January 31, 2023

9 Tips Menjalankan Bisnis Clothing dengan Sistem Online, Pemula Wajib Tahu Nih!

Memiliki peluang keuntungan yang cukup menjanjikan, berikut ini tips menjalankan bisnis clothing dengan sistem online, khusus pemula wajib tahu, ya!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu bahwa bisnis clothing memang menjadi produk yang sangat laris di pasaran dan peluang keuntungannya sangat menjanjikan. Namun, kamu juga perlu  memahami bagaimana cara menjalankan bisnis dengan benar dan tepat sasaran, ya. Banyak pebisnis yang mengalami kegagalan karena pengaruh beberapa faktor baik itu internal maupun eksternal. Jadi, agar terhindar dari kerugian, berikut tips menjalankan bisnis clothing dengan sistem online.

Tips Menjalankan Bisnis Clothing dengan Sistem Online

bisnis clothing
Gambar: freepik.com

1. Lakukan Riset Produk Clothing di Pasaran

Langkah pertama adalah melakukan riset produk, agar bisa menemukan apa yang akan dijual. Ini menjadi sangat penting untuk para BOS lakukan agar tidak salah memilih produk untuk dijual. Selain itu, penting untuk memiliki data yang cocok dan nyata pada kondisi pasar. Maka pastikan melakukan riset secara rinci agar bisa membuat produk kamu nantinya diterima di pasar fashion.

2. Kenali Target Pasar dengan Baik

Langkah kedua adalah mengenali dengan baik target pasar, agar kamu bisa lebih mudah menawarkan produk. Jika, BOS mengetahui target pasar, maka lebih mudah menciptakan produk fashion yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila dapat menentukan target pasar dengan baik, maka kamu bisa lebih mudah melakukan pembuatan strategi pemasaran atau marketing produk dengan tepat. Target pasar sendiri adalah orang yang  menjadi target penjualan dan memiliki karakteristik tersendiri.

3. Monitor Kompetitor 

Langkah ketiga adalah memonitor pergerakan kompetitor. Tujuannya agar bisa menjadi acuan pembenahan dalam memperbaiki bisnis, yang mana hal tersebut menjadi kekurangan dari kompetitor.

Jadi, pastikan untuk mempelajari kompetitor mulai dari kelebihan, kekurangan, cara memasarkan produk, hingga pendistribusian produk. Dalam mempelajarinya, BOS bisa mengelompokkan kompetitor, mempelajari setiap produknya, melihat review dan lain-lainnya.

4. Buatlah Perencanaan dalam Bisnis

Langkah keempat adalah membuat perencanaan bisnis agar bisa menentukan apa saja produk yang dijual, target pasar hingga melakukan analisis para pesaing. Perencanaan bisnis ini dapat dikatakan sebagai konsep bisnis yang nanti akan dijalankan.

Agar rancangan bisnis bisa berjalan secara teratur maka ada baiknya untuk menggunakan template business plan, ya. 

5. Persiapkan Dana Anggaran

Langkah kelima harus mempersiapkan dana anggaran bisnis. Namun, perlu diperhatikan bahwa dengan jumlah modal sedikit maupun banyak sebenarnya bukan menjadi penentu kesuksesan dalam menjalankan bisnis fashion.

Jadi, agar semua dana tersebut dapat dialokasikan dengan baik, kamu perlu buat anggaran dengan rinci agar bisa mengatur dan mengelola modal secara tepat dalam menjalankan bisnis fashion. Pastikan untuk selalu mencatat semua konteks yang menjadi rencana dari bisnis. 

6. Persiapkan Produk Jualan

Langkah keenam adalah mempersiapkan produk fashion yang akan dijual. Pastikan kamu membuat produk yang memiliki keunggulan dan tidak miliki oleh pihak kompetitor manapun. 

Jadi, bisnismu dapat menyajikan produk asli atau ori dengan bahan yang berkualitas. Selain itu ada baiknya juga untuk merancang desain menarik pada produk dan mulai mencari produsen paling tepat agar bisa memproduksi produk fashion

7. Jangan Lupa Membuat Desain Logo dan Pemotretan Produk

Langkah ketujuh adalah membuat desain logo dan lakukan pemotretan produk. Bagi sebagian orang hal tersebut memang dianggap sepele, padahal tanpa disadari dengan logo maka produk yang dijual memiliki citra konsep agar dikenal oleh banyak orang dengan mudah.

Selain itu, dalam memasarkan bisnis kamu juga perlu memiliki penampilan foto produk menarik. Dengan begitu ini bisa menjadi tips bisnis fashion yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan pemotretan produk sebaik mungkin.

Nantinya, hasil dari pemotretan produk dapat langsung dipajang pada media sosial, katalog online, website, iklan atau media lain untuk meningkatkan penjualan. Bila, ingin foto tampak lebih profesional maka bisa juga menyewa jasa fotografer khusus fashion

8. Cobalah untuk Membuat Website Toko Online

Langkah kedelapan adalah membuat website toko online. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi saat ini membuat para konsumen mulai banyak yang beralih ke  media online. 

Oleh karena itulah, sangat penting untuk segera beradaptasi dengan memiliki website untuk toko online. Ini akan menjadi salah satu strategi meningkatkan penjualan produk. Pasalnya, dengan berjualan secara online, maka para BOS bisa menyajikan katalog dan informasi dengan lengkap tanpa perlu menjelaskan satu per satu.

9. Lakukan Promosi dengan Iklan Online

Langkah kesembilan atau yang terakhir adalah melakukan promosi dengan iklan online. Cara ini menjadi hal penting karena dapat memberikan kemudahan dalam mengenalkan produk ke masyarakat tanpa harus mengeluarkan biaya besar. 

Cara memasang iklan online pun terbilang mudah dan bisa kamu lakukan secara berkala. Pastikan untuk tidak terlalu sering membuat iklan online, ya. Tujuannya agar konsumen tidak bosan dan justru enggan membeli tawaran produk milikmu. Maka dalam hal ini perlu membuat strategi pemasaran secara online. Sehingga dapat menjangkau pasaran pelanggan lebih luas lagi.

Kemudian demi bisa mendukung kelancaran bisnis fashion yang kamu jalankan, ada baiknya untuk menggunakan Youtap POS. Aplikasi satu ini dapat bantu memudahkan kamu dalam mengelola bisnis. Di mana dalam satu aplikasi terdapat berbagai macam fitur seperti Cetak Struk Sekali Tap, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga, Riwayat Transaksi, QRIS dan semua Cashless, POS Kasir, E-menu, Analisa Pintar, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk. Segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store, ya! 


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama