November 15, 2021

8 Inspirasi Usaha Untung Besar yang Patut Dicoba

Delapan inspirasi usaha berikut ini kami pilihkan untuk Anda pertimbangkan. Berbagai pengalaman dalam membangun usaha yang mendatangkan untung besar

Inspirasi usaha bisa datang darimana saja dan siapa saja. Namun apapun inspirasi yang datang, poin terpentingnya adalah keberanian untuk mencoba.  Delapan inspirasi usaha berikut ini tim Youtap pilihkan untuk menjadi pertimbangan Anda sebelum mulai usaha. Berbagai pengalaman dalam membangun usaha yang mendatangkan untung besar dan masih berjalan sampai saat ini, patut menjadi referensi dan motivasi bagi Anda. 

1. Inspirasi Usaha dari Susi Pudjiastuti

Jika kesuksesan dinilai dari gelar atau status pendidikan, maka hal itu tak berlaku pada seorang pengusaha wanita sukses yang pernah diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti. Meski tidak tamat SMA, namun pengusaha wanita ini memberikan inspirasi usaha kepada banyak orang terutama kaum wanita.  

Susi Pudjiastuti
(Gambar: Tirto)

Memulai usaha dari nol sebagai pedagang pakaian dan bed cover, Ibu Susi kemudian berhasil menangkap peluang usaha perikanan yang berada di lingkungan tempat tinggalnya di Pangandaran Ciamis Jawa Barat. Bermodal awal Rp 750 ribu dari hasil penjualan perhiasan koleksinya, ia pun memulai bisnis perdagangan ikan yang diperoleh dari tempat pelelangan ikan ke sejumlah restoran. 

Siapa sangka bisnis tersebut berkembang pesat hingga akhirnya mencapai level ekspor ikan dan lobster. Agar pengiriman ikan berjalan cepat maka digunakan pesawat terbang. Dari situ kemudian ia mendirikan maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter. Cukup menginspirasi bukan? 

Baca Juga : Kontribusi Youtap, Bangun Ekosistem Digital Usaha Terbesar di Indonesia

2. Inspirasi Usaha seputar Hobi Olahraga 

Selama masa pandemi Covid 19 ini banyak orang mengalami kebosanan berada di rumah. Selain itu, kurangnya bergerak dan beraktivitas menyebabkan kondisi tubuh semakin jauh dari sehat dan bugar. Oleh karena itu membuka usaha Fitness Centre bisa Anda pertimbangkan.  Pemasukan utama dari bisnis kebugaran ini berasal dari jumlah orang yang datang bergabung sebagai member di fitness centre Anda. Biaya untuk menjadi member berkisar Rp100 ribu – Rp400 ribu per bulan, tergantung fasilitas tempat dan peralatan yang disediakan.  

Selain fitness centre, inspirasi usaha dari hobi olahraga yang dapat Anda pertimbangkan adalah membuka toko perlengkapan olahraga, jualan jersey asli dan pernak-pernik souvenir klub-klub sepakbola dunia, mengadakan event olahraga, jualan tiket pertandingan olahraga, membuat media konten tentang olahraga, dan lain-lain.   

3. Inspirasi Usaha Kuliner khas Negara Lain 

Inspirasi usaha kuliner yang berasal dari makanan khas negara lain ternyata juga sukses di Indonesia. Salah satunya adalah makanan kebab asal Turki yang dipasarkan oleh Kebab Baba Rafi sejak tahun 2007. Bisnis kuliner dengan modal kecil ini diwaralabakan oleh seorang anak muda bernama Hendy Setiono hingga ribuan outlet Kebab Baba Rafi kini tersebar di Indonesia, Malaysia, China, Filipina, dan Sri Lanka. 

Hendy Setiono Founder Kebab Baba Rafi
Hendy Setiono sebagai Founder Kebab Baba Rafi

Inspirasi usaha kuliner lainnya yang dibawa dari luar negeri adalah minuman kekinian boba. Minuman teh yang dimodifikasi dengan boba ini awalnya dijual di sebuah kedai teh di Taiwan. Sekarang boba telah mendunia. Jadi, tak ada salahnya jika Anda suka jalan-jalan keliling dunia, cobalah  amati street food yang laris di negara-negara tujuan wisata yang Anda kunjungi. Siapa tahu bisa dipasarkan di Indonesia juga. 

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

4. Inspirasi  Usaha  Coworking Space

Coworking space adalah usaha di bidang penyewaan ruang kerja, berbagi ruang kerja, secara fisik dan virtual.  Ide tersebut berawal dari WeWork, perusahaan startup asal New York Amerika Serikat, sejak tahun 2010. Konsep ini telah berkembang ke berbagai negara termasuk Indonesia.  

Konsep ini makin diterima oleh banyak pekerja freelancer, perusahaan-perusahaan rintisan, yang mencoba melakukan penghematan biaya dengan cara berbagi ruang kerja dalam coworking space ini. Selain lebih murah dan praktis, pilihan ini juga memungkinkan terjadinya pertukaran informasi proyek ataupun pekerjaan diantara sesama pemakai Coworking Space. Inspirasi usaha ini merupakan solusi mengatasi tingginya harga sewa properti untuk ruang kantor.

5. Inspirasi Usaha Toko Swalayan dari Bob Sadino 

Toko swalayan pertama di Indonesia yang menjual telur, daging, sayuran, dan buah-buahan yang masih dalam kondisi segar adalah Kem Chicks. Inspirasi usaha menjual produk usaha bidang pertanian dan peternakan tersebut diwariskan dari Bob Sadino. Almarhum Bob yang kemana-mana selalu pakai celana jeans pendek dikenal sebagai salah satu legenda di dunia usaha.

Bob Sadino
Bob Sadino kembangkan bisnis toko swalayan, Kem Chicks.

Resign dari pekerjaan sebagai karyawan perusahaan, Bob mulai merintis usaha penyewaan mobil. Dia sendiri yang menjadi pengemudi mobil satu-satunya yang disewakannya itu. Namun karena terjadi kecelakaan, bisnis itu berhenti. Selanjutnya ia bekerja sebagai kuli bangunan dengan upah harian untuk menghidupi keluarga.  Saat menjadi kuli bangunan itulah terbersit sebuah peluang yang memberikan inspirasi usaha padanya. Yakni usaha  ternak ayam dan telur ayam negeri. Bermodal pinjaman dari tetangga, usaha telur ayam ini dirintis.

Bob sendiri yang menawarkan secara  door to door produk dagangannya kepada konsumen di sekitar tempat tinggalnya di Kemang Jakarta Selatan. Tak disangka, bisnis ini kemudian hits dan berkembang hingga akhirnya menjadi sebuah toko swalayan Kem Chicks. Kini toko tersebut tersebar di berbagai tempat di Jakarta. 

6. Inspirasi Usaha Membuat Platform Penyewaan drone

Makin besarnya kebutuhan akan video atau footage yang menampilkan objek yang direkam dari atas langit dengan menggunakan drone dapat menjadi inspirasi usaha selanjutnya.  Pesawat tanpa awak yang dilengkapi kamera high definition tidak perlu dibeli jika hanya digunakan sekali saja. Platform yang mempertemukan antara pemilik drone dengan konsumen yang ingin menyewa drone tentunya dibutuhkan saat ini. 

Oleh karena itu, platform teknologi yang menghubungkan antara pemilik drone yang mau menyewakan peralatannya kepada masyarakat tentunya akan menjadi platform yang menarik untuk dirintis. Mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, pengembang properti, serta para pekerja kreatif akan membutuhkannya. Selain itu, penyewaan action cam juga bisa menjadi inspirasi usaha. 

7. Inspirasi Usaha untuk Keperluan Youtuber

Platform berbagi video Youtube merupakan sebuah peluang usaha yang juga sangat menjanjikan. Tak heran bila banyak anak muda sejak usia remaja telah bertekad untuk menjadi seorang Youtuber. Namun sayangnya, peralatan dan studio yang dipakai masih banyak yang tidak memenuhi standar audio visual yang layak. 

Masalah yang dihadapi oleh para Youtuber pemula tersebut bisa menjadi inspirasi usaha yang patut Anda pertimbangkan. Misalnya dengan membuka usaha berbagi ruang studio untuk para Youtuber melakukan rekaman video di dalam studio. Modal yang dibutuhkan adalah ruangan studio, dan seperangkat peralatan rekaman berupa kamera, lighting, mic perekam suara, komputer, serta dekorasi green screen

Baca Juga: Top 10 Bisnis Waralaba Kopi

8. Usaha Waralaba atau Franchise

Jika inspirasi usaha di atas masih belum juga meyakinkan Anda untuk merintis sebuah usaha, tak ada salahnya untuk mencoba usaha yang sudah ada yang diwaralabakan. Sistem franchise ini telah digunakan untuk berbagai jenis usaha. 

Demikianlah 8 inspirasi usaha yang berpotensi menghasilkan untung besar yang patut Anda pertimbangkan. Gunakan aplikasi usaha Youtap dalam mengelola usaha agar dapat mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. 

Youtap tak hanya digunakan untuk mengelola bisnis online, namun juga untuk semua bisnis yang Anda rintis dan kembangkan. Mulai dari bisnis ritel, toko kelontong, restoran, kafe, barbershop, dan lain-lain bisa dikelola secara online melalui aplikasi usaha Youtap. Yuk, download aplikasi Youtap di Google Play Store atau Apps Store.

CTA Banner Artikel

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang