajikan dua data seperti pendapatan kotor (revenue) dan pendapatan bersih (profit). Data revenue ini bisa kamu dapatkan dengan menjumlahkan seluruh total pemasukan yang terjadi. 

Jika sudah mendapatkan angka revenue, kamu bisa langsung menghitung jumlah profit dengan mengurangi jumlah revenue dengan biaya operasional atau modal yang telah dikeluarkan selama usaha berjalan.   

2. Data Persentase Untung dan Rugi yang Didapatkan

laporan penjualan
Gambar: unsplash.com/kmuza

Tak hanya sampai pada data revenue dan profit, kamu juga perlu menyajikan jumlah keuntungan dan kerugian dalam kurun waktu tersebut. Adanya laporan penjualan yang rinci, kamu bisa dengan mudah menentukan strategi dan solusi bisnis untuk langkah selanjutnya. 

Namun, dalam menyusun laporan penjualan, kamu bisa menggunakan bantuan pendukung seperti aplikasi digital agar pencatatannya lebih mudah, praktis dan akurat. Dan kini Youtap POS hadir sebagai solusi digital terbaik bagi seluruh bisnis dan perusahaan dengan menyajikan data lebih spesifik dan sesuai kebutuhan. 

Kemudian, dari sisi pemasaran atau marketing, kamu buat data conversion rate. Adanya data ini bisa membuat kamu mengetahui apakah strategi bisnis yang dijalankan efektif atau tidak. Cara mendapatkan conversion rate yang optimal, kamu bisa melakukan beberapa strategi seperti menggunakan tombol CTA atau call to action pada iklan tertentu.   

3. Data Rinci Tentang Laporan Operasional 

Komponen penting terakhir pada laporan penjualan adalah tentang pergerakan operasional. Hal ini penting, karena kamu wajib mengetahui laporan pendukung tentang seluruh aset bisnis. Buatlah laporan tentang jumlah stok produk maupun bahan baku yang ada. Dari data tersebut, kamu bisa mengetahui jumlah secara nyata stok dan jumlah food waste yang ada di toko. 

Selain itu kamu juga perlu mencantumkan laporan mengenai aset yang berhubungan dengan operasional bisnis. Tak hanya sekadar biaya perawatan dan kebersihan toko, laporan performa karyawan pun juga wajib ada di laporan bisnis. 

Data pelanggan baru dan jumlah total pelanggan yang dimiliki bisa kamu masukkan sebagai laporan pendukung. Data ini dapat membantu pemilik usaha menentukan langkah atau strategi pemasaran yang efektif serta bisa untuk meningkatkan penjualan di toko.

Itulah pengertian laporan penjualan serta komponen yang wajib ada. Namun, untuk bisa mencatat seluruh laporan penjualan tersebut, kamu tidak perlu lagi melakukannya secara manual, karena telah hadir sebuah Youtap POS, merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia

Di mana fitur-fitur yang tersedia dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. Tak hanya itu saja, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama