October 21, 2021

8 Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar Minim Modal

Pelajar juga bisa buka bisnis online loh! Ini 8 rekomendasi bisnis online untuk para pelajar dengan minim modal. Kira2 tertarik untuk menjalani yang mana?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kata siapa pelajar tidak bisa berbisnis dan menjadi enterpreneur? Tidak memandang background pendidikan, umur dan hal-hal lainnya, setiap orang bisa memulai bisnis mereka sendiri sesuai dengan rencana. Namun yang sering menjadi pertanyaan saat ini, apakah apakah seorang pelajar bisa berbisnis dengan sukses? Pasalnya, kini banyak sekali pilihan dan ide bisnis yang bisa dijalankan tanpa mengganggu kegiatan belajar. 

Apalagi, saat ini sudah adanya perkembangan digitalisasi yang kian meningkat sehingga bisnis akan lebih mudah untuk dijalankan. Walaupun begitu perlu diingat bahwa hampir seluruh pebisnis, pasti akan menghadapi tantangan tertentu. Tetapi jangan khawatir, karena berikut ada beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar. Apa saja, ya?

Bisnis Apa yang Cocok untuk Pelajar? Ini Rekomendasinya!

1. Jualan Online dengan Menggunakan Sistem Reseller

Bagi kamu yang tidak ingin repot dengan proses produksi, cobalah untuk berjualan dengan menggunakan sistem reseller.  Sebagai langkah awal kamu bisa mencari supplier yang menawarkan harga murah agar produknya dapat kamu jual kembali dengan harga terjangkau sehingga mampu bersaing di pasaran.  Produknya pun bisa berupa apa saja sebagai contoh seperti pakaian, mainan, skin care, hingga makanan atau minuman. Perlu kamu tahu, bahwa umumnya ketika membeli barang dari supplier mereka akan memberikan harga lebih murah tentu dengan minimal pembelian yang sudah ditetapkan.

reseller online
ilustrasi Reseller. Gambar: Freepik

Jadi, sistemnya semakin kamu membeli banyak produk, maka harga satuan dari barang tersebut pun akan semakin murah.  Tetapi bagi kamu yang masih pemula dan tidak memiliki banyak modal bisa menerapkan sistem pre-order yaitu melakukan pembelian ke supplier setelah pemesanan hingga pembayaran telah terkumpul. Dalam pelaksanaan untuk menjalankan sebuah bisnis usaha yang menjual produk tentu harus rutin mencatat stok barang hingga transaksi yang masuk dan keluar. Agar hal tersebut lebih mudah, kini ada solusi digital terbaik untuk semua bisnis dan perusahaan dengan download aplikasi usaha Youtap di sini. 

Baca Juga: 6 Bisnis Dropshipper Paling Menguntungkan, Apa Saja Ya?

2. Dropship

Usaha Dropshiper
Ilustrasi persiapan pengiriman barang. Gambar: Freepik/pressfoto

Selanjutnya ada sistem dropship. Ini bisa menjadi rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang belum punya modal uang sama sekali. Namun perlu dipahami bahwa dropship ini berbeda dengan sistem reseller. Ketika memulai bisnis online dropshipper, kamu hanya perlu memasarkan produk dari supplier dan mereka yang akan mengurus pengemasan dan pengiriman produk kepada konsumen. Melakukan bisnis online dropship ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, kamu hanya membutuhkan smartphone untuk berkomunikasi dengan konsumen dan mempromosikan produk. 

3. Jual Pulsa Secara Online

Jual pulsa online
Ilustrasi jualan dan bisnis pulsa. Gambar: Project Reoco

Bisnis online untuk pelajar lainnya, kamu juga bisa jual pulsa. Saat ini pengisiannya juga lebih mudah dan pilihannya beragam. Tak hanya sekadar menyediakan pulsa dan paket data, kamu juga bisa menawarkan layanan lain seperti token listrik, jasa bayar PAM, dan listrik. 

4. Jual Barang Bekas atau Preloved

Thrifting Fashion
Model di thrifting store. Gambar: Pexel/cottonbro studio

Saat ini banyak orang mulai melakukan bisnis untuk menjual barang bekas dengan kualitas yang cukup baik. Bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk pelajar karena kamu bisa menjalankannya tanpa modal uang. Bisnis jual barang preloved ini hanya bermodalkan barang-barangmu sendiri dengan kualitas yang masih bagus.  

Baca Juga: 7 Ide Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

5. Menjadi Penerjemah

Jasa Translator
Ilustrasi jasa penerjemah/translator. Gambar: Pexel/Leeloo Thefirst

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, tak ada salahnya untuk mencoba sebagai penerjemah. Pada bisnis ini kamu harus memasang tarif mulai dari per lembar atau bahkan per kata untuk setiap teks yang diterjemahkan. Dan tentunya tarif yang ditawarkan harus disesuaikan dengan kerumitan bahasa dan dengan tingkat kemampuanmu.

6. Jasa Foto Produk

jasa fotografer produk
Ilustrasi fotografer produk. Gambar: Freepik

Saat ini memang banyak penjual online yang ingin membuat katalog bagus untuk produk tokonya. Hal itu pun bisa menjadi kesempatan bisnis yang baik untuk para pelajar atau mahasiswa.  Langkah awal, kamu bisa bekerja sama dengan seorang teman atau kerabat yang tertarik menjadi model. Kemudian pahami dan perhatikan juga beberapa hal seperti konsep pemotretannya, studio mini, kamera, dan kreativitas. Bagi kamu yang sudah berpengalaman, bisa menawarkan harga-harga yang sudah ditentukan.

7. Bisnis Manajemen Media Sosial

social media
Ilustrasi social media untuk promosi usaha. Gambar: Freepik

Bisnis jasa selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa adalah bisnis manajemen media sosial. Sama halnya seperti foto katalog, banyak juga orang yang kesulitan mengelola media sosial sebagai sarana promosi toko online.  Hal ini pun juga bisa menjadi kesempatan bisnis yang cukup menjanjikan, daripada hanya membuang waktu mengurus akun sendiri, lebih baik kamu membuka jasa manajemen media sosial untuk mendapatkan uang.

Baca Juga: Cara Mengelola Bisnis Online Agar Panen Cuan

8. Blogger

Blogger
Ilustrasi blogger. Gambar: Freepik/rawpixel.com

Bisnis online untuk pemula khususnya pelajar yang terakhir adalah menjadi blogger. Khusus bagi kamu yang memiliki keahlian menulis, bisa mencoba menjadi seorang blogger.  Tentu saja jenis tulisan dapat disesuaikan dengan hal-hal yang diminati. Sebagai contoh, bisa coba menulis review produk kecantikan, tempat wisata, atau tempat makan.  Apabila penulisan-penulisan kamu berhasil, nantinya bisa mendapatkan uang dari adsense atau dari kerja sama dengan brand.  Perlu diingat bahwa prosesnya tidak bisa instan, ya. Jadi pastikan kamu harus benar-benar konsisten dalam membuat konten dan sebaiknya memahami tentang SEO (search engine optimization).

Itulah beberapa bisnis online untuk pelajar yang bisa dicoba karena tidak membutuhkan terlalu banyak modal uang dalam menjalankannya. Bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis online atau masih pemula, tak ada salahnya untuk mencari tahu kiat-kiat sukses bisnis untuk pelajar.  

Youtap, Aplikasi Usaha Solusi Terbaik Pengelolaan Bisnis

Tidak hanya berfikir tentang ide bisnis apa yang cocok untuk pelajar, namun perlu diperhatikan bagaimana cara pengelolaannya sehingga bisnis yang dijalani bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh karena itu, butuh juga sebuah aplikasi usaha yang membantu proses pengelolaan menjadi lebih mudah, efisien, dan tidak merepotkan. 

Salah satu aplikasi usaha yang bisa menjadi solusi pengelolaan usaha tersebut adalah aplikasi usaha Youtap Indonesia. Memiliki fitur terlengkap, keunggulan aplikasi Youtap bisa digunakan multi device baik smartphone dan tablet sehingga kamu bisa melihat perkembangan usahamu di mana saja dan kapan saja.  Penasaran untuk mencoba fitur-fitur usaha dari Youtap? Yuk, mulai usaha dengan meng-download aplikasi usaha Youtap di Google Play Store dan Apps Store sekarang! Atau langsung berlangganan paket usaha Youtap dengan mengisi data diri dan usahamu di mulaiusaha.youtap.id

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama