Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 6, 2022

4 Cara Mengatur Jam Operasional Bisnis Kuliner Saat Ramadan

Tak hanya sekedar menyesuaikan dengan kondisi konsumen dan pasar, berikut ini beberapa cara mengatur jam operasional bisnis kuliner saat bulan Ramadan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Umumnya, saat bulan Ramadan, restoran atau bisnis kuliner lainnya akan membuat aturan jam operasional baru. Namun, bagaimana cara mengatur jam operasional yang tepat? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum menentukannya, khususnya bisnis kuliner yang jam normalnya 24 jam.  

Cara Mengatur Jam Operasional Bisnis Kuliner Saat Bulan Ramadan

1. Wajib Memperhatikan Aturan Jam Operasional Ramadan dari Pemerintah

Jam operasional
Gambar: freepik.com/pressfoto

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan aturan jam operasional di sekitar lingkungan berjualan saat Ramadan. Biasanya pemerintah daerah menetapkan aturan khusus yang menentukan jam buka bagi bisnis kuliner. 

Apabila ada aturan pemerintah daerah terkait jam operasional, maka kamu perlu mempertimbangannya saat menentukan waktu buka restoran selama puasa. 

2. Pahami Kondisi Target Konsumen di Sekitar Lokasi Bisnis

Selain mempertimbangkan aturan dari pemerintah seperti di atas, kamu juga harus pahami kondisi target konsumen di sekitar lokasi bisnis. 

Jika pelanggan atau target konsumen di sekitar lokasi bisnismu menjalankan ibadah puasa, maka ketika berjualan di siang hari mungkin tidak akan memberikan pendapatan yang maksimal.

Sehingga, bagi kamu yang memiliki bisnis kuliner buka 24 jam sebaiknya menghitung ulang potensi penghasilan serta biaya yang dikeluarkan jika terus bertahan pada  waktu operasional tersebut.

Ada baiknya untuk memaksimalkan penjualan saat buka sore sampai dini hari, yaitu dari waktu berbuka puasa hingga waktu sahur. Hal ini justru akan membantu kamu menghasilkan keuntungan maksimal. 

3. Pertimbangkan Kesediaan Karyawan Saat Bulan Ramadan

Jam operasional
Gambar: freepik.com/jcomp

Selain itu, pertimbangkan juga kesediaan para karyawan. Sehingga, akan lebih baik jika sebelum menentukan jam operasional Ramadan, kamu mengajak karyawan berdiskusi.  Melakukan diskusi dengan karyawan juga dapat memberikan insight bagi bisnis. 

Hal lain yang perlu kamu pikirkan juga adalah para karyawan mungkin akan menjalankan ibadah puasa, sehingga pastikan mereka untuk tetap bisa beribadah dengan baik selama bekerja. 

4. Lakukan Pemeriksaan Data Penjualan Ramadan

Terakhir melakukan pemeriksaan data penjualan bisnis kuliner saat Ramadan tahun sebelumnya.Tujuannya agar bisa menjadi acuan sebelum kamu memutuskan waktu operasional terbaik di bulan puasa tahun ini. 

Sehingga bisa memperkirakan dengan akurat kapan waktu terbaik untuk berjualan agar mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh karena itulah penting sekali untuk menggunakan sistem digital dalam mengelola bisnis. Agar kamu tidak kesulitan mengecek data penjualan. 

Kini saatnya untuk menggunakan Aplikasi POS Youtap Indonesia yang bisa membantu kamu menyimpan seluruh data penjualan sekaligus memberikan laporan secara lengkap. Di mana dengan mudahnya, kamu bisa mencatat setiap detail transaksi secara real time sehingga mengurangi terjadinya kesalahan atau kekeliruan. 

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama