Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 25, 2021

5 Tips Mulai Bangun Bisnis Kopi untuk Pemula 

Demi kegiatan operasional berjalan baik dan memiliki target pasar yang cukup banyak serta luas, berikut beberapa tips bangun bisnis kopi untuk pemula. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu minuman yang paling populer di Indonesia sejak dulu adalah kopi. Minuman kopi ini memiliki banyak peminat mulai dari kelas bawah hingga atas. Melihat ada banyak peluang, tentu membuat bisnis kopi jadi salah satu usaha yang bisa hasilkan banyak keuntungan jika dikelola dengan baik. 

Namun, walaupun memiliki pasar yang luas, tapi persaingan bisnis kopi di Indonesia ternyata sudah semakin ketat, sehingga membutuhkan strategi jitu agar produk disukai oleh pelanggan. Oleh karena itulah, kamu yang ingin mulai bisnis kopi ini coba ikuti beberapa tips di bawah, yuk. 

Tips Mulai Bangun Bisnis Kopi untuk Pemula

1. Persiapkan Modal Bisnis 

Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis, sebaiknya mulailah dengan kedai kopi sederhana. Pastikan membangun kedai kopi yang sesuai dengan modal dan jangan pernah paksakan untuk membuatnya terlihat mewah. Semakin besar keuntungan yang didapat, nantinya bisnis kedai kopi milikmu akan bisa tumbuh dan berkembang dengan sendirinya menyesuaikan modal. 

2. Ketahui Target Konsumen Kedai Kopi

bisnis kopi
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sebelum memulai usaha kedai kopi, kamu juga harus memikirkan dan menentukan siapa target yang cocok. Dengan mengetahui dan menentukan target konsumen, nantinya kamu bisa menganalisa terkait pendapat mereka tentang cita rasa kopi yang enak seperti apa. Salah satu strategi yang tepat dalam berbisnis adalah memahami konsumen dengan baik. Selain itu juga menentukan lokasi, desain coffee shop yang cocok, harga dan lain sebagainya.

3. Pastikan Supplier Bisnis Bisa Diajak Bekerja Sama dengan Baik

Ketika mencari supplier, pastikan juga kamu mengetahui secara pasti target konsumen.  Paling utama adalah pastikan supplier kopi memiliki kualitas yang baik agar kedai milikmu punya ciri khas cita rasa yang berbeda dari tempat lain. Jadi, cobalah untuk bekerja sama dengan supplier kopi yang bisa memberikan kualitas baik dan harga yang cocok dengan target konsumen. 

4. Buat Konsep Bisnis yang Menarik

bisnis kopi
Gambar: freepik.com/DCStudio

Persaingan bisnis yang semakin ketat di pasaran, tentu membuat kamu harus memiliki konsep unik dan menarik. Hal ini menjadi salah satu cara, agar bisnis milikmu punya nilai jual atau ciri tertentu yang membedakan dari kompetitor bisnis lainnya. Sebagai salah satu contohnya, kamu bisa buat konsep minimalis untuk kedai kopi dan utamakan kenyamanan agar konsumen bisa menikmati kopi ketika bersantai. 

5. Melakukan Promosi Bisnis yang Tepat

Demi bisa memperkenalkan produk ke masyarakat luas, kamu harus melakukan promosi atau pemasaran bisnis.Di era teknologi seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai menggunakan pemasaran online melalui beberapa platform media sosial dengan me-review kedai kopi. Alternatif lainnya juga bisa menggunakan strategi word of mouth, memberikan diskon di hari-hari spesial.

Itulah beberapa tips mulai bangun bisnis kopi untuk pemula. Setelah bisnis berhasil dijalankan dengan baik, kamu juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan secara detail. 

Namun, jangan lagi gunakan pencatatan manual melainkan ada cara yang lebih mudah dan praktis yaitu dengan Youtap POS. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan pencatatan transaksi hingga membuat laporan keuangan secara digital. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama