Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat

#CeritaBOS QnA Coffee & Eatry, Alif Akbar Rafsanjani Rintis Usaha Kedai Kopi dari Nol

#CeritaBOS QnA Coffee & Eatry, Alif Akbar Rafsanjani memberikan kisah inspiratif-nya ketika memutuskan dan menjalani kedai kopinya dari nol.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Bisnis kedai kopi saat ini ternyata punya peluang bagus bagi yang berencana merintis sendiri. Pasalnya, tren minuman kopi beberapa tahun belakangan semakin meningkat sehingga banyak entrepreneur muda yang mencoba membuka usaha kuliner ini. Salah satunya merchant Youtap yang berada di kota Makassar yaitu QnA Coffee & Eatery

Perjalanan Merintis Kedai Kopi QnA Coffee & Eatery

Seperti yang kita tahu, setiap pelaku bisnis pasti mengalami tantangannya masing-masing atau bahkan mendapatkan inspirasi untuk menunya dari berbagai macam sumber. Hal itu ternyata juga dirasakan oleh Alif Akbar Rafsanjani selaku pemilik QnA Coffee & Eatery, di mana dalam wawancaranya dengan internal tim Youtap, ia menceritakan perjalanan bisnisnya dari awal merintis hingga saat ini. 

IG QnA Coffee & Eatry
Gambar: Instagram @qnacofe_

Inspirasi Saat Mulai Usaha 

Alif selaku pemilik menuturkan bahwa pada dasarnya beliau memiliki pengalaman di bidang hospitality dari tahun 2016 sampai tahun 2018, dan posisinya untuk kebutuhan lifestyle. Di mana setiap minggu membuat promo untuk makanan dan minuman, dan hal tersebut ternyata sangat menarik perhatian pelanggan. Sehingga dari situlah mulai terpikirkan untuk membuka bisnis FnB, yaitu QnA Coffee & Eatery ini. 

produk kopi qna coffee and eatery

Persiapan yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha 

Sama dengan bisnis-bisnis pada umumnya, beberapa persiapan usaha yang dibutuhkan oleh Alif yang paling utama adalah niat. Disusul Sumber Daya Manusia (SDM), baru finansial atau modal. Biasanya, modal yang dibutuhkan akan terbagi-bagi sesuai dengan strategi bisnis, jadi memang kuat dari segi budget juga menjadi faktor utama. 

Baca Juga: #CeritaBOS Keripik Tempe Rohani, Maria Ulfa Penerus Usaha Keluarga

Tantangan Usaha 

Tantangan pertama yang dialami saat menjalankan bisnis adalah SDM-nya, di mana kesulitan menyampaikan atau menyederhanakan suatu pembahasan agar bisa diterima dengan baik maksud dan tujuannya. Pasalnya, SDM di QnA Coffee & Eatery tidak memiliki dasar-dasar pengetahuan seputar hospitality, sehingga ini menjadi sangat sulit dihadapi.  

Kemudian, juga terkait pengetahuannya, hal ini tentu harus disampaikan atau diajarkan secara perlahan. Lalu, tantangan yang terakhir adalah kasir, karena menjadi tempat di mana uang keluar dan masuk. Jadi, Alif mengatakan dalam hal inilah ia mulai belajar untuk percaya kepada orang lain karena harus mendelegasikan kegiatan pengelolaan uang bisnis. 

QnA Coffee & Eatry
Tampilan Coffee Shop, QnA Coffee & Eatry di Makassar

Tips-Tips Menjalankan Usaha 

Tips usaha yang dimiliki oleh BOS Alif dalam merintis bisnisnya adalah selalu meyakini apa yang dilakukan, kemudian tidak apa-apa jika harus rugi di awal tapi akan menemukan berbagai kemudahan di tahap-tahap berikutnya. Menurut pengalaman pribadinya, ia juga harus merasakan rugi terlebih dahulu di awal merintis bisnis, tapi akhirnya mendapatkan banyak kemudahan di langkah-langkah berikutnya. 

Baca Juga: Cerita Inspiratif Herry Krida Pemilik Restoran All You Can Eat Sha-Waregna Bandung

Pengalaman Menggunakan Youtap 

Pengalaman Alif setelah memakai aplikasi usaha Youtap khususnya aplikasi kasir Youtap POS dalam mengelola kegiatan bisnis sehari-harinya, “Ini sangat memudahkan saya, bagaimana saya menarik data weekly monthly, itu sangat memudahkan. Apalagi dasarnya saya dari hospitality, yang harus confirm dari orang accounting dulu, terus harus menunggu beberapa jam. Tapi kalau dari Youtap, saya tinggal klik dan isi portalnya langsung muncul.”  jelas Alif mengenai pengalamannya setelah pakai Youtap. 

Tak berhenti sampai disitu, ternyata ada juga manfaat lainnya yang dirasakan oleh BOS Alif setelah menggunakan Aplikasi Youtap, “Yang kedua manfaatnya, saya bisa membukanya dari device satu, device kedua sampai istri saya juga bisa lihat apa-apa saja yang laku dan belum terjual. Dan itu mungkin bisa jadi untuk upselling apa yang belum terjual.” 

Lebih menariknya, ternyata keunggulan Youtap tidak hanya pada sistemnya yang sangat membantu digitalisasi bisnis. Tapi juga pada kinerja staf internal Youtap yang terus memberikan pelayanan maksimal. “Terus pengalaman dari saya, responsif juga dari salesnya, sangat membantu area koordinatornya, sampai tengah malam pun kalau saya ada kesulitan, tidak harus menunggu dulu call center,” pungkas Alif saat sesi wawancara berakhir. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke QnA Coffee & Eatery dan merasakan racikan kopinya, bisa langsung datang ke Ruko. 14, Jl. A. P. Pettarani No.33, Tamamaung, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231 atau bisa langsung klik maps di sini, ya.  Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera gunakan Youtap POS, aplikasi kasir online untuk bantu mudahkan kamu dalam mengelola bisnis. Di mana dalam satu aplikasi usaha, para BOS akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih seperti QRIS dan semua Cashless, POS Kasir, E-menu, Analisa Pintar, Cetak Struk Sekali Tap, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga, Riwayat Transaksi, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk. 

Buruan gabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store, ya! 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama