Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 22, 2022

Apa Itu Referral Marketing dan Jenis-Jenisnya?

Salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan saat ini adalah referral marketing. Dan berikut ini penjelasan mengenai pengertian serta jenis-jenis referral marketing. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan saat ini adalah referral marketing. Pasalnya dengan referral marketing ini akan sangat membantu kamu mendapatkan pelanggan baru dan jangkauannya pasarnya pun jauh lebih luas. Berikut ini pengertian referral marketing lebih lengkapnya. 

Pengertian Referral Marketing

referral marketing
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa kata referral ini sebenarnya sering digunakan untuk bisnis online dengan paid per click atau biasa disebut sebagai PTC. Biasanya, PTC sendiri sering digunakan untuk melakukan promosi dalam sebuah website dalam bentuk text link, banner maupun kode script.

Jadi, referral marketing adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen dengan cara merekomendasikan produk melalui kode tertentu. Tentu saja, ada banyak faktor yang memengaruhi konsumen hingga akhirnya mereka bersedia menjadi promotor untuk suatu produk maupun layanan tertentu. Faktor paling umum banyak orang ingin menjadi promotor karena mereka termotivasi dengan reward atau insentif dari perusahaan jika melakukan referral marketing. 

Jenis-jenis referral marketing

Dalam dunia PTC atau referral, ada beberapa macam yang digunakan untuk mempromosikan suatu brand. 

1. Direct Referral

Jenis direct referral ini merupakan proses untuk mendaftar pada website tertentu menggunakan link yang telah diberikan kepada orang lain. Dalam melakukannya kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya apapun, karena sistem dapat bekerja secara otomatis. 

Keuntungan-keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan referral ini adalah pengguna dapat menghapus link apabila sudah tidak lagi memberikan pemasukan atau insentif. Kemudian, pemilik referral tidak perlu repot, karena sistem otomatis yang dimiliki oleh direct referral.

2. Rented Referral

Sesuai dengan namanya, referral sewa atau rented referral ini diperuntukan untuk orang yang ingin menjadi member. Caranya cukup mendaftarkan diri di situs PTC tertentu tanpa harus menjadi referral orang lain. 

Lebih menguntungkannya lagi, nanti pemilik situs akan menyewakan referral tersebut kepada member yang ingin menyewa tentu ada harga tertentu yang harus dibayarkan.

Namun, bagi kamu yang tertarik menggunakan rented referral ini sebaiknya gunakanlah dan kelola sebaik mungkin agar mendapat balik modal atau keuntungan maksimal.

Baca juga: Affiliate Program Youtap, Cara Jitu Berlimpah Komisi

Lalu, apa itu Kode Referral?

referral marketing
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sudah dijelaskan singkat sebelumnya, bahwa kode referral adalah sebuah instrumen promosi atau strategi marketing seperti referral marketing. 

Lalu, pada saat melakukan referral marketing biasanya kamu akan diberikan kode tertentu yang terdiri dari kombinasi unik angka maupun huruf atau bahkan bisa keduanya. Tujuan dari kode ini untuk dapat mengidentifikasi referral member lain dalam program referral marketing. Kode referral ini umum digunakan oleh perusahaan agar dapat mengiklankan produk atau jasanya melalui media sosial. Di mana pelanggan akan lebih mudah mencari produk atau jasa yang diinginkan hanya dengan klik kode referral tersebut, kemudian juga bisa mendapatkan potongan harga. 

Sederhananya, kode referral ini adalah salah satu teknik marketing yang memberikan keuntungan pada pelanggan apabila para promotor berhasil memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Caranya adalah dengan meminta orang lain untuk memasukan kode referral milikmu ketika orang tersebut menjadi pelanggan baru.

Itulah pengertian referral marketing, di mana ini adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen dengan cara merekomendasikan produk melalui kode tertentu. Referral marketing ini sendiri biasanya dilakukan dengan berbagai macam jenis menggunakan kode referral khusus dari perusahaan, sehingga bisa terlihat secara rinci arus orang-orang yang tertarik dan tidak. 

Namun strategi lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah membuat seluruh sistem bisnis menjadi lebih mudah dikelola dengan Aplikasi Youtap, karena bisa beroperasi di mana saja dan kapan pun. Lebih lengkapnya, kamu bisa dapatkan informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama