March 3, 2023

4 Strategi Penjualan Bisnis Ecommerce, Dijamin Produk Laku Keras!

Demi membuat produk jualan dari tokomu tidak kalah saing dan tetap laku di pasaran, ikuti beberapa strategi penjualan berikut agar laku keras di ecommerce.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Berada di tengah-tengah era digital seperti sekarang ini, ternyata membuat banyak penjual mulai memperluas jangkauan target pasarnya melalui ecommerce. Tak hanya para pengusaha berskala kecil, tetapi beberapa perusahaan startup hingga skala besar juga ikut serta bersaing dengan membuka jalur penjualan melalui ecommerce. Agar produkmu tidak kalah saing dan tetap laku di pasaran, ikuti beberapa strategi penjualan berikut, yuk. 

Strategi Penjualan di Bisnis Ecommerce 

Melakukan penjualan di ecommerce saat ini memang menjadi pilihan tepat, karena peluang keuntungan yang bisa didapatkan jauh lebih besar. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah memasarkan produk-produk, jika dibandingkan dengan membangun website sendiri. 

Banyak pelaku usaha juga lebih memilih berjualan di ecommerce karena tidak membutuhkan biaya besar, cara daftar cukup mudah, dan jangkauan pasar lebih luas bahkan bisa mencakup tingkat internasional. Namun, untuk bisa membuat produk jualanmu laku keras, pastikan memiliki strategi penjualan yang tepat, ya. Berikut strategi penjualan di bisnis e-commerce yang bisa diterapkan:

1. Kelola Layanan Toko di Ecommerce dengan Baik

strategi penjualan
Gambar: freepik.com/storyset

Ketika menjalankan bisnis, selain kualitas, pelayanan toko juga harus diperhatikan. Ini menjadi salah satu bagian penting dalam bisnis untuk terus bisa mempertahankan kepuasan pelanggan dengan layanan toko. 

Memberikan pelayanan yang responsif dan cepat bisa membuat pembeli senang, sehingga menjadi strategi penjualan bisnis ecommerce yang efektif. Dalam hal ini, kamu bisa memaksimalkan fitur chat yang sudah tersedia pada aplikasi ecommerce, jadi mampu membuat pembeli dan penjual saling berkomunikasi tanpa ada kendala. 

2. Lakukan Retargeting Iklan

strategi penjualan
Gambar: freepik.com/rawpixel.com.com

Walaupun berjualan melalui ecommerce jauh lebih mudah dibandingkan membangun website sendiri, namun kamu tetap harus melakukan retargeting iklan. Perlu diketahui bahwa ada bermacam-macam bentuk iklan di internet, tetapi cobalah menggunakan jenis iklan lewat google atau social media. Alternatif lainnya bisa lewat e-commerce itu sendiri. Tujuan melakukan retargeting audience iklan, akan membantu mendapatkan jangkauan pasar baru lebih luas. 

3. Cobalah untuk Rutin Menggunakan Newsletter

Strategi Penjualan
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Penggunaan newsletter untuk promosi tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Biasanya newsletter ini akan dikirimkan melalui email atau aplikasi. Walaupun terlihat sudah agak kuno dan mengganggu, tapi penyusunan newsletter yang tepat bisa memberikan kesan baik bagi pembeli, lho. Jadi, pastikan menyusun newsletter usahamu dengan menarik, ya.

4. Lakukan Upsell Produk Jualan

Free photo young asia businesswoman using mobile phone call receiving purchase order and check product on stock, work at home office. small business owner, online market delivery, lifestyle freelance concept.
Gambar: freepik.com/tirachardz

Terakhir, cobalah untuk melakukan upsell produk yang dijual di ecommerce. Ini biasanya dalam bentuk penawaran yang muncul di aplikasi, contohnya seperti “upgrade sekarang pesanan Anda untuk mendapatkan harga termurah”. 

Biasanya, strategi upsell produk seperti contoh di atas memiliki tujuan untuk meningkatkan pembelian lebih banyak. Strategi ini bisa dilakukan pada platform ecommerce dengan cara membuat etalase produk baru tapi menggunakan versi yang ditingkatkan dari produk sebelumnya.

Itulah pembahasan mengenai 4 tips memilih ecommerce terbaik ketika kamu akan membuka toko online. Salah satu platform ecommerce terbaik saat ini untuk menjual produk-produkmu adalah Youtap BOS. Selain memenuhi keempat pertimbangan di atas, Youtap BOS juga menawarkan fitur canggih lainnya, sehingga toko online milikmu secara otomatis terintegrasi dengan sistem digital. 

Dapatkan juga macam-macam informasi seputar promo, tips, hingga event di Blog Youtap. Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama