May 9, 2023

Pengertian Media Promosi dan Contoh-Contohnya yang Sering Digunakan Oleh Para Pelaku Bisnis 

Setiap bisnis pasti akan membutuhkan promosi produk untuk memperkenalkannya ke pasaran. Namun, apa itu media promosi dan contoh-contohnya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Setiap bisnis pasti akan membutuhkan promosi produk untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, sudah banyak sekali media promosi online yang bisa kamu gunakan. Bagi kamu yang belum terlalu paham, berikut pengertian media promosi dan contoh-contohnya. 

Pengertian Media Promosi

Media promosi merupakan sebuah sarana yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mengenalkan produk serta layanan jasa kepada calon atau target konsumen di pasar. Media promosi ini yang berperan untuk memberikan gambaran terkait produk dan jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis. 

Promosi sebenarnya dilakukan agar konsumen dapat mengenali dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi, agar bisa menjalankan strategi pemasaran yang efektif, kamu harus menggunakan media promosi yang tepat. 

Contoh-Contoh Media Promosi yang Umum Digunakan

Seperti yang kita tahu hingga saat ini ada banyak sekali media promosi yang bisa dilakukan baik secara offline maupun online. Dan berikut ini beberapa contoh media promosi: 

1. Media Promosi Brosur

media promosi
Gambar: freepik.com

Brosur adalah salah satu media promosi offline yang hingga saat ini masih sering digunakan. Tujuan dari media promosi yang satu ini untuk memberikan edukasi lebih jelas dan rinci kepada target konsumen. 

2. Contoh Media Promosi Email

Kemudian, penggunaan email juga jadi salah satu media promosi di era digital saat ini. Sebab banyak email yang dikirimkan kepada para konsumen lama maupun baru untuk memberikan pendekatan lebih personal. Tak hanya itu saja, strategi promosi ini dapat menarik perhatian konsumen untuk mengenali produk sehingga membantu meyakinkan mereka untuk  membelinya. 

Baca juga: 6 Cara Jitu Menarik Customer Baru yang Wajib Diketahui

3. Media Promosi Online

Promosi online juga salah satu yang sering digunakan oleh pelaku bisnis saat ini karena paling efektif. Misalnya saja dengan menggunakan Facebook, Instagram, TikTok, Twitter dan lain-lainnya. Tetapi banyak pelaku bisnis saat ini yang lebih sering menggunakan Instagram sebagai media promosi.

Melalui media promosi online, tentu jangkauan pasarnya akan lebih luas, sehingga membantu mendapatkan konsumen baru. Pada dasarnya, media promosi online memang tidak memiliki batasan area dalam membidik target konsumen yang diinginkan.

4. Merchandise

media promosi
Gambar: freepik.com

Ide menarik lainnya yang juga sering digunakan sebagai media promosi adalah merchandise atau souvenir. Seringkali beberapa perusahan menggunakan strategi ini saat mengadakan acara atau event tertentu.

Jadi, merchandise atau souvenir khusus tersebut akan diberikan pada para pengunjung event yang beruntung. Sehingga tidak hanya menarik perhatian dari target konsumen di sekitarnya, tetapi juga memberikan informasi secara akurat mengenai produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis. 

5. Media Promosi Video

Terakhir, menggunakan video untuk media promosi. Pasalnya, promosi menggunakan video saat ini lebih efektif karena masyarakat akan melihat produk secara langsung dan penggambarannya pun lebih nyata. 

Bahkan, banyak pengguna Youtube yang memanfaatkan konten video mereka untuk mempromosikan sesuatu. Sehingga tidak heran jika mulai banyak perusahaan atau pebisnis yang melirik penggunaan video melalui Youtube. 

Itulah pengertian dan contoh-contoh media promosi yang saat ini paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis. Promosi sendiri dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa bisnis pada masyarakat, hingga mereka tertarik untuk mencoba dan membelinya langsung. 

Namun selain strategi promosinya, kamu juga harus memperhatikan pengelolaan bisnis agar bisa berjalan lancar dan sukses, yaitu dengan menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital. Pasalnya, dengan Youtap POS ini kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama