February 7, 2022

Pentingnya Penggunaan QRIS Bagi Para Pelaku Usaha di Era Digital

Salah satu pembayaran digital saat ini yang mulai banyak digunakan adalah QRIS. Namun, apa itu QRIS dan pentingnya bagi para pelaku usaha?

Saat ini sistem pembayaran digital semakin banyak digunakan khususnya sejak pandemi. Tak hanya mudah dan praktis, pembayaran digital juga dianggap lebih aman. Dan salah satu pembayaran digital paling populer saat ini adalah QRIS. Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu QRIS? Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Penjelasan tentang QRIS 

Melansir dari laman Bank Indonesia (www.bi.go.id), Quick Response Code Indonesian Standard atau sering disebut juga sebagai QRIS dan dibaca KRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Sederhananya, QRIS adalah salah satu upaya standarisasi yang dilakukan Bank Indonesia agar seluruh perusahaan dapat memanfaatkan teknologi finansial atau fintech seperti LinkAja, OVO, GoPay, DANA, dan lain-lainnya. 

QRIS ini sendiri pertama kali diluncurkan oleh Bank Indonesia bertepatan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, pada 17 Agustus 2019 di Jakarta. Dan, mulai QRIS diimplementasikan atau berlaku secara efektif sejak 1 Januari 2020 di seluruh Indonesia. 

Berlakunya QRIS secara aktif membuat semua aplikasi pembayaran domestik maupun asing yang ada di Indonesia wajib mengikuti standarisasi QR Code yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Metode pembayaran digital yang menggunakan QR code inipun membuat semua kegiatan transaksi menjadi lebih cepat, aman, serta mudah.

QRIS
Tampilan QRIS Youtap

QRIS juga membuat seluruh aplikasi pembayaran baik bank dan nonbank dapat digunakan oleh warung-warung, tempat tiket wisata hingga pedagang. Kemudian untuk mengaktifkan sistem pembayaran digital dengan QRIS ini, merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS dan pastikan sudah mendapatkan izin dari BI​. 

Selanjutnya, merchant dapat langsung menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR aplikasi. Lebih praktisnya lagi, apapun alat pembayaran yang kamu miliki, transaksi tetap dapat dilakukan hanya menggunakan pemindaian di satu tempat yang sama. Pemindaian ini dilakukan pada QRIS di merchant yang bekerjasama dengan sebuah program tertentu. 

Baca Juga: 5 Manfaat Melakukan Pembayaran Online Bagi Usaha

Penggunaan QRIS melalui aplikasi Youtap 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pembayaran ke arah digital saat ini memang sedang menjadi tren baru di pasar.  Hal itu pun ternyata membuat Mitufaya segera bergerak mengadopsi teknologi pembayaran digital dengan cara bergabung sebagai merchant Youtap.

Youtap sendiri merupakan sebuah aplikasi usaha yang membantu bisnis Mitufaya dapat menerima beragam opsi pembayaran bisa berupa tunai dan non tunai via mobile banking, bahkan hingga QRIS. Penggunaan platform digital Yotap ternyata juga menambahkan opsi pembayaran bagi para pelanggannya sehingga menjadi pintu peluang bagi Mitufaya untuk menjangkau lebih luas dan banyak.

Testimoni Merchant Youtap tentang QRIS Mitufaya
Testimoni Merchant Youtap, Mila Fatma Owner Mitufaya tentang QRIS

Dirinya menjelaskan bahwa setelah menggunakan aplikasi Youtap untuk melakukan pembayaran digital, semakin banyak pelanggan merekomendasikan Mitufaya ke teman-temannya. 

Melihat pentingnya pemanfaatan teknologi di era seperti sekarang ini, aplikasi usaha Youtap memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha baik UMKM dan enterprise bisnis dengan menyediakan berbagai macam fitur-fitur terlengkap untuk mengelola usahaseperti pencatatan keuangan, penerimaan pembayaran, hingga analisa pintar termasuk aplikasi QRIS.

Download aplikasi Youtap dan gunakan fitur-fitur terlengkap di Google Play Store atau App Store sekarang! Kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi digital terlengkap dan terpercaya. 

CTA banner artikel
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang