Manfaat Penjualan Bisnis Online, Tingkatkan Keuntungan Hingga Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Membantu menghasilkan banyak keuntungan dan proses transaksi jadi lebih mudah, berikut ini beberapa manfaat lainnya jika kamu melakukan penjualan bisnis online.

Sejak pandemi COVID-19, bisnis online memang semakin banyak diminati, bahkan mampu menghasilkan lebih banyak keuntungan dari penjualan offline. Tak hanya bagi UMKM, usaha-usaha yang masih berskala menengah, tetapi perusahaan besar pun mengalami peningkatan revenue karena membuka cabang secara online bagi konsumennya. Dan berikut ini beberapa manfaat penjualan bisnis online lainnya yang perlu diketahui. 

Apa Itu Penjualan Bisnis Online?

Penjualan bisnis online memang tidak terbatas pada transaksi jual-beli saja. Pasalnya, di mata pelaku bisnis, penjualan ini akan mencakup berbagai macam aktivitas lebih luas seperti pemasaran, promosi, penambahan stok barang, dan melayani pelanggan yang dimana nantinya kegiatan tersebut dilakukan melalui internet.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan berbagai macam platform untuk penjualan online, seperti media sosial, website, iklan digital, hingga situs jual-beli atau e-commerce. Namun, platform yang paling sering digunakan saat ini adalah media sosial, karena dapat membangun toko online di profil mereka sehingga bukan lagi sekadar tempat promosi atau iklan tetapi juga bisa memperlihatkan katalog layaknya di website e-commerce

Lalu, Apa Saja Manfaat Penjualan Bisnis Online? 

1. Dapat Menampilkan Produk Lebih Detail

Penjualan bisnis  online
Gambar: freepik.com/tirachardz

Manfaat pertama adalah mampu menampilkan produk lebih detail baik itu gambar maupun keterangan informasi seputar produk. Melalui penjualan bisnis online kamu dapat mencantumkan berbagai macam informasi produk seperti variasi ukuran, warna, dan lain-lainnya. Pelanggan pun juga bisa melihat informasi tersebut kapan saja walaupun jam operasional sudah selesai. 

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Online yang Tepat

2. Proses Belanja dan Transaksi Lebih Cepat

Penjualan bisnis online
Gambar: freepik.com/tirachardz

Manfaat kedua adalah proses belanja online dan transaksi dengan aplikasi pembayaran digital memang lebih cepat serta praktis baik bagi pembeli maupun penjual. Hanya dengan melihat data pesanan secara online, kamu selaku penjual bisa langsung melayani pelanggan lebih mudah. Bahkan pesanan yang masuk ke daftar dapat langsung diproses untuk pengemasan dan pengiriman hingga sampai ke tangan pelanggan.

Baca Juga: 7 Strategi Penjualan Online Paling Efektif Meningkatkan Omzet

3. Biaya Promosi atau Iklan Lebih Terjangkau

Penjualan bisnis online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Manfaat ketiga adalah biaya promosi atau iklan digital akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan metode dan strategi pemasaran tradisional. Pasalnya, kamu bisa menyesuaikan biaya iklan sesuai budget bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya. Apalagi iklan online ini dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak audiens sehingga berdampak langsung pada penjualan. 

Baca Juga: 9 Kiat UMKM Sukses di Era Digital

4. Konsumen akan Lebih Fleksibel Ketika Berbelanja

Penjualan bisnis online
Gambar: freepik.com/lifeforstock

Manfaat keempat adalah konsumen akan lebih fleksibel ketika berbelanja. Fleksibilitas inilah yang akan menjadi indikator kepuasan bagi pelanggan. Di mana konsumen bisa membeli produk bisnis milikmu tanpa mengenal batas ruang dan waktu, apalagi jika mereka dalam keadaan mendesak dan harus segera dipenuhi.

5. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas 

Penjualan bisnis online
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Manfaat kelima adalah jangkauan pasar yang lebih luas. Bisnis milikmu akan semakin dikenal luas berkat adanya penjualan online. Bahkan besar kemungkinan bisa mendapatkan konsumen lintas negara. Melalui penjualan bisnis online ini juga kamu bisa membangun brand awareness di daerah atau negara lain. 

Baca Juga: 7 Cara Riset Pasar yang Efektif untuk Pemula

6. Adanya Hubungan Dua Arah dengan Pelanggan

Penjualan bisnis online
Gambar: freepik.com/marymarkevich

Manfaat keenam adalah kesempatan membangun hubungan dua arah dengan konsumen ketika kamu melakukan penjualan bisnis online. Sehingga nantinya kamu akan lebih mudah menawarkan produk atau mengajak mereka kembali berbelanja. Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan testimoni yang berguna bagi pengembangan bisnis.

7. Tersedia Banyak Pilihan Pembayaran untuk Pelanggan

Manfaat ketujuh atau yang terakhir adalah tersedianya banyak pilihan pembayaran untuk pelanggan. Kamu bisa memilih dan mengatur metode pembayaran salah satunya pembayaran qr yang sesuai rekening atau akun yang dimiliki sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. 

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat penjualan bisnis online. Lalu, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan kamu menggunakan sistem digital dalam pengelolaannya dengan menggunakan Youtap POS. Aplikasi point of sales satu ini memiliki beberapa fitur canggih seperti POS Kasir, Cetak Struk Sekali Tap, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Riwayat Transaksi, Analisa Pintar, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, Multi Perangkat Terkoneksi, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Selain itu, kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan aplikasi usaha Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan bisnis terlengkap dan terpercaya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

Banner Download Youtap POS

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang