October 20, 2021

10 Ide Bisnis yang Cocok untuk Pemula Minim Modal dan Menguntungkan

Mendapatkan keuntungan besar menjadi target setiap pelaku usaha termasuk bagi pemula, dan berikut ini 10 ide bisnis yang cocok untuk pemula yang minim modal! Cekidot

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kini padangan orang terhadap bisnis semakin positif, tidak hanya orang yang memiliki banyak modal yang bisa membuka bisnis. Kini semua orang bisa membuka usahanya sendiri meskipun hanya dengan modal yang minim. Ide dan peluang bisnispun terbuka lebar seiring kebutuhan masyakat yang tinggi. Bahkan perkembangan pesat teknologi informasi saat ini juga semakin mempermudah para pelaku usaha sehingga menjadi salah satu media promosi efektif.

Namun timbul pertanyaan mengenai ide bisnis apa yang cocok untuk pemula. Untuk itu perlu untuk dipikirkan secara matang sebelum memutuskan jenis bisnis apa yang akan dijalani. Pemilihan ide binis yang tepat ini nantinya akan mendatangkan keuntungan maksimal bagi pemilik bisnis dan bisa mengembangkan bisnis ke arah yang baik. 

Ide Bisnis Apa yang Cocok untuk Pemula? Ini Rekomendasinya

Banyak pebisnis pemula, mulai dari pelajar hingga enterpreneur muda ketika menentukan jenis dan memulai bisnisnya dengan memanfaatkan keahlian yang mereka miliki saja. Padahal sebuah bisnis itu bisa berjalan lancar tidak hanya dari jenisnya saja, namun menyesuaikan dengan kebutuhan target pasar kamu. Jika tidak demikian,  percaya deh bisnis kamu akan mandek dan tidak mendapatkan profit. 

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

Oleh karena itu, dibutuhkan riset pasar untuk mengetahui target dan kebutuhan pasar di sekitar lingkungan kamu. Dengan begitu bisnis yang kamu akan buka bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan di masyarakat. Masih bingung dalam memutuskan ide bisnis untuk pemula dengan minim modal dan menguntungkan? Kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi ide bisnis dari Youtap di bawah ini;

1. Blogger

Blog
Ilustrasi blogger. Gambar: Freepik/@rawpixel.com

Tanpa disadari jasa pengetikan ini adalah salah satu peluang bisnis yang paling menjanjikan. Pasalnya, tak hanya sekadar pelajar atau mahasiswa saja tetapi orang dewasa untuk keperluan tertentu pasti juga membutuhkan jasa pengetikan ini.  Biasanya mereka akan membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah seperti jurnal, skripsi, dokumen kantor, surat perjanjian dan lain-lain. Selain itu, modal yang diperlukan pun komputer, ruang duduk dan listrik.

2. Bisnis Jastip

Mengikuti kemajuan teknologi yang pesat, bisnis jastip atau jasa titip beli barang ini semakin menjadi populer khususnya bagi anak muda, karena bisa dilakukan secara online. Dalam pelaksanaannya sendiri pun cukup mudah, kamu hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan. Kemudian barang pesanan yang sudah dibeli tadi, akan dikirimkan ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan keuntungan yang besar, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

jastip online
Ilustrasi jastip via online. Gambar: Freepik/@pressfoto

Bisnis usaha yang satu ini umumnya juga dikenal dengan istilah personal shopper. Dan mereka mempromosikan jasanya melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, YouTube, Twitter, TikTok atau bahkan juga hanya menggunakan WhatsApp. Sistem pemasarannya dilakukan dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan dengan tujuan untuk menarik perhatian para calon pembeli.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

3. Menjadi Tour Guide

Indonesia Private Guides - Tour Guides in Indonesia
Tour guide di Bali. Gambar: Withlocals.com

Tingginya permintaan orang-orang untuk traveling atau melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah dapat menjadi peluang bisnis yang bagus untuk pemula. Bagi kamu yang memiliki pengalaman traveling pasti akan terbiasa melakukan perjalan, hal ini bisa menjadi ide bisnis tepat untuk pemula. Mulailah untuk menjadi tour guide bagi calon wisatawan, termasuk melakukan pemesanan pesawat, hotel, mobil, restoran ataupun aktivitas lain. 

4. Membuka Kedai Kopi

CeritaBOS QnA Coffee & Eatry, Alif Akbar Rafsanjani Rintis Usaha Kedai Kopi dari Nol
Cerita Bos QnA Coffee & Eatry, Alif Akbar Rafsanjani Rintis Usaha Kedai Kopi dari Nol

Kedai kopi adalah salah satu usaha yang pasti akan selalu ada di setiap sudut kota. Walaupun usaha kedai kopi ini memiliki banyak kompetitor, namun juga berarti masih banyak permintaan atau tingginya kebutuhan masyarakat dalam mengonsumsi kopi. Jadi, kamu yang masih pemula dalam membangun bisnis dapat menyesuaikan kopi dengan minat target pembeli, harga jual, serta pastikan memilih lokasi yang strategis. Selain meracik kopi buatan sendiri, kamu bisa daftar bisnis franchise kopi!

5. Usaha Sewa Motor

Rental Motor
Ilustrasi rental motor. Gambar: Purnawarta.com

Sewa atau rental motor seperti ini biasanya dapat kita jumpai ketika melakukan perjalanan khususnya wisata ke luar kota, contohnya Bali. Dalam pelaksanaannya, kamu bisa menggunakan motor pribadi atau milik teman yang tidak terpakai. Pembayaran rental motor ini umumnya dikenakan biaya per hari atau per jam. 

6. Usaha Warung Makan

Warteg
Ilustrasi warung makan Tegal/Warteg. Gambar: SindoNews

Hampir sama dengan kedai kopi, membuka warung makanan atau biasa dikenal dengan warteg memang sudah banyak dilakukan. Tetapi minat atau pelanggan kuliner tidak pernah sepi atau dengan kata lain selalu memiliki target pasarnya sendiri. Bagi kamu yang suka masak dan memiliki resep khas, tentu bisa menjadi peluang bisnis yang tepat.

7. Membuka Barbershop

Sebelum mulai membuka tempat pangkas rambut, kamu setidaknya harus memiliki keahlian dalam memotong rambut agar lebih menguasai operasional bisnisnya. Namun, jika tidak bisa alternatif cara yang bisa dilakukan dengan mempekerjakan pegawai yang sudah terampil dalam hal pangkas rambut ini.

8. Menjual Pakaian 

buat brand sendiri
Ilustrasi brand fashion kreasi sendiri. Gambar: Unsplash/Ian Dooley

Apabila ingin menjalankan usaha sampingan yang dapat dikelola secara sederhana, menjual pakaian seperti baju bisa menjadi pilihan tepat karena produknya tahan lama atau tidak kadaluarsa. Perlu kamu pahami bahwa pakaian ini salah satu kebutuhan pokok dan modal yang digunakan sebenarnya tergolong kecil, sesuai dengan stok yang ingin diambil.

Baca Juga: 9 Tips Menjalankan Bisnis Clothing dengan Sistem Online, Pemula Wajib Tahu Nih!

9. Print on Demand

Bisnis ini mungkin terdengar asing di telinga kamu yah! Print on Demand ini merupakan jenis bisnis yang memproduksi dan mencetak sebuah produk custom atau based on spesifikasi yang diminta oleh pembeli. Mulai dari desain, model, ukuran, hingga warna sehingga menghasilkan produk yang lebih personal, unik, dan the one only.  Bisnis sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian edit-edit gambar atau design graphics, kamu bisa membuat karya-karyamu seperti stiker untuk casing hp, gelas atau mug, dan produk fashion retail untuk kaos, topi. 

mug custom
Ilustrasi mug custom. Gambar: www.oberlo.com

Memulai bisnis ini, kamu bisa bekerjasama dengan supplier yang bisa membantu mencetak desain hasil karyamu sekaligus mengirimkan produk jualanmu ke pelanggan. Dengan demikian, ini akan meringankan beban operasional salah satunya biaya pengiriman. Kamu hanya tinggal membuat desain untuk pemasaran yang menarik

10. Jual Pulsa dan Paket Internet

Bisnis jual pulsa dan paket internet adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan ada matinya dan modalnya terjangkau. Setiap hari, orang-orang pasti akan membutuhkan pulsa dan koneksi internet di perangkatnya. Walaupun memang sekarang orang-orang dapat dengan mudah mendapatkannya dengan melakukan pembelian via online, tetapi masih ada beberapa orang yang belum mendapatkan akses untuk membeli keduanya dengan bebas. Belum lagi, ada juga orang-orang yang tidak ingin repot-repot untuk membelinya sendiri.

GHANI TRONIK - Toko Pulsa
Toko jual pulsa. Gambar: Ghani-Tronik.business.site

Untuk menambah variasi usaha ini, kamu juga bisa menjual pulsa listrik (token) menggunakan PPOB (payment point online bank) untuk membayar segala jenis tagihan. Dengan begitu, kamu dapat menyasar target pasar yang lebih luas. Membuka usaha di atas direkomendasikan untuk pemula yang ingin menjadi enterpreneur dengan mengeluarkan modal yang terlalu banyak. Kamu bisa mulai dengan menggunakan handphone yang kamu miliki. Setelah itu, kamu tinggal mencari agen atau distributor pulsa di daerah kamu yang kemudian dapat kamu ajak bekerja sama.

Itulah beberapa bisnis yang cocok untuk pemula. Tak melulu membutuhkan banyak modal uang, keahlian khusus yang kamu miliki pun bisa menjadi modal usaha utama untuk menjalankan sebuah bisnis usaha.  Jangan lupa, ketika memulai bisnis kamu butuh sebuah aplikasi usaha yang bisa membantu dalam urusan pengelolaan bisnis. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Youtap, sebuah platform aplikasi usaha online yang memiliki solusi terlengkap untuk semua jenis usaha, mulai dari UMKM, bisnis berskala medium, hingga solusi digital untuk Enterprise Bisnis. 

CTA Banner Promo Subs Paket Extra Mantap

Dan kini juga ada solusi usaha digital terbaik untuk semua jenis usaha, UMKM hingga Enterprise Bisnis hanya dengan menggunakan aplikasi usaha dari Youtap. Penasaran? Download langsung aplikasinya via Google Play Store ataupun Apps Store sekarang! Rasakan beragam manfaat dari fitur-fiturnya yang buat kelola usaha jadi lebih mudah dan efektif.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama