April 15, 2020

Pandemi COVID-19, Transaksi Nontunai McDonald's Naik 4 Kali Lipat

Bersama solusi digital untuk enterprise dari Youtap, terjadi peningkatan signifikan transaksi nontunai McDonald's pada layanan drive thru.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Youtap Indonesia telah mengembangkan solusi digital untuk McDonald’s Indonesia, yang sudah terintegrasi dengan beberapa penerbit uang elektronik seperti LinkAja dan ShopeePay dan juga dengan aplikasi reward Cashbac.

 

Melalui Youtap ini transaksi nontunai McDonald's yang berada di layanan Drive-Thru mengalami kenaikan hingga empat kali lipat.

 

Direktur IT dan Keuangan McDonald’s Indonesia Yanti Ladwijaja mengatakan, melalui layanan ini menjadi salah satu metode transaksi yang sangat aman digunakan apalagi di saat pandemi Covid-19.

 

Solusi digital nontunai dari Youtap sangat mendukung inisiatif non tunai kami dan memberikan keleluasaan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran. Dengan transaksi yang cepat dan aman melalui solusi Youtap ini, kami juga melihat kenaikan yang signifikan untuk penggunaan non tunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (15/4/2020).

 

Berdasarkan data yang tercatat oleh Youtap Indonesia, kenaikan pada transaksi nontunai pada layanan drive-thru McDonald’s ini mulai terjadi semenjak minggu pertama pengumuman pandemi.  Saat ini naik hingga 4 kali lipat dengan rata-rata nilai transaksi hariannya naik hingga sekitar 170 persen.

 

Yanti mengatakan, saat ini McDonald’s telah menitikberatkan pada layanan McDelivery, drive-thru dan take-away yang semuanya tanpa kontak langsung.

 

"Hal ini untuk mendukung langkah pemerintah dalam melakukan social distancing guna mencegah laju penyebaran Covid-19," katanya.

 

Sementara itu, CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengatakan pihaknya sangat mengedepankan layanan yang harus selalu tersedia dengan baik. Bahkan dengan diberlakukannya status PSBB di beberapa kota dikarenakan pandemi ini, tim Youtap Indonesia harus tetap memberi dukungan penuh, termasuk untuk penambahan pembayaran lainnya di McDonald’s dalam waktu dekat.

 

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk mendukung mitra kami, McDonald’s Indonesia dalam melayani konsumennya dan mendukung Indonesia untuk melewati masa pandemi Covid-19 ini," kata dia. Sebelumnya, Youtap juga mencatat adanya kenaikan transaksi nontunai pada merchant-merchant lainnya di seluruh Indonesia hingga 129 persen, menyusul perubahan kebiasaan konsumen yang lebih memilih pembayaran nontunai di masa pandemi Covid-19.

 

Herman menyebutkan, Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada banyak entitas bisnis. Sebagai salah satu langkah preventif, Youtap terus melakukan edukasi kepada merchantnya untuk program Bersih, Sehat, Aman: menjaga kebersihan, social distancing, dan bertransaksi dengan non-tunai.

 

"Kami pun mulai mengedukasi bagi merchant UMKM untuk memberikan layanan pesan antar dengan transaksi nontunai. Ini adalah momentum kita untuk mendorong adopsi transaksi digital yang nyaman dan aman," pungkasnya.

Artikel ini telah dimuat di Kompas.com

Tautan lainnya: Republika.co.id, Tek.id, Katadata.co.id, Travelmaker.id, Gatra.com, Tempo.co, Bisnis.com, Wartaekonomi.co.id, Tribunnews.com, Kumparan.com, Marketing.co.id, Swa.co.id, Kontan.co.id, Line Today, Dream.co.id

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama