Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 15, 2021

6 Strategi Pemulihan Usaha Paling Efektif

Kondisi ekonomi yang semakin berangsur membaik tentu berdampak besar bagi seluruh sektor bisnis, dan berikut beberapa strategi pemulihan usaha paling efektif.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini banyak pelaku usaha sedang berlomba-lomba melakukan upaya untuk pemulihan. Berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan digitalisasi usaha mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dan berikut juga beberapa strategi pemulihan usaha yang bisa kamu lakukan. 

Strategi Pemulihan Usaha

1. Ciptakan Inovasi Baru yang Relevan dengan Kondisi Saat Ini 

strategi pemulihan usaha
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Kunci utama agar usaha tetap bisa bertahan di pasaran adalah membuat inovasi yang relevan dengan keadaan. Memang di era baru ini pasti dibutuhkan inovasi dan perombakan besar-besaran, namun pastikan agar tidak terlalu menyimpang dan justru membuat pasar tidak tertarik.

Jadi, upayakan agar inovasi yang dilakukan untuk usaha tetap selaras dengan sektor industri bisnis yang kamu jalankan, ya. Dalam hal ini, kamu bisa fokus pada kebutuhan target market bisnis. Tetaplah melakukan riset untuk mengetahui apa yang berguna dan cocok untuk bisnis. 

2. Lebih Fokus untuk Memaksimalkan Sistem Belanja Online

Seperti yang kita tahu bahwa dampak dari social distancing menyebabkan sistem belanja yang umumnya dilakukan menjadi sulit. Oleh sebab itu jadikanlah sistem online ini sebagai salah satu cara jitu agar usaha milikmu bisa kembali pulih.  

Kini, segala kegiatan memang sudah dilakukan serba online. Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk memaksimalkan sistem online usaha milikmu, tujuannya agar calon pembeli lebih mudah menemukan dan membeli produk tertentu. 

3. Melakukan Pemasaran Digital

strategi pemulihan usaha
Gambar: freepik.com/creativearti

Demi membantu pemulihan usaha atau UMKM saat ini dengan melakukan pemasaran digital melalui media sosial. Dengan menggunakan pemasaran digital, para pelaku usaha akan lebih mudah menghitung konversi & mengukur keberhasilan. Dan berikut beberapa langkah pemasaran digital di era teknologi seperti sekarang ini: 

A. Menggunakan Digital Ads

Lebih praktis dan mudah, kini kamu bisa membuat iklan berbasis digital melalui Youtube ads, Facebook ads, & Google ads. Cara ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan awareness sebuah brand dan memudahkan UMKM dalam menjangkau konsumen yg lebih luas.

B. Aktif Menggunakan Media Sosial untuk Kegiatan Pemasaran Usaha

Selanjutnya adalah penggunaan media sosial. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sudah hampir semua kalangan masyarakat menggunakan handphone (HP) dan dapat meluangkan waktu selama tiga jam untuk beraktivitas di berbagai media sosial. Jadi, melakukan pemasaran digital melalui media sosial terbilang cukup efektif. Cara ini juga akan membantu brand atau toko milikmu cepat dikenal oleh banyak orang. 

4. Youtap Membantu Mendigitalisasi Usaha 

Adanya perubahan kebiasaan konsumen pada masa pandemi, membuat belanja online banyak diminati untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, penggunaan Youtap di era seperti sekarang ini menjadi solusi yang tepat untuk para pelaku usaha. 

Dengan penggunaan Youtap POS kamu bisa mendigitalisasi usaha di mana ada banyak sekali fitur canggih yang bisa digunakan untuk membantu segala aktivitas jual beli. Contohnya seperti, aplikasi kasir, laporan transaksi digital, pembayaran QRIS, belanja stok dan masih banyak fitur canggih lainnya. 

5. Gunakan Layanan Delivery atau Pesan Antar

strategi pemulihan usaha
Gambar: freepik.com/jcomp

Layanan pesan-antar saat ini memang sebagai primadona usaha UMKM khususnya di bidang kuliner. Selain dinilai aman sejak pandemi kemarin, layanan pesan antar ini juga membuat konsumen lebih mudah mendapatkan sebuah produk atau jasa yang diinginkan. Karena tidak perlu jauh-jauh datang ke restoran atau toko tertentu. 

6. Melakukan Manajemen Risiko Usaha

Terakhir adalah melakukan manajemen risiko. Tujuannya untuk merumuskan strategi seperti apa yang mampu menghadapi potensi kerugian. Atau sebagai alternatif rencana usaha apabila terjadi hal-hal tidak terduga seperti adanya pandemi. 

Jadi, pastikan untuk melakukan analisis resiko apa saja yang akan terjadi di usaha milikmu, ya. Pasalnya, melalui cara seperti ini usaha lebih mudah untuk menghindari resiko, mengurangi potensi resiko bahkan dapat mencari solusi cepat atas kerugian yang dialami. Agar seluruh pengelolaan bisnis bisa dilakukan lebih efektif dan efisien, kamu bisa mulai gunakan Youtap POS dengan macam-macam fitur canggih yang sudah disediakan.  

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama