September 29, 2021

Program Kasir Gratis, Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

Program kasir gratis kini banyak ditawarkan sebagai solusi dalam mengelola usaha Anda. Pemilik toko kelontong, warung, rumah makan, ataupun toko material

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Program kasir gratis kini banyak ditawarkan sebagai solusi dalam mengelola usaha Anda. Pemilik toko kelontong, warung, rumah makan, ataupun toko material, memerlukan program kasir untuk mencatat setiap transaksi penjualan barang. Bila Anda mempunyai beberapa cabang toko atau outlet, menjual ratusan hingga ribuan item produk, menerima pembayaran non tunai, cetak struk belanja, mengelola database persediaan barang, tentunya Anda  tak ingin kehilangan waktu terlalu banyak untuk mengerjakannya secara manual.   

Bertahan dengan mesin cash register dan kalkulator dalam mencatat transaksi perdagangan di toko tentu melelahkan dan merepotkan. Pertanyaannya, apa nggak capek menggunakan kalkulator dan menghafal kode barang dalam mencatat setiap transaksi penjualan? Yakinlah akan akurat hasil penghitungannya bila ada ratusan transaksi setiap harinya? Bagaimana pula jika Anda mengelola beberapa cabang toko ? 

Pertanyaan di atas kerap menyelimuti pikiran para pemilik usaha ritel, restoran, maupun warung. Pada dasarnya penghematan waktu kerja dan laporan transaksi dagang yang akurat adalah yang diinginkan oleh setiap pedagang dalam mengelola usahanya. Namun dengan mengerjakan pencatatan transaksi penjualan secara manual, maka waktu kerja yang dibutuhkan akan menjadi lama.  

Sementara itu, banyak pemilik usaha  yang menyerahkan urusan operasional tokonya kepada karyawan. Terlampau riskan rasanya, bila transaksi penjualan dicatat secara manual. Kesalahan dalam menghitung transaksi penjualan kemungkinannya cukup besar.  Oleh karenanya, untuk meminimalisir kesalahan tersebut, diperlukan program kasir yang terintegrasi dan dijalankan oleh komputer. 

Baca Juga : 6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan

Program kasir adalah aplikasi khusus yang berbasis cloud yang dapat digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan. Program kasir dapat dibuat dalam sebuah software yang diinstal ke komputer. Para pembuat program kasir biasanya menawarkan  versi gratis dan versi premium kepada Anda. 

Berikut ini kekurangan dan kelebihan dari program kasir gratis. 

Kekurangan Program Kasir Gratis

1. Jumlah transaksi terbatas

Setiap program dan aplikasi yang ditawarkan secara gratis memiliki keterbatasan dibandingkan dengan aplikasi premium atau berbayar. Salah satu keterbatasan aplikasi program kasir gratis adalah terbatasnya jumlah transaksi. Sejumlah aplikasi kasir gratis membatasi hanya sebanyak 500 transaksi saja yang dapat dibukukan. Lebih dari itu gunakan versi premium di atasnya.  Jadi, penting untuk selalu mengetahui berapakah kapasitas dari memori yang dipasang dalam program yang digunakan. Sehingga dapat diketahui apakah kapasitas program sudah penuh atau sebaliknya.

2. Rentan Serangan Virus

Dibandingkan dengan pencatatan manual,  program kasir gratis yang berbentuk software berisiko terserang virus. Jika hal itu terjadi, maka virus dapat merusak data transaksi penjualan. Tak hanya itu, virus dapat pula melumpuhkan seluruh database toko Anda. Jadi, pastikan program kasir dilengkapi dengan antivirus. Selain itu juga ada pengecekan atau pemeriksaan rutin untuk mendeteksi virus.

3. Tidak Bisa Di-upgrade

Program kasir gratis pada umumnya juga tidak bisa di-upgrade fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan toko. Jadi tetap saja butuh dana tambahan untuk menyambungkan program kasir gratis dengan fitur lain.

4. Tidak Familiar Saat Menggunakan Program

Kekurangan lain dari program kasir gratis biasanya adalah disebabkan oleh ketidak-familiaran penggunaannya. Misalnya biasa menggunakan program kasir A, lalu beralih ke B, maka akan membuat bingung dan kesulitan. Program yang baru biasanya akan perlu waktu untuk dipelajari dan diaplikasikan. 

Baca Juga : 5 Hal yang Perlu Dipelajari dari Aplikasi Kasir Online


Kelebihan Program Kasir Gratis 

Adapun kelebihan dari program kasir gratis yang bermanfaat bagi usaha perdagangan Anda adalah sebagai berikut. 

1. Bisa Terkoneksi dengan Sistem Lain

Program kasir, baik yang gratis ataupun premium, dirancang untuk bisa terkoneksi dengan sistem lain. Inilah mengapa program kasir ini penting bagi para pedagang. Program kasir dapat diintegrasikan dengan sistem untuk mencetak struk penjualan, dan scanning barcode, sehingga dapat mempermudah transaksi. Program kasir pun dapat disambungkan dengan sistem keamanan.

2. Keamanan

Program kasir juga dapat disambungkan dengan sistem keamanan. Bagi pelanggan yang melakukan pembayaran non tunai dengan kartu kredit akan tetap aman dengan penggunaan program kasir. Kasir pun dapat lebih cepat dalam menyelesaikan transaksi belanja pelanggan.

3. Laporan Data yang Lengkap

Kelebihan dari aplikasi program kasir yang paling penting adalah dapat memuat laporan data yang lebih lengkap dan detail, sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, sehingga dapat terpantau perkembangan penjualan. 

Baca Juga : Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Untung Besar

4. Strategi Promosi

Program kasir dapat dikembangkan fitur-fiturnya. Salah satunya, adalah penerapan sistem poin untuk setiap pelanggan yang berbelanja di toko. Dari penerapan sistem poin ini pelanggan dapat menerima potongan harga ataupun menukarnya dengan barang tertentu. Hal itu dapat dikemas dalam bentuk promosi yang menarik, sehingga orang akan berlomba untuk mengumpulkan poin belanja di toko Anda.  

5. Mengelola Database Stok Barang

Jika dikerjakan secara manual, menghubungkan data transaksi penjualan dengan stok barang yang tersedia, akan menyita waktu yang cukup lama dan melelahkan. Belum lagi kemungkinan salah dalam menghitungnya. Oleh karenanya, program kasir yang terintegrasi  bisa menjadi solusi dalam hal ini. Persediaan barang, barang yang terjual, barang yang ada di gudang dan di dalam rak  toko, akan dapat dengan cepat diketahui jumlahnya. Sehingga Anda sebagai pemilik toko akan dapat melakukan evaluasi, barang apa saja yang paling laris atau paling banyak dicari konsumen. 

6. Hemat Waktu 

Software program kasir dapat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran dalam menjalankan usaha perdagangan Anda. Kasir, pelanggan, dan pemilik toko menghemat waktu dan sangat terbantu dengan program kasir ini. Pemilik usaha dapat memantau bisnisnya dari jauh hanya dengan memakai gadget-nya saja, atau hanya sesekali datang kunjungan ke toko. 

Namun, pemilik toko dapat setiap saat mengetahui omzet secara real time, persediaan barang atau item produk tertentu, dan sebagainya. Program kasir akan membuat waktu luang pemilik toko menjadi lebih banyak digunakan untuk keluarga ketimbang untuk memeriksa laporan transaksi barang secara manual. 

7.  Membantu dalam Analisa Bisnis

Program kasir juga dapat membantu dalam menganalisis perkembangan bisnis. Fitur-fitur yang ada di dalam program kasir, dapat dioptimalkan sebagai sarana untuk mengevaluasi produk apa saja yang paling laku, apakah penjualan pada saat ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya, memprediksikan barang apa yang perlu lebih banyak stoknya, barang apa yang tidak perlu lagi disimpan, barang yang harus diberikan potongan harga, dan sebagainya. Singkatnya, program kasir dapat menilai apakah sebuah barang di toko Anda itu tergolong barang yang fast moving atau slow moving.

Baca Juga: Analisa Bisnis Katering Rumahan dan Cara Memulai

8. Memantau Bisnis dari Jarak Jauh

Program kasir yang telah terintegrasi dengan gadget pemilik toko secara otomatis dapat menjadi alat untuk memantau perkembangan bisnis dari manapun Anda berada. Tanpa harus berada di belakang mesin kasir, Anda dapat mengawasi sistem transaksi penjualan. Karena sistem kasir telah terhubung dengan back office

Jika saat ini Anda masih menjalankan usaha perdagangan dengan cara-cara manual, sudah saatnya memanfaatkan teknologi informasi digital berupa aplikasi program kasir. Anda dapat berkonsultasi dengan Youtap untuk mendapatkan solusi usaha yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. 

Kelebihan menggunakan Youtap yang bisa diunduh langsung di PlayStore dan AppStore ini bagi pengusaha, selain memudahkan pembayaran dengan QRIS, transaksi juga tercatat otomatis, data penjualan bisa dianalisis untuk menentukan strategi penjualan berikutnya. Jadi gunakan Youtap ya supaya pembayaran lancar dan bisnis juga lancar.

CTA Banner Download Youtap POS


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama