Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 14, 2023

#CeritaBOS Nel's Kafe, Nelvi Saat Merintis dan Menjalani Bisnis Keluarga

Cerita BOS Nel’s Kafe, Nelvi. Wanita muda yang juga sebagai mahasiswi namun sudah merintis dan menjalankan bisnis keluarga.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui, bisnis keluarga merupakan usaha yang dibangun, dikelola, dimiliki, dan juga dikembangkan secara langsung oleh anggota keluarga sendiri. Bisnis keluarga atau yang disebut sebagai family business ini umumnya akan dirintis oleh satu orang, baru kemudian dibantu anggota keluarga lain dan nanti kedepannya diturunkan kepada generasi berikutnya.  Hal tersebut ternyata juga dilakukan oleh keluarga Nelvi, yang dimana mulai menjalankan bisnis kafe milik keluarganya dan ide tersebut muncul dari sang Ibu. Berikut cerita menarik selengkapnya tentang awal mula membangun bisnis keluarga Nel’s Kafe. 

Awal Mula Ide Bisnis Nel’s Kafe 

Ditemui secara langsung oleh tim Youtap di Nel’s Kafe yang berada di kawasan Ciledug, Kota Tangerang, Nelvi menceritakan awal mulanya bisnis ini muncul ternyata dari sang Ibu. “Sebenarnya yang mau usaha itu mamaku, ibu-ibu yang gaul, suka banget nongkrong sana-sini,” jelasnya dalam wawancara.  Tepatnya pada saat Idul Adha di tahun lalu, sang Ibu hanya iseng-iseng ingin mencoba peruntungannya di dunia bisnis khususnya tempat kopi kecil-kecilan. Nelvi yang kini masih berstatus sebagai mahasiswi di salah satu universitas di Jakarta sendiri juga tidak mengira bahwa ide tersebut akan berjalan serius dan langsung dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang. 

Aku nggak mengira akan serius dan secepat itu gitu sih tanpa prepare. Akhirnya kayak nemu tempat ini yaudah kita buka di sini, deket sama rumah juga,” sambungnya saat menceritakan awal mula Nel’s Kafe berdiri. Nelvi juga menambahkan bahwa ia sendiri masih terus mengembangkan kafe mulai dari menu yang dihidangkan sampai tempat usahanya. 

Selain itu, alasan Ibu Nelvi ingin membuka kafe agar dirinya dan anak-anak bisa memiliki tempat main sendiri. Jadi sekaligus bisa menjadi tempat nongkrong, reuni sekaligus bisa mengawasi anak-anaknya. Pada dasarnya sang Ibu juga dari dulu senang menjalankan sebuah usaha serta memiliki hobi memasak dan karena hal ini yang menjadi alasan Nel’s Kafe ini didirikan.  Kafe ini sendiri sudah berjalan kurang lebih selama setahun sampai sekarang. Kemudian, Nelvi menjelaskan bahwa orang-orang yang bekerja di Nel’s Kafe juga masih dari keluarganya yang mengelola langsung termasuk dirinya.  

Sebenarnya bukan karyawan ya, lebih kayak keluarga aja kita bareng-bareng, aku kalo sore bertiga sama abangku.” 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

Alasan Memilih Bisnis Kafe

Kini bisnis kafe yang didalamnya menjual kopi memang sedang menjadi trend bisnis minuman kekinian yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Melihat peluang tersebut, Nelvi pun juga memanfaatkannya dengan membuat bisnis kafe kopi. “Karena kok kayaknya sekarang tuh lagi hype, terus selain itu juga gampang aja sih, mungkin kalo makanan-makanan atau restoran aku juga bingung jenis-jenisnya.

Tampilan depan Nels Kafe Ciledug
Tampilan depan Nels Kafe Ciledug. Dok: Youtap

Ide Menu Makanan 

Ide makanan di Nel’s Kafe sebenarnya telah didiskusikan dengan satu orang yang memang meracik minuman di tempat tersebut. Nelvi menjelaskan bahwa orang ini memang sebelumnya sudah pernah bekerja di beberapa tempat kopi. Meskipun memang bukan ahlinya, tapi setidaknya punya pengalaman bekerja di kafe. 

Orang yang membantu dalam menciptakan ide makanan dan minuman di Nel’s Kafe bukan berasal dari keluarga, tapi tetangga yang sudah sangat dekat layaknya saudara. Melalui beberapa sarannya, Nelvi akhirnya mencoba buat beberapa rekomendasi minuman yang diberikan dan hasilnya enak, hingga akhirnya coba dijual ke banyak pelanggan yang datang. 

Mungkin yang dijual juga masih yang basic aja, belum yang gimana-gimana kan.” 

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Minuman Kemasan Cup Modal Kecil

Persiapan yang Dilakukan Saat Akan Mendirikan Nel’s Kafe

Melanjutkan ceritanya soal Nel’s Kafe, Nelvi juga menjelaskan bahwa persiapan dalam membangun bisnis ini cukup cepat, mulai dari tempat, menu makanan dan minumannya. “Kalau tempat, lumayan gampang, yang kesulitan adalah MENU.” Jadi pada awalnya Nelvi mencoba untuk buat menu sendiri hingga belajar bikin kopi dari Youtube tanpa bantuan orang lain. Namun hasilnya, rasa makanan dan minumannya memang tidak sesuai dengan yang diinginkan. 

Sampai akhirnya mencoba menghubungi tetangga yang telah dibicarakan tadi, dan mulai belajar tentang mengoperasikan mesin kopi sampai membuatnya. “Jadi ibaratnya sama orang-orang yang ada di sini masih ngerintis bareng. Bener-bener belum ada satu orang yang memang ahli di bidang ini.” 

Kesulitan Apa yang Dihadapi Saat Menjalankan Bisnis?

Sebenarnya kesulitannya satu, karena tempat kita kecil dan kedua lahan parkirnya susah. Jadi, orang yang masuk suka bingung gitu, kalo ada yang mau parkir, kita nyambut mereka bilang parkir di indomaret aja bisa,” jelasnya saat ditanyai seputar kesulitan apa yang dihadapi saat menjalankan bisnis ini. 

Selain itu, ada juga kendala lain yang dihadapi oleh Nelvi yaitu kesulitan mendatangkan banyak pelanggan untuk datang ke kafe miliknya. Pada umumnya, ini merupakan kesulitan yang memang sering dihadapi oleh para pelaku usaha di awal merintis. Di mana biasanya banyak orang belum terlalu mengetahui kafe milikmu, sehingga perlu memaksimalkan promosi. “Susah untuk buat dateng orang-orangnya, apalagi kan di sini kanan kiri tempat kopi juga.”  Bersyukurnya seiring berjalan waktu, Nel’s Kafe mulai memiki banyak pelanggan baru dan tetap. Bahkan lebih menariknya, setiap orang yang datang ke kafe satu ini, pasti akan kembali lagi dan bisa dikatakan sebagai pelanggan tetap. 

Baca Juga: 7 Strategi Penjualan Online Paling Efektif Meningkatkan Omzet

Nelvi juga memberi tahu bahwa dirinya berupaya selalu memberikan layanan yang terbaik dengan beberapa cara seperti mengajak pelanggan berbicara, hingga menyediakan untuk karaoke. Kemudian, Nelvi juga mulai membuat promo menarik salahnya satunya menciptkan paket-paket menu dengan harga murah, agar banyak orang setidaknya mengetahui tempat tersebut. Contoh paket yang paling banyak menarik perhatian pelanggan adalah dimsum sama es lemon tea dengan harga 20 ribu. Jadi, dapat disimpulkan beberapa kesulitan yang dihadapi oleh Nel’s Kafe selama menjalankan bisnisnya adalah mendatangkan banyak pelanggan atau bagaimana melakukan strategi marketing yang baik.

Instagram ada, cuma bukan aku yang kelola, tapi mamaku jadi ya berantakan gitu. Dan aku juga belum sempat, emang lagi sibuk kuliah juga. Jadi, yaudah deh nanti aja.” 

Ice kopi susu gula aren
Salah satu menu Kopi dari Nel's Kafe "Ice kopi susu gula aren". Dok. Instagram/@nels.kafe

Tips Mulai Usaha Ala Nel's Kafe 

Bagi kamu yang ingin mulai bisnis usaha apapun, tentu harus berani untuk mencoba. Pada kenyataannya, di samping harus mempersiapkan modal, tapi juga harus memiliki keberanian untuk mencoba suatu hal yang baru. Hal itu pun juga dituturkan oleh Nelvi terkait dengan tips mulai bisnis usahanya. 

Mungkin kalau dari aku modal berani aja ya, kalau kita ga berani mulai, nggak akan tau. Jadi, kita coba aja, karena kalau tidak pernah dicoba, maka tidak akan tau. Jadi, dicoba aja, kalau sudah dijalankan, mau nggak mau ibaratnya sudah kecemplung, ya gimana caranya bertahan.

Namun, sebelumnya keluarga Nelvi sendiri sudah punya pengalaman bisnis juga dan berasal dari keluarga yang sederhana juga. Bukan keluarga yang serba ada, Bapak dari Nelve merupakan karyawan di sebuah perusahaan di Malaysia dan kondisi ini membuatnya harus pulang pergi Malaysia - Indonesia. Sedangkan sang mama sebagai ibu rumah tangga. Namun sang mama memiliki pengalaman kerja di perhotelan dan pernah bekerja di area kitchen sehingga sedikit mengerti konsepnya. Setelah berhenti dari pekerjaannya tersebut, sang mama membuka usaha warung biasa aja di mana hobinya memasak, namun terkadang grab food juga. 

Peran Nelvi di Nel’s Kafe, lebih sebagai perantara atau mengatur operasional kafe dan kelola bagian keuangan. Pencatatan keuangan sendiri sebenarnya belum dicatat benar-benar dan manual. Sehingga butuh aplikasi yang didalamnya ada fitur laporan penjualan untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan kafe yang dikelolanya.

Pengalaman Setelah Menggunakan Youtap 

Awal mengetahui Youtap sendiri sebenarnya ditawarkan langsung oleh tim internal Youtap yang datang langsung ke Nel's Kafe dan menjelaskan produk Youtap termasuk Aplikasi Kasir Digital, Youtap POS. Kebetulan saat itu masih menggunakan aplikasi lain dan ternyata fiturnya belum lengkap. Namun setelah mengetahui adanya Aplikasi Kasir Digital, Youtap POS dan ternyata memang lebih mudah dan praktis, apalagi tersedia metode pembayaran menggunakan QRIS. 

Lebih menariknya lagi, pada saat menggunakan Youtap nantinya akan muncul notifikasi pembayaran sudah berhasil dilakukan oleh pelanggan yang akan dikirim melalui aplikasi maupun email, sehingga lebih mudah. Setelah mendengar cerita langsung dari pemilik Nel’s Kafe, Youtap memang dapat membantu banyak hal dalam pengelolaan bisnis, bukan? Yuk, segera dukung seluruh kegiatan bisnis dengan menggunakan aplikasi kasir online Youtap POS. Dimana nantinya seluruh pengelolaan bisnis bisa lebih maju dan efektif. 

Caranya, bisa langsung download Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store, ya. Lalu, bisa langsung nikmati semua kemudahan dalam setiap transaksi bisnis yang dilakukan. Selamat mencoba!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama