Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 2, 2023

#CeritaBOS Keripik Tempe Rohani, Maria Ulfa Penerus Usaha Keluarga

#CeritaBOS Keripik Tempe Rohani, Maria Ulfa yang bercerita pengalamannya ketika menjalani dan meneruskan usaha milik keluarga yang dirintis oleh orangtuanya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Usaha kuliner memang menjadi salah satu peluang yang paling banyak dipilih. Selain menguntungkan, usaha yang memperjualbelikan makanan pokok hingga camilan ini merupakan kebutuhan sehari-hari. Target pasar dari usaha kuliner sendiri terbilang sangat luas sehingga peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan juga terbuka jika dikelola dengan baik.

Salah satu usaha kuliner yang terbilang sukses hingga kini adalah Keripik Tempe Rohani yang berlokasi di Malang yang juga merupakan salah satu merchant Youtap yang sudah merasakan manfaat penggunaan aplikasi usaha Youtap dan juga mendukung gerakan digitalisasi UMKM dengan menggunakan sistem pembayaran digital (QRIS) di dalam operasional sehari-hari.

Dari Makanan Jadi Komoditas Usaha

Siapa yang tidak kenal tempe, salah satu jenis makanan utama yang menjadi favorit banyak orang. Hingga saat ini sudah muncul berbagai macam jenis makanan olahan sampai snack yang menggunakan bahan dasar tempe.  Salah satunya adalah keripik tempe, selain menjadi makanan favorit yang dikonsumsi, keripik tempe menjadi salah satu peluang usaha bagi masyarakat Indonesia. 

Keripik Tempe
Dok: website www.keripiktemperohani.com

Meski keripik tempe ini sudah ada sejak lama, namun keberadaannya ternyata semakin berkembang di dalam bisnis kuliner.  Berbagai usaha keripik tempe mulai banyak dijalankan baik dalam skala rumah tangga maupun hingga skala usaha yang besar. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha keripik tempe cukup terjangkau, namun  peluang keuntungan yang bisa didapatkan cukup menggiurkan serta berpeluang meraih kesuksesan karena merupakan kuliner favorit yang hampir semua kalangan ditambah harganya sangat terjangkau. Sama halnya dengan Keripik Tempe Rohani, di mana si pemilik melihat adanya peluang yang bagus hingga akhirnya mantap memulai dan menjalankan usaha ini. 

Cerita Perjalanan Usaha Rumahan Keripik Tempe Rohani

Awal Mula Mendirikan Usaha

Didirikan oleh sepasang suami istri bernama Bapak Muhammad Rohani dan Lili Suprapti sejak tahun 1988, kini usaha Keripik Tempe Rohani diteruskan oleh Maria Ulfa yang merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dan sukses mengembangkan usahanya dan menjadi pusat oleh-oleh khas Malang. Awalnya, Keripik Tempe Rohani dikategorikan sebagai usaha keluarga yang seluruh operasionalnya dari mulai produksi, toko dan kegiatan lainnya termasuk juga pembelian dilakukan di rumah. Hingga pada akhirnya di tahun 2011, berhasil memiliki toko di Jalan Raden Tumenggung Suryo No.90 Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Produk Keripik Tempe Rohani
Foto Produk Keripik Tempe Rohani. Dok: Google Map

Tantangan yang Dihadapi Saat Menjalankan Usaha

Ketika menjalankan usaha, #CERITABOS pasti akan menghadapi berbagai permasalahan tertentu, bukan? Tidak hanya sekadar modal usaha, tapi bisa juga karena adanya faktor produksi, hingga stategi pemasaran atau hal lainnya. Hal tersebut juga dirasakan oleh Maria Ulfa yang kini menjalani usaha keluarga Keripik Tempe Rohani saat awal mula mendirikan usaha. Di mana kesulitan melakukan pemasaran, namun baru-baru ini kendala tersebut dapat diatasi dengan baik sejak hadirnya digital marketing dan social media termasuk Instagram. 

Jadi saat usaha Keripik Tempe Rohani idak hanya melakukan pemasaran melalui offline store atau toko, tapi juga jualan secara online, baik itu di marketplace hingga membangun website, www.keripiktemperohani.com . Selain itu ada juga channel distribusi yang tersebar ke berbagai kota di Indonesia. 

IG Keripik Tempe Rohani Malang
IG @keripiktemperohani

Tips Memulai Usaha

Menurut Ibu Maria Ulfa, ketika memutuskan untuk memulai sebuah usaha dan untuk meraih kesuksesan dan kelancaran saat menjalankan usaha, apalagi ini usaha ini merupakan usaha keluarga yang sudah turun temurun, tentunya ada beberapa hal dan tips yang perlu diterapkan yaitu: 

  • Konsisten
  • Inovatif 
  • Kreatif 

Selain tips di atas, pemilik juga menuturkan bahwa saat ini Ibu Maria Ulfa selaku penerus dari usaha keluarga juga menggunakan platform digital, salah satunya adalah Youtap POS, aplikasi kasir online yang memiliki fitur terlengkap untuk mempermudah seluruh operasional usaha hingga membantu dalam pengambilan keputusan dalam pengembangan usaha, termasuk juga saat memudahkan proses transaksi menjadi lebih praktis dan aman.

BOS Keripik Tempe Rohani dengan Team Youtap
Dok: Youtap

Itulah kisah inspiratif tentang perjalanan dari usaha rumahan Keripik Tempe Rohani mulai dari awal mula berdiri, tantangan yang dialami sekaligus tips bisnis dari Ibu Maria Ulfa sebagai pemilik dan penerus usaha orang tuanya. Bagi kamu yang ingin mencicipi rasa keripik tempe atau sedang berwisata ke Malang, bisa langsung datang ke tokonya di sini untuk berbelanja keripik tempe. Tidak hanya tempe, banyak produk UMKM Malang yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 

Semoga dengan adanya cerita inspiratif ini mampu memberikan motivasi untuk kamu yang ingin memulai usaha dan menjadi entrepreneur atau wirausaha. Dengan demikian, usahamu akan memberikan membantu warga sekitar dengan membuka lapangan kerja sekaligus mendorong peningkatan perekonomian Indonesia. Penasaran dengan kisah inspiratif lainnya dari pemilik usaha (BOS) yang juga sebagai merchant Youtap? Tunggu kisah inspiratif dan #CERITABOS lainnya dari merchant-merchant Youtap selanjutnya. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama