October 19, 2021

7 Tips Sukses Jalankan Bisnis dengan Pasangan

7 tips sukses jalankan bisnis dengan pasangan agar bisa mencapai kesuksesan serta menjaga keutuhan hubungan. Bahagia dan sukses bersama!

Memiliki bisnis dengan pasangan akhir-akhir ini memang menjadi tren yang luar biasa. Namun ada juga sebagian yang justru menghindarinya karena dianggap akan lebih rumit. Namun kamu perlu tahu, untuk memastikan serta menjaga agar hubungan tetap utuh sekaligus meraih kesuksesan dalam bisnis tentu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, lho. Berikut ini 6 tips sukses jalankan bisnis dengan pasangan. 

Tips Menjalankan Bisnis dengan Pasangan

Tips Menjalankan Bisnis dengan Pasangan
Pasangan yang memulai usaha PetShop. (GambarL Freepik/yacobchuck)

1. Tentukan Jenis Bisnis yang Akan Dijalankan Berdua

Ini menjadi bagian penting sebelum menjalankan bisnis dengan pasangan. Pasalnya dengan mengetahui jenis bisnis yang akan dijalankan, ini akan memudahkan kamu dan pasangan dalam menentukan besar atau kecilnya modal yang dibutuhkan hingga kebutuhan lain yang dibutuhkan sekaligus menyusun perencanaan bisnis baik untuk jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.

Baca Juga: 7 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Pemula

2. Buat Kontrak Tertulis Bisnis dengan Pasangan

Memulai dan berhasil dalam suatu hubungan membutuhkan kerja dan begitu juga memulai dan berhasil dalam bisnis. Dalam kedua situasi ini, memiliki sesuatu secara tertulis yang menangkap siapa yang memilih untuk melakukan apa dan mengapa masuk akal. Pernikahan memiliki kontrak dan begitu juga kemitraan bisnis. Untuk yang terakhir, Anda ingin menangkap apa yang Anda berdua inginkan dari bisnis secara individu dan kolektif dan mengapa. 

Anda juga ingin memperkenalkan apa yang terjadi jika salah satu dari Anda memilih bahwa mereka tidak lagi ingin bekerja sama. Untuk informasi tambahan, pencarian Google untuk Perjanjian Kemitraan Umum dapat berguna.

Buat Kontrak Tertulis dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan tanda tangan kontrak bisnis di hadapan notaris. (Gambar: Freepik/Dragen Zigic)

3. Buat Rencana Bisnis yang Jelas 

Perencanaan bisnis ini harus dibuat dengan jelas. Dalam perencanaan ini, kamu juga harus membuat strategi bisnis seperti dalam membuat promo bisnis dan hal-hal lain yang harus dilakukan agar bisnis dapat berkembang sekaligus cakap dalam masalah pengelolaan uang.

Miliki rencana, buat secara tertulis, dan gunakan setiap 3 hingga 6 bulan untuk membandingkan kinerja aktual dengan kinerja yang diproyeksikan. Untuk melihat elemen paling umum yang menyusun rencana yang solid. 

Kemudian untuk mengelola keuangan bisnis dengan pasangan kamu tak perlu lagi melakukannya secara manual. Kini ada solusi digital terbaik untuk semua bisnis dan perusahaan yaitu menggunakan aplikasi usaha Youtap. Melalui aplikasi ini kamu bisa membantu dalam pengelolaan bisnis salah satunya dengan membantu dalam pencatatan transaksi penjualan dengan cepat dan akurat. 

Baca Juga: 7 Ide Jualan Online Modal Kecil Menguntungkan

pasangan yang membuat perencanaan bisnis
Ilustrasi pasangan yang membuat perencanaan bisnis. (Gambar: Freepik/senivpetro)

4. Pastikan Tugas Masing-masing dalam Menjalankan Bisnis

Tim bisnis hebat pasti memiliki individu-individu yang memainkan peran berbeda. Dalam dunia bisnis kamu harus jelas dalam pembagian tugas yaitu seperti ahli keuangan, bagian penjualan atau promosi, pemegang buku keuangan, hingga administrator. 

Meskipun memiliki hubungan personal, ketika menjalankan bisnis dengan pasangan kamu dan pasangan harus bisa membagi tugas dalam mengidentifikasi peran yang berbeda pada bisnis, mengapa hal itu penting, dan siapa yang setuju melakukannya demi mencapai tujuan. Dalam strategi kesuksesan bisnis, kamu membutuhkan lembar kerja analisis tugas fungsional dengan maksud untuk membuat deskripsi pekerjaan secara jelas.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Tepat

diskusi dalam pembagian tugas dalam bisnis
Ilustrasi diskusi pembagian tugas masing-masing saat bisnis berdua. (Gambar: Freepik/yuriarcurspeopleimages)

5. Pastikan untuk Meninjau Pergerakan Bisnis setiap Hari 

Inti kesuksesan bagi sebagian besar pasangan yang solid adalah praktik komunikasi yang baik. Kemudian menetapkan dan menghormati batasan pekerjaan meskipun pasangan, dan saling mendengarkan. 

Meskipun mungkin terdengar mudah, sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan pada kebanyakan pasangan yang menjalankan bisnis bersama. Gaya hidup saat ini yang serba cepat dan selalu berubah dapat membuat langkah mundur bagi para pelaku bisnis.  Jadi agar hal tersebut tidak terjadi, kamu wajib meluangkan waktu untuk meninjau harian tentang pergerakan bisnis. 

Baca Juga: Tips Pengelolaan Bisnis Agar Untung Besar

Pasangan sedang melihat riwayat penjualan
Pasangan sedang melihat riwayat penjualan. (Gambar: Freepik/Lifestylememory)

6. Luangkan Waktu untuk Istirahat dengan Pasangan setelah Lelah Bekerja

Selanjutnya, seperti yang kita tahu bahwa semua pekerjaan tentu melelahkan. Apalagi bagi pasangan yang menjalankan bisnis bersama, hal ini bisa menjadi salah satu alasan kamu bertengkar. 

Jadi untuk menghindari hal tersebut, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pastikan kamu dan pasangan memiliki batasan pekerjaan dan komunikasi yang baik. Hal ini dapat membantu individu mencapai keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Salah satu cara paling umum yang bisa dilakukan adalah dengan menjadwalkan waktu istirahat bersama pasangan setelah seharian lelah bekerja. 

habiskan waktu berdua dengan pasangan
ilustrasi menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. (Gambar: Freepik/ASDFpik)

7. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Tips sukses jalankan bisnis dengan pasangan yang terakhir adalah tak lupa juga untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri. Walaupun benar bahwa bekerja sama dengan pasangan adalah hal yang luar biasa, namun penting untuk sejenak beristirahat dan memberi waktu menenangkan jiwa ketika kamu merasa lelah bekerja. Dengan begitu tentu pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan dan efektif bekerja sama sebagai sebuah tim.

relax
ilustrasi relaks untuk menenangkan diri. (Gambar: Freepik/snowing)

Itulah beberapa tips sukses jalankan bisnis dengan pasangan yang bisa kamu lakukan. Jadi, singkatnya dapat disimpulkan selain memiliki perencanaan bisnis yang jelas, kamu juga harus memiliki batasan pekerjaan dan komunikasi yang baik bersama pasangan. Tujuannya demi mencapai bisnis yang sukses serta menjaga keutuhan hubungan. 

CTA banner Artikel
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang