February 11, 2022

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Jastip yang Tepat?

Bisnis jastip memang sudah tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat karena lebih praktis. Namun, apa itu sebenarnya bisnis jastip dan bagaimana cara kerjanya?

Bisnis jastip saat ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian masyarakat. Ya, ini merupakan sebuah bisnis jasa titip (jastip) dengan tujuan untuk membantu orang membeli produk-produk dari luar negeri. Lebih lengkapnya berikut ini pengertian bisnis jastip dan cara memulainya. 

Apa Itu Bisnis Jastip?

bisnis jastip
Gambar: freepik.co/jcomp

Jastip atau jasa titip adalah sebuah bisnis yang menyediakan jasa untuk membelikan barang yang diminta pelanggan di suatu tempat. Tujuan dari bisnis jastip ini untuk mendapatkan keuntungan dari setiap harga barang titipan. 

Ini adalah salah satu bisnis yang bisa dimulai tanpa modal, karena kamu akan membeli barang titipan jika ada permintaan dari pelanggan, dan bisa menjual kembali dengan harga lebih tinggi.

Banyak orang cenderung menggunakan jastip karena bisa mendapatkan barang yang diinginkan dari suatu tempat tanpa harus pergi atau membeli secara online dengan beban ongkos kirim lebih besar. 

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Bisnis Jastip?

bisnis jastip
Gambar: freepik.com/our-team

Jastip adalah bisnis dengan sistem pre-order, sehingga kamu bisa membeli produk apabila ada pemesannya. Langkah pertama, kamu harus menginformasikan terlebih dahulu kepada orang-orang di sekitar bahwa membuka jastip dari kota atau negara tertentu. 

Jika sudah, beri contoh foto produk yang bisa dibeli di sana. Kemudian buat daftar pemesan berikut produk-produk pesanan sesuai permintaan. Setelah membeli produk dari kota atau negara asalnya, jangan lupa memasukkan tarif jastip dan margin keuntungan dalam harga produk. Dalam menentukan profitnya ini akan tergantung pada dirimu sendiri, asal pemesan sepakat membayar dengan harga tersebut.

Cara Mulai Bisnis Jastip

Bagi kamu yang tertarik, berikut ini beberapa cara mulai bisnis jastip yang tepat: 

1. Memiliki akses komunikasi dengan pihak penyedia produk

Akses komunikasi yang dimaksud dapat berupa koneksi atau kemampuan bahasa sesuai negara asal penyedia produk. Dengan adanya kemudahan dalam berkomunikasi ini, kamu akan lebih bebas mencari berbagai produk sesuai permintaan dari pelanggan. 

2. Melakukan riset target pasar

Kemudian, jangan lupa untuk tetap melakukan riset target pasar khususnya di Indonesia. Tentu tidak akan semua orang tertarik dengan jastip. 

Oleh sebab itu, sebelum memulai bisnis jasa titip, sebaiknya melakukan riset untuk mengetahui apakah produk jastip yang akan kamu tawarkan benar-benar dibutuhkan.

3. Persiapkan foto produk yang menarik 

Ketika menjalankan bisnis jastip ini kamu bisa mempromosikannya melalui media online, maka pastikan untuk menyiapkan foto produk yang menarik dan orisinil.  

4. Tentukan tarif jastip

Kamu juga harus tentukan tarif jastip dengan masuk akal, terutama jika produk berasal dari luar negeri. Umumnya, pengguna jastip adalah orang dari kalangan ekonomi menengah ke atas sehingga mereka juga sudah tahu harga asli produk.   

Jadi, tetapkan tarif jastip yang tidak terlalu tinggi atau masih masuk akal, ini tentu akan membuat mereka mempercayaimu. 

5. Pastikan produk sesuai dengan ekspektasi

Terakhir, pastikan produk sesuai ekspektasi pelanggan agar mereka tidak kecewa. Utamakan kualitas produk tetap terjaga saat di perjalanan. Jika melakukan pengiriman dari luar negeri, sebaiknya minta pengirim mengemas barang dengan aman agar tidak terjadi kerusakan di perjalanan.

Kesimpulan

Itulah pengertian tentang jastip, cara kerja, dan cara memulainya bagi kamu yang tertarik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini kecil atau bahkan tidak ada sama sekali, namun keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar.  

Jangan lupa, pastikan juga pengelolaan bisnis terus berjalan lancar dengan sistem digital menggunakan Aplikasi Youtap. Kamu bisa mengontrol bisnis secara real time, dan tidak perlu repot mencatat setiap transaksi yang masuk dengan manual lagi.  

Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Bisnis Gratis memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola bisnis secara digital. Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik agar lebih mudah melihat keuntungan dan menentukan strategi kedepannya.

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang