November 11, 2021

Kontribusi Youtap, Bangun Ekosistem Digital Usaha Terbesar di Indonesia

Youtap berkontribusi dalam membangun ekosistem digital usaha terbesar di Indonesia, simak wawancara Herman Suharto CEO Youtap Indonesia bersama DetikCom!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Dunia teknologi yang kini semakin berkembang pesat tentu membuat banyak pelaku usaha harus mulai beradaptasi dengan tren baru. Dan salah satu solusi digital terbaik saat ini yang digunakan oleh semua bisnis dan perusahaan yang termasuk UMKM adalah aplikasi Youtap.  Lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lengkap aplikasi Youtap. 

Siapa Youtap Indonesia?

Seperti dilansir dari DetikCom yang telah melakukan sesi wawancara khusus bersama CEO Youtap Indonesia, Herman Ersa Suharto mengatakan bahwa saat ini Youtap memang memiliki fokus untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha. 

"Sebagai merchant centric company, kami terus menghadirkan solusi bisnis untuk pelaku usaha berkembang. Kami juga terus berkembang dan membangun ekosistem digital terbesar untuk pelaku usaha Indonesia dengan cara menghubungkan pelaku usaha bersama mitra strategis maupun antar pelaku usaha lainnya," jelasnya pada Selasa (2/11/2021).

Youtap juga berhasil menghadirkan dua solusi terbarunya untuk pelaku usaha, yaitu Belanja Stok dan PHP. Tujuan dari kedua fitur tersebut agar para pelaku usaha mampu meraih peluang yang lebih besar dengan kondisi pasar saat ini. 

Layanan Aplikasi Youtap dan Manfaatnya

Secara umum, aplikasi usaha Youtap membantu pengelolaan penjualan, mulai dari input produk, melihat analisa penjualannya, hingga pembayaran cashless non-tunai. Hingga saat ini, Youtap juga mengembangkan layanan dengan menggunakan Tablet Usaha dan Portal Usaha. Adanya layanan terbaru tersebut tentu membuat Youtap semakin berkembang dan membangun ekosistem digital terbesar untuk pelaku usaha Indonesia.  Melalui ekosistem digital tersebut, Youtap mempermudah para pelaku usaha agar dapat terhubung dengan mitra strategis maupun antar pelaku usaha lainnya.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Youtap dapat melakukan pembayaran cashless, jadi kamu dapat membayar barang belanjaan dengan Bank Mandiri, LinkAja, Shopee Pay, dan masih banyak pilihan lain. 

Pada dasarnya, Youtap sudah terhubung ke semua e-money dan m-banking, namun juga sudah terhubung dengan beberapa finansial institusi seperti Kredivo dan Koinworks. Dengan adanya sistem pembayaran yang beragam tersebut, secara otomatis Youtap bisa memberikan financing service terbaik agar bisa dipakai oleh merchant.

Layanan Youtap telah diaplikasikan oleh McDonald’s

Baik skala bisnis kecil hingga besar, kini sudah banyak yang menggunakan dan mempercayai Youtap dalam mengelola kegiatan usaha mereka. Salah satu layanan Youtap juga sudah diadopsi oleh merchant atau pelaku usaha di skala enterprise besar seperti McDonald's. Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk membantu layanan pembayaran. 

Contohnya penggunaan aplikasi usaha Youtap untuk McDonalds yaitu untuk support layanan drive thru. Tak hanya itu saja, perusahaan layanan healthcare juga sudah ada yang menggunakan Youtap, seperti Bumame.

Fitur Terbaru Aplikasi Usaha Youtap

Selain beberapa layanan fitur yang telah dijelaskan sebelumnya, kini juga hadir Pesan dari HP  atau PHP.  Fitur PHP ini berfungsi untuk merchant agar bisa menawarkan pada pelanggannya terkait dengan order dari e-menu melalui handphone (HP). Setelah bayar, barang bisa langsung diantar atau pick up serta juga makan di tempat.

Jadi dari solusi-solusi usaha tersebut, Youtap sangat berusaha memberikan fasilitas bagi para pelaku usaha untuk terus mengembangkan layanannya. Layanan aplikasi ini diperuntukkan bagi para big enterprise maupun UMKM. Inovasi yang diberikan juga berdasarkan riset, agar solusi yang dihadirkan Youtap tepat guna.

Pada awalnya aplikasi Youtap ini bergerak di bidang apa?

Perlu diketahui bahwa pada awalnya usaha Youtap ini membantu mendigitalisasi cashless payment di McDonald's. Berawal dari situlah, kemudian baru melebarkan solusi ke seluruh merchant UMKM dengan menggunakan aplikasi usaha. 

Sistem Kerja Fitur PHP dan Belanja Stok di Youtap 

Di Youtap ada beberapa interface yang bisa dipakai oleh mitra merchant. Pertama, Aplikasi Usaha yang merupakan mobile app. Caranya pun cukup mudah dengan download dan aktivasi, kemudian merchant sudah bisa langsung pakai aplikasinya.  Selain itu juga ada penggunaan Tablet Usaha yang lebih advance menggunakan iPad atau Android tablet. Biasanya tablet ini digunakan oleh skala kecil menengah karena tokonya memiliki kasir. Terakhir, juga ada Portal Usaha yang fungsinya memonitor penjualan.

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu kebutuhan seorang pelaku usaha adalah melakukan stok barang untuk penjualan, namun biasanya biasanya hal ini akan membutuhkan seseorang untuk berbelanja. Tentu dalam mencari solusi terbaiknya, harus ada sumber dari distributor maupun belanja grosiran. Dan Youtap kini mampu memberikan fasilitas tersebut dengan fitur terbaru Belanja Stok, di mana para pelaku usaha tidak perlu lagi kesulitan melakukannya. 

Dengan layanan Belanja Stok yang dapat diakses melalui portal usaha, para merchant bisa mendapatkan berbagai produk yang dijual oleh Youtap. Caranya pun cukup mudah dengan buka halaman dari browser, pilih produk sesuai kebutuhan, bayar secara cashless, dan nanti akan dikirim ke alamat tujuan. Beda dengan Belanja Stok, fitur PHP ini bisa menjadi solusi e-menu. Jadi, merchant dapat menawarkan ke pelanggannya untuk melakukan pemesanan hanya dengan melalui e-menu, bayar dan langsung diantarkan barangnya oleh merchant. Solusi digital usaha seperti ini bisa dikembangkan untuk pelaku usaha big enterprise maupun UMKM.

Bagaimana Cara UMKM bergabung dengan Youtap?

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Youtap di Google Play Store atau Apps Store. Apabila sudah terdaftar dan ingin mendapatkan benefit seperti menerima pembayaran QR, kamu harus verifikasi data terlebih dahulu sesuai standar aturan Bank Indonesia (BI). 

CTA Banner Artikel

Proses Verifikasi di Aplikasi Usaha Yotap

Apabila sudah terdaftar, kamu bisa segera lakukan verifikasi untuk bisa mendapatkan beberapa fasilitas Youtap. Caranya cukup kirim foto tokonya saja. Proses verifikasi ini juga bisa dibilang paling cepat karena hanya dalam satu jam. Apabila sudah ada keterangan verified, maka merchant  bisa pakai aplikasi, baik di mobile atau tablet. Yang terpenting, daftar dan running usaha di aplikasi Youtap dilakukan secara gratis tanpa syarat dan biaya, baik untuk tablet maupun aplikasi. 

Kemudian untuk beberapa segmen, ada layanan add on. Pada bagian inilah yang akan dikenakan biaya tersendiri. Package yang dihadirkan pun cukup kompetitif karena disesuaikan dengan kebutuhan merchant.

Perkembangan UMKM setelah Gabung bersama Youtap 

Melansir penjelasan dari detikcom, melalui sebuah wawancara khusus dijelaskan bahwa berdasarkan data year to date, dibandingkan dengan 2020 kemarin, saat ini tahun 2021 pertumbuhannya hampir mencapai 400 persen. Dilihat dari data beberapa region atau wilayah, pertumbuhannya juga memuaskan. Di Jakarta, terjadi pertumbuhan hingga 2 kali, Jawa Timur (Jatim) 3 kali, Jawa Tengah (Jateng) 2 kali, Jawa Barat (Jabar) 2 kali, bahkan Sumatera hingga 30 kali.  Sehingga, dapat dikatakan bahwa adanya keunikan masing-masing di setiap region atau wilayah. 

Dan secara keseluruhan, pertumbuhan Youtap meningkat hingga 374 persen. Kemudian jika dilihat dari sisi merchant, pertumbuhannya pun naik sebesar 14 kali lipat dibandingkan year to date tahun lalu. Saat ini aplikasi usaha Youtap sudah tersebar di 510 kota dan kabupaten. Jumlah UMKM yang terdaftar pun sudah lebih dari 200 ribu. 

Adapun puluhan merchant dari big enterprise yang sudah mengadopsi layanan Youtap. Beberapa enterprise partner yang saat ini terhubung dengan Youtap adalah McD, Hero, Domino Pizza, Bumame, ACT, dan beberapa online merchant penyedia game. Beberapa layanan tersebut digunakan untuk membantu transaksi non-tunai mereka.

Berapa Valuasi Youtap, dan Kapan Targetnya menjadi Unicorn?

Fokus perusahaan Youtap bukanlah pada valuasi melainkan untuk terus menghadirkan solusi digital dan mendorong adopsi digital bagi pelaku usaha di Indonesia, baik UMKM maupun enterprise agar pemulihan ekonomi segera tercapai.

Sumber: https://finance.detik.com/wawancara-khusus/d-5792901/kepak-sayap-bisnis-salim-group-dulu-mie-instan-kini-fintech/1

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama