May 24, 2022

Jangan Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Usaha Online Sulit Berkembang

Kamu merasa usaha online tidak memberikan hasil yang menguntungkan? Jika begitu, ketahui beberapa penyebab usaha online sulit berkembang berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Era digital tentu mengubah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari termasuk kegiatan usaha. Di mana seluruh proses jual-beli kini bisa dilakukan tanpa harus bertemu yaitu secara online, sehingga mulai adanya pergeseran sistem usaha. Namun sayangnya, masih ada sebagian pelaku usaha yang belum terbiasa dengan hal ini. Dan biasanya inilah beberapa penyebab usaha online sulit berkembang. 

Penyebab Usaha Online Sulit Berkembang

Seperti yang kita tahu bahwa awalnya bisnis hanya bisa dilakukan secara offline saja. Namun dengan kehadiran berbagai macam teknologi mulai bisa secara online. Termasuk di dalamnya sudah banyak platform e-commerce dan toko online yang memudahkan kamu untuk menerima permintaan order dari pelanggan secara online

Walaupun memberikan banyak sekali kemudahan, tapi sayangnya ekosistem baru ini ternyata juga memiliki beberapa hal yang dapat memberatkan para pelaku bisnis, lho. Pasalnya banyak dari pelaku bisnis yang belum terbiasa menggunakan sistem digital untuk menjalankan usaha online. Selain itu, berikut ini beberapa penyebab usaha online sulit berkembang:

1. Belum beradaptasi dengan sistem digital

penyebab usaha online sulit berkembang

Era digital telah membawa perubahan signifikan pada dunia bisnis, di mana lebih mudah untuk menjangkau dan berinteraksi sosial dengan para pelanggannya karena bisa diakses secara  online

Jadi, apabila kamu tidak cepat beradaptasi dengan sistem digital, maka bisa kehilangan banyak peluang. Pasalnya, menggunakan sistem digital dapat meningkatkan interaksi sosial yang tidak terbatas pada satu tempat saja. Sehingga ini bisa jadi salah satu penyebab usaha online sulit berkembang.

2. Tidak memaksimalkan peluang ekonomi digital yang baru

Penyebab selanjutnya bisa karena tidak memaksimalkan peluang ekonomi digital. Perlu kamu ketahui bahwa salah satu kekuatan bisnis online adalah kemampuannya dalam menjangkau berbagai macam kalangan secara nasional dan bahkan global. 

Oleh karena itu, menggunakan sistem ekonomi digital yang baru juga sangat dibutuhkan agar usaha online dapat berkembang pesat. Jadi, ada baiknya untuk menentukan bisnis apa yang cocok, agar tidak melewatkan cara memperoleh pendapatan baru.

3. Tidak memaksimalkan penggunaan data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

penyebab usaha online sulit berkembang
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir adalah tidak memaksimalkan penggunaan data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Para pelaku usaha online saat ini juga dapat melihat bagaimana perilaku konsumen melalui history dari pembelian dan pencarian mereka. Selain itu juga dari lokasi, ketertarikan pelanggan dan lainnya.

Melalui data-data tersebut, kamu akan lebih mudah menentukan produk apa yang bisa direkomendasikan untuk promosi, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa penyebab usaha online sulit berkembang. Oleh karena itu, kini saat yang tepat untuk menggunakan Aplikasi Usaha Youtap untuk membantu kamu beradaptasi di pasar digital, sehingga mampu bersaing dengan brand besar di pasaran.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama