Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 3, 2024

Budget Terbatas? Ini Ide Usaha Modal 2 Jutaan, Dijamin Untung!

Nggak perlu khawatir kalau budget terbatas, karena hanya dengan ide usaha modal 2 jutaan ini dijamin bisa untung dan berkelanjutan, lho!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memulai usaha dengan modal kecil bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya hanya dengan modal sekitar 2 jutaan rupiah saja, kamu juga bisa mulai usaha yang berpotensi menghasilkan keuntungan serta berkelanjutan, lho. Namun harus diingat bahwa kunci utama sukses dalam dunia usaha adalah ketekunan, kreativitas, serta strategi yang tepat. Pada artikel kali ini, akan ada beberapa rekomendasi ide usaha modal 2 jutaan yang bisa kamu coba beserta gambaran perhitungannya.  

Ide Usaha Modal 2 Jutaan, Dijamin Berkelanjutan dan Untung!

1. Usaha Katering Rumahan

ide usaha modal 2 jutaan
gambar: freepik.com

Bisnis katering rumahan adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan, terutama di era sekarang yang kebanyakan orang memiliki banyak kesibukan di luar rumah sehingga lebih minat pada makanan yang praktis namun tetap sehat. Oleh karena itu, buka usaha katering rumahan bisa jadi pilihan tepat. Dilansir dari media sosial Instagram @sandinomics.id juga dijelaskan oleh Sandi Uno bahwa, “selama manusia harus makan dan minum, usaha kuliner tidak akan pernah mati”.  

Sebagai langkah awal, tentukan menu-menu andalan yang proses pembuatannya cepat, bahan bakunya mudah didapatkan serta harganya pun terjangkau. Pastikan kamu menyediakan makanan sehat tapi tetap bervariasi agar pelanggan tidak bosan. Dalam hal ini, kamu bisa coba macam-macam pilihan lauk-pauk serta sayuran. 

Bila ingin mendapatkan harga bahan baku yang lebih murah, kamu bisa temukan produk-produk dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau hanya di Youtap BOS. Selain itu, kamu juga bisa temukan peralatan masak berkualitas. Lalu, ini rincian perkiraan modal awal yang dibutuhkan untuk usaha katering rumahan

  • Bahan baku awal: Rp 800.000 (untuk kebutuhan bahan makanan seperti daging, sayur dan bumbu)
  • Peralatan masak: Rp 500.000 (pisau, talenan, wajan atau panci) 
  • Kemasan makanan: Rp 200.000 (plastik, sendok, garpu, dan kotak makanan) 
  • Biaya promosi awal: Rp 200.000 (iklan di media sosial atau brosur) 
  • Kebutuhan lain: Rp 300.000 (biaya gas, listrik atau transportasi) 

Jika dijumlahkan keseluruhan dari biaya di atas, maka total modal awal yang dibutuhkan berkisar 2 jutaan saja. 

BACA JUGA: 8 Tantangan Bisnis Kuliner yang Sering Dihadapi, Apa Saja?

2. Usaha Es Teh Jumbo 

ide usaha modal 2 jutaan dijamin untung
gambar: freepik.com/KamranAydinov

Usaha es teh jumbo juga menjadi salah satu peluang bisnis yang saat ini banyak diminati dan viral. Pasalnya, dengan ukuran es teh yang sangat besar, terdapat variasi rasa yang menarik dan harganya pun sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Berikut gambaran perhitungan modal untuk usaha es teh jumbo: 

  • Gelas jumbo (ukuran 1 liter): Rp 300.000
  • Dispenser teh atau termos ukuran besar: Rp 500.000
  • Peralatan tambahan seperti sendok, sedotan, pengaduk dan lainnya: Rp 200.000
  • Bahan baku teh: Rp 200.000
  • Bahan baku gula dan sirup: Rp 200.000
  • Topping seperti jelly, buah atau boba: Rp 300.000
  • Biaya promosi: Rp 100.000
  • Biaya operasional untuk listrik: Rp 200.000

Jika dijumlahkan secara keseluruhan dari gambaran perhitungan modal di atas, maka kamu hanya membutuhkan sekitar 1,8 jutaan saja. Sehingga sisa modal dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang diperlukan seperti kegiatan operasional atau promosi. 

BACA JUGA: Bisnis Minuman yang Berpotensi Menghasilkan Banyak Keuntungan

3. Usaha Kopi Starling

ide usaha modal 2 jutaan

Pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar kata Kopi Starling? Ya, ini adalah kopi keliling yang biasa berjualan menggunakan sepeda. “Starling” sendiri merupakan singkatan dari "Starbucks Keliling" yang mana konsepnya menjual kopi atau jenis minuman lainnya dengan berkeliling menggunakan sepeda dan harganya pun sangat terjangkau. Tidak hanya sepeda, kini juga banyak penjual starling yang menggunakan motor atau gerobak dimodifikasi. Biasanya, starling banyak ditemui di beberapa lokasi strategi seperti kampus, perkantoran atau pusat keramaian lainnya. Berikut gambaran modal usaha kopi starling:

  • Gerobak atau sepeda modifikasi: Rp 1.000.000
  • Mesin kopi manual atau espresso portable: Rp 500.000
  • Peralatan seperti gelas, sendok, termos: Rp 200.000
  • Kopi bubuk atau biji kopi: Rp 200.000
  • Bahan baku susu UHT, gula sirup dan lainnya: Rp 200.000

Melihat gambaran modal di atas, maka kamu membutuhkan biaya berkisar 2 jutaan. Usaha starling dengan modal 2 jutaan adalah peluang yang menarik dan berpotensi menghasilkan keuntungan cukup besar. Namun, pastikan kamu memiliki strategi berjualan yang tepat, terus berinovasi menyesuaikan minat target audiens, dan memberikan pelayanan yang baik. 

Kemudian, bagi kamu yang ingin beli berbagai macam kebutuhan usaha seperti bahan baku gula, kopi, susu UHT, sayur-sayur hingga peralatan masak, bisa kunjungi Youtap BOS. selain harganya yang terjangkau, produk-produknya pun langsung dari supplier ternama sehingga kualitasnya terjamin. 

Lalu, untuk mengelola usaha pastikan mulai menggunakan sistem yang sudah berbasis digital yaitu Youtap POS. Ini adalah Aplikasi Kasir Digital yang dapat membantu kelola seluruh penjualan, di mana pencatatan transaksi berjalan otomatis, analisis, hingga pembuatan laporan. Menariknya lagi, Youtap POS sudah terintegrasi langsung dengan Youtap BOS, lho! 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama