Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 28, 2024

Scale Up Bisnis Jadi Kunci Sukses di Era Digital

Apabila ingin memperluas jangkauan pasar, meningkatkan keuntungan dan pendapatan, maka pelajari scale up bisnis kunci sukses di era digital. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Apabila kamu ingin melakukan perkembangan pada pasar bisnis agar semakin luas, maka hal itu dapat terwujud jika melakukan scale up. Namun, perlu ada perencanaan yang matang agar bisa bersaing secara kompetitif sehingga kelangsungan bisnis kedepannya dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari scale up bisnis yang tepat mulai dari tujuan, tahapan hingga cara melakukannya. 

Pengertian Scale Up

scale up bisnis
gambar: freepik.com

Arti dari scale up sendiri adalah meningkatkan. Jadi, jika dipahami secara keseluruhan scale up adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis agar mendapatkan posisi lebih baik, khususnya jangkauan pasar semakin luas. Umumnya jenis bisnis yang melakukan scale up ini berasal dari mereka yang masih memiliki skala kecil seperti start up atau UMKM. 

Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan scale up apabila memiliki trafik penjualan konsisten dan mampu menekan risiko kerugian dengan baik tapi sumber dayanya terbatas. Sehingga dalam hal ini, tentu dibutuhkan ahli khusus agar bisa memastikan kualitas produk meningkat dan mampu bersaing dengan kompetitor.  

Tujuan Scale Up

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa tujuan scale up untuk memperluas jangkauan pasar sehingga skalanya semakin besar dan lebih baik. Namun ada juga beberapa tujuan lain dari scale up seperti: 

  • Membantu meningkatkan keuntungan bisnis. 
  • Membantu pendapatan bisnis semakin stabil. 
  • Membantu memperluas peluang sukses agar menang melawan posisi kompetitor di pasar. 
  • Membantu mempertahankan posisi merek di pasaran. 

Lalu, Apa Saja Tahapan Scale Up? 

Demi terhindar dari kerugian, maka ada beberapa tahapan penting yang perlu dilakukan jika ingin menerapkan scale up untuk bisnis yaitu: 

1. Buat Perencanaan Scale Up  

Tahapan pertama adalah buat perencanaan yang matang, di mana kamu perlu mempertimbangkan hal-hal yang mungkin terjadi. Sehingga lakukan diskusi yang baik dalam tahapan perencanaan mencakup pembahasan jumlah penawaran, pemasaran, sumber daya, dana, serta sarana apa saja yang dibutuhkan.

Jika beberapa poin dalam perencanaan tersebut telah selesai, kini saatnya untuk mulai memikirkan suntikan modal. Pasalnya dalam melakukan scale up bisnis akan membutuhkan modal cukup agar pelaksanaannya lancar. 

2. Target yang Jelas

Tahapan kedua adalah menentukan target secara jelas, maka proses pengembangan bisnis pun dapat berjalan sesuai dengan target dan kebutuhan. Kamu perlu identifikasi sektor bisnis yang perlu ditingkatkan kualitasnya. 

3. Tetapkan Standar Produk

Terakhir, jangan lupa untuk menentukan standar produk agar kualitasnya tetap terjaga dan memberikan rasa puas pada pelanggan. Ini juga jadi poin yang tidak boleh disepelekan karena jika ingin bisnis berkembang lebih besar, maka harus didukung dengan kualitas produk yang baik. 

BACA JUGA: Jangan Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Usaha Online Sulit Berkembang

Bagaimana Cara Melakukan Scale Up Bisnis?

cara melakukan scale up bisnis
gambar: freepik.com

Setelah tahapan-tahapan yang disebutkan di atas selesai dilakukan, kini pelajari cara menerapkanya: 

1. Analisis Kompetitor

Cobalah untuk melakukan analisis kompetitor agar kamu bisa menentukan poin pembeda yang dapat membuat bisnis lebih unggul. Selain itu cari tahu juga dengan detail tentang strategi operasional dan sumber daya seperti apa yang digunakan oleh kompetitor.

2. Tentukan Target 

Buatlah target yang detail dan realistis, tujuannya agar proses melakukannya lebih terarah sehingga perkembangan bisnis bisa berjalan lebih efektif. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa tujuan dari scale up juga mencakup untuk mendapatkan keuntungan sehingga tentukan target yang jelas. 

3. Jaga Kualitas Produk

Kemudian, jangan lupa untuk menjaga kualitas produk. Pasalnya ketika ingin melakukan peningkatan skala bisnis lebih besar maka harus beriringan dengan kualitas yang tetap terjamin. Oleh karena itu, lakukan monitor terhadap kualitas produk dengan seksama dan berkala. 

4. Mintalah Rekomendasi Ahli 

Selain itu, kamu bisa meminta rekomendasi atau masukkan dari para ahli di bidangnya dalam menjaga kualitas produk. Jangan sampai asal melempar tanggung jawab dalam memonitor kualitas produk agar seluruh standarisasi yang telah ditetapkan sesuai. Lalu, cara ini juga untuk menghindari kesalahan dalam proses produksi. 

5. Antisipasi Hambatan yang Mungkin Terjadi pada Scale Up

Terakhir, persiapkan rencana untuk mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi ketika scale up dilakukan. Beberapa hambatan tersebut bisa disebabkan karena kesalahan manusia, kesalahan penentuan harga jual, produk, penjualan, dan pemasaran yang tidak sesuai. 

Itulah penjelasan mengenai scale up bisnis, di mana jadi salah satu strategi yang dilakukan apabila kamu ingin memperluas jangkauan pasar agar mendatangkan banyak pendapatan dan keuntungan. Kemudian, untuk mendukung proses kelola bisnis maka Aplikasi Kasir Digital Youtap POS jadi sistem digital paling tepat yang perlu digunakan. Di mana tersedianya fitur-fitur canggih seperti analisis penjualan, pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi. 

Bagi kamu yang ingin beli stok bisnis pun juga bisa langsung belanja di Youtap BOS. Temukan beragam produk mulai dari bahan-bahan makanan pokok, minuman dan lainnya secara lengkap. Lalu, jangan sampai lewatkan beragam info promo menarik di Youtap BOS, ya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama