Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 1, 2024

10 Tips Belajar Affiliate Marketing untuk Pemula

Jadi strategi pemasaran paling populer karena dianggap lebih efektif meningkatkan penjualan, simak yuk tips belajar affiliate marketing bagi pemula.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Affiliate marketing sendiri merupakan sebuah model bisnis dengan sistem perantara menggunakan jasa seseorang untuk membantu memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Nantinya, orang yang memasarkan produk tersebut akan mendapatkan komisi saat berhasil memenuhi target penjualan. Namun, demi bisa melakukannya tentu tidaklah mudah, jadi simak tips belajar affiliate marketing untuk pemula berikut, yuk. 

Tips Melakukan Model Bisnis Affiliate Marketing untuk Pemula 

affiliate marketing untuk pemula
gambar: freepik.com

1. Pilih Brand Affiliate 

Tips pertama, pilih brand affiliate yang memang sesuai dengan audience-mu. Cobalah untuk berhati-hati dalam menentukan brand affiliate ini, karena akan berpengaruh pada kesuksesan bisnismu kedepannya. Bagi kamu yang masih pemula dalam hal ini, berikut tips memilih brand affiliate: 

  • Temukan brand yang menawarkan program affiliate paling cocok dengan pasarmu. 
  • Pastikan untuk mempelajari dan memahami program-program yang ditawarkan.
  • Kulik lebih dalam informasi yang relevan sebanyak mungkin, seperti komisi hingga ketentuan pembayarannya. 
  • Cari tahu tentang affiliate yang telah bekerja sama dengan brand tersebut. Melalui cara ini, kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi pesaing dan kualitas brand. 

2. Pelajari Tentang Ketentuan dan Syarat

Tips kedua, pastikan untuk mempelajari tentang ketentuan dan syarat affiliate marketing. Jangan sampai tergiur dengan penawaran menarik di awal, tapi pada kenyataannya ada syarat lain yang perlu dicapai.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan Kode Referral untuk Kemajuan Bisnis

3. Pelajari Pembagian Komisi Affiliate

Tips ketiga, cobalah untuk mempelajari pembagian komisi affiliate. Perlu diketahui bahwa affiliate ini dapat dikatakan sukses apabila telah sukses mempromosikan produk atau jasa ke pembeli. Kemudian, program affiliate saat ini menawarkan berbagai jenis komisi, seperti: 

  • Pay Per Click (PPC), dibayar setiap kali pengunjung mengklik salah satu tautan Affiliate yang mengarah ke situs web penjual. 
  • Pay per lead (PPL), membayar Affiliate ketika mereka berhasil mengundang pengunjung untuk mengklik tautan Affiliate sambil melakukan tindakan tertentu seperti daftar akun, survei dan lain-lainnya. 
  • Pay per sale (PPS), dibayar saat mereka berhasil mengundang pengunjung untuk mengklik tautan Affiliate dan menyelesaikan pembelian produk atau layanan.
Baca Juga: 100 Solusi Youtap: Merchant Referral Code Youtap POS

4. Pelajari Produk atau Jasa yang Akan Ditawarkan

Tips keempat, cobalah untuk mempelajari terlebih dahulu produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Ini menjadi bagian paling penting ketika ingin menjadi afiliator agar bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli, sehingga berpengaruh pada peningkatan komisi yang kamu dapatkan. Selain itu, pastikan juga tidak menyebarkan informasi palsu mengenai produk atau jasa yang ditawarkan kepada para pembeli, ya. 

5. Buat Materi Promosi dan Penawaran yang Menarik

Tips kelima, membuat materi promosi dan penawaran yang menarik sebelum menjualnya ke para calon pembeli di pasaran. Pasalnya, dengan memahami sarana periklanan yang tepat untuk suatu produk memang menjadi salah satu cara belajar bisnis affiliate yang paling mudah. Lalu, jangan lupa untuk membuat iklan produk atau jasa di media iklan tertentu, ya. 

BACA JUGA: Pengertian Media Promosi dan Contoh-Contohnya yang Sering Digunakan Oleh Para Pelaku Bisnis

6. Pelajari Kebutuhan Audiens

Tips keenam, ketahui target audiens untuk mencapai sasaran saat menggunakan program Affiliate. Promosikan produk atau jasa dengan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan audiens. Selain itu, pertimbangkan alasan mengapa mereka menjadi pengunjung website atau blog.  

7. Pilih Channel Marketing

belajar affiliate marketing untuk pemula
gambar: freepik.com

Tips ketujuh, pilih channel mana yang akan digunakan untuk melakukan promosi produk. Cobalah untuk memilih channel yang tepat dan merek sendiri sesuai dengan target pasar dan tujuan bisnis. Oleh karena itu, kamu juga perlu membuat website untuk membuat brand semakin kredibel.

8. Pelajari Cara Buat Konten Viral

Tips kedelapan, dengan membuat konten yang viral dapat membantu menaikan target pasar dan audiens yang dimiliki, konten tersebut akan dilihat oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Maka dari itu, pelajarilah cara membuat konten yang viral sesuai dengan algoritma sosial media yang digunakan.

Baca Juga: 6 Tips Promosi Bisnis di TikTok Agar Viral dan Mendapatkan Hasil Maksimal

9. Pelajari Cara Bangun Konten

Tips kesembilan, pelajarilah cara membanun konten yang baik, konten merupakan salah satu media penyebaran tautan Affiliate paling mudah dan efektif yang dapat dilakukan. Tak perlu menggunakan alat-alat mahal untuk membuat konten pada masa kini, cukup gunakan smartphone masing-masing saja dan langsung buat konten yang berkualitas.

10. Pelajari Cara Branding Diri Sendiri

Tips kesepuluh, pelajari cara branding diri sendiri. Personal branding dapat membantu kamu tumbuh sekaligus memperkuat posisi sebagai pemimpin di bidang dan industri. Saat membangun personal branding, jangan mengarang cerita dan membangun merek pribadi berdasarkan esai. Cerita yang disajikan harus asli dan asli. Jika kamu memalsukannya, maka tidak akan dapat terhubung dengan audiens dan merek pribadi tidak akan bertahan lama.

BACA JUGA: Apa Itu Branding dan Tujuan Melakukannya Dalam Bisnis?

Itulah beberapa tips belajar affiliate marketing untuk pemula. Tak hanya sekadar mudah  dilakukan, tapi juga pekerjaan ini lebih fleksibel jam kerjanya dan pendapatan pun terbilang menguntungkan. Oleh karena itulah, segera bergabung jadi afiliator di program Agen Ajak Cuan yuk! Cukup download aplikasi Youtap BOS dan daftarkan dirimu menjadi agen ajak cuan dengan mengikuti step by stepnya. Selamat mencoba dan semangat cari cuan, cuan, cuan!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama