September 21, 2022

3 Keuntungan Menggunakan Kode Referral untuk Kemajuan Bisnis

Sudah mulai banyak pelaku bisnis menggunakannya untuk menambah jangkauan pelanggan di pasar, dan berikut beberapa keuntungan lain kode referral untuk kemajuan bisnis. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Dalam berbisnis, menjaga retensi pelanggan memang sangatlah penting. Hal ini sangat berlaku baik untuk pelanggan lama dan juga baru. Kemudian, salah satu cara yang yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mendorong upaya tersebut adalah menawarkan sistem kode referral. 

Bagi yang belum terlalu paham akan hal ini, sistem kode referral sendiri adalah sebuah program yang mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Kode ini mampu memberikan berbagai macam penawaran menarik untuk mereka yang telah menjadi anggota atau komunitas bisnis serta memiliki loyalitas. Lebih lengkapnya, berikut beberapa keuntungan menggunakan kode referral bagi kemajuan bisnis. 

Keuntungan Menggunakan Kode Referral untuk Bisnis

keuntungan menggunakan kode referral
gambar: freepik.com

Kode referral adalah sebuah kode unik yang memiliki sistem rantai, dimana pelanggan lama akan mengajak pelanggan baru, Lalu, pelanggan baru akan mengajak pelanggan baru lainnya hingga memiliki jangkauan sangat luas. Tak hanya sekadar membagikan saja, tetapi ada juga beberapa keuntungan kode referral berikut:

1. Membantu meningkatkan kepuasan pelanggan

Ketika ada penawaran hadiah menarik ketika berbelanja, para pelanggan pun akan merasa senang dan juga puas, bukan? Hal itu pun sebenarnya sama halnya dengan menggunakan sistem kode referral yang menjadi salah satu cara untuk memberikan berbagai macam penawaran menarik seperti voucher, diskon, reward poin dan lain-lainnya. 

Kode referral ini tidak hanya memuaskan pelanggan baru saja, tetapi juga untuk pelanggan lama maupun komunitas bisnis, lho. Pasalnya mereka akan mendapatkan berbagai macam penawaran setelah berbelanja di toko milikmu. 

Kemudian, penawaran kode referral ini juga mampu menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap produk sehingga mampu mendorong kemajuan bisnis. 

2. Memberikan Keuntungan untuk Pelanggan Lama dan Baru

Seperti yang kita tahu, kode referral ini adalah kode unik yang dapat dibagikan kepada orang lain. Nantinya kode unik ini akan gunakan untuk mendaftar program dari bisnis yang ditawarkan.

Jika, kode unik yang kamu bagikan berhasil digunakan oleh orang lain, maka pihak bisnis akan memberikan tawaran menarik atau reward khusus. Tak hanya itu saja, orang baru yang mendaftar juga akan mendapatkan reward atau tawaran menarik lainnya. 

3. Meningkatkan Brand Awareness 

keuntungan menggunakan kode referral
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Keuntungan terakhir, dapat membantu bisnis meningkatkan brand awareness. Hal tersebut dapat terjadi karena sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kode referral ini dapat dibagikan kepada orang lain termasuk pelanggan lama dan baru. 

Di mana nantinya dengan cara saling membagikan kode referral tersebut artinya kamu mengajak banyak orang untuk bergabung menjadi keanggotaan. Tanpa disadari, melalui kode referral tersebut akan membuat semakin banyak pelanggan baru bergabung.

Selain itu, dengan adanya kode referral pelanggan lama akan mendapatkan keuntungan tambahan dari hasil mengajak pelanggan baru untuk bergabung. Hal ini tentu mampu mendorong bisnis milikmu dikenal oleh banyak orang dengan jaringan lebih luas dan cepat.

Jadi, kode referral ini tidak hanya sekadar mempermudah transaksi pelanggan ketika berbelanja tetapi juga memiliki beberapa keuntungan lain untuk bisnis saat digunakan. Melalui kode referral kepuasan pelanggan tentu akan meningkat karena adanya berbagai penawaran menarik seperti diskon dan voucher. Kemudian, juga membantu meningkatkan brand awareness agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

Lalu, apabila semakin banyak pelanggan mengikuti program keanggotaan bisnis dengan menggunakan kode referral, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan dan mengumpulkan data. Nantinya data-data tersebut dapat digunakan untuk analisis dalam penyusunan strategi pemasaran.

Namun selain menggunakan kode referral, pastikan juga untuk memaksimalkan aplikasi Point of Sales dalam melakukan kegiatan bisnis, ya. Salah satu aplikasi terbaik yaitu Youtap POS yang sudah menyediakan berbagai macam fitur untuk membantu mengelola bisnis agar lebih efektif dan efisien.

keuntungan menggunakan kode referral
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama