December 1, 2021

Jenis-Jenis Bisnis Laundry yang Paling Menguntungkan

Bisnis laundry adalah salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan, karena saat ini cuci pakaian kotor dengan cepat dan praktis banyak dibutuhkan oleh banyak orang. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Awalnya bisnis laundry ini hanya untuk kalangan menengah ke atas, namun seiring dengan perkembangan dunia usaha kini banyak sekali yang mulai mencoba pasaran di kelas menengah ke bawah. Bisnis laundry pun hadir dengan berbagai konsep sederhana ala rumahan hingga adanya penawaran paket spesial sesuai kebutuhan masyarakat. Dan berikut ini beberapa jenis bisnis laundry yang paling menguntungkan serta tips sukses membangunnya. 

Jenis-Jenis Bisnis Laundry yang Paling Menguntungkan Saat Ini 

bisnis laundry
Gambar: freepik.com/pressfoto

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa sekarang sudah banyak sekali bisnis laundry yang sudah dikemas dengan berbagai konsep. Tujuannya tentu agar semua kalangan masyarakat bisa menggunakan jasa laundry ini. Dan berikut beberapa jenis bisnis laundry yang paling menguntungkan, seperti: 

  1. Laundry kiloan, yaitu menawarkan jasa untuk mencuci pakaian dan macam-macam barang dari kain lainnya yang harganya ditentukan dengan hitungan per kilo. 
  2. Laundry dengan konsep konvensional, yaitu pencucian untuk jenis-jenis kain tertentu. 
  3. Laundry sepatu, yaitu jasa mencuci sepatu terutama untuk bahan premium. 
  4. Laundry untuk pelaku bisnis, yaitu jasa yang menawarkan pada konsumen yang berasal dari instansi atau badan usaha tertentu. 
  5. Laundry hotel, yaitu jasa yang menawarkan untuk bekerja sama dengan hotel dan memberikan pelayanan tersebut. 
  6. Laundry express, yaitu jasa yang mengutamakan kecepatan pencucian sehingga tidak perlu menunggu berhari-hari.

Tips Bangun Bisnis Laundry 

1. Pastikan Memahami Tentang Dunia Laundry

Sebagai langkah awal, kamu harus lebih dulu menetapkan jenis laundry apa yang ingin jalankan. Agar persiapan lebih matang, tak ada salahnya untuk melakukan riset dengan mewawancarai orang-orang yang sudah lama bergelut di bisnis ini. Dalam persiapan membangun bisnis laundry kamu harus sediakan peralatan yang dibutuhkan, metode pelayanan seperti apa, budget atau biaya, hingga strategi pemasarannya. 

2. Hitung dengan Rinci Biaya Kebutuhan untuk Modal

bisnis laundry
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Setelah melakukan riset dan mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, kamu pasti bisa dengan mudah menghitung kebutuhan secara rinci.Ketika modal sudah bisa dihitung, maka kamu bisa memutuskan apakah cukup memakai dana pribadi atau perlu mengajukan pinjaman di bank.

Baca juga: Aplikasi Wajib Punya Sebelum Memulai Bisnis Online

3. Pastikan Bisnis Laundry Ini Memiliki Lokasi yang Strategis 

Dalam melakukan riset ada baiknya juga kamu mencari tahu tentang target pasar. Tentukan lokasi yang tepat, lalu sesuaikan konsep laundry dengan target pasar yang dituju.

4. Tentukan Harga Laundry Sesuai dengan Target Pasar

Selanjutnya, kamu juga harus menyesuaikan harga jasa laundry dengan target pasar. Apabila kamu ingin menetapkan harga yang lebih mahal, pastikan bahwa ada tambahan layanan atau service yang diberikan kepada pelanggan. 

5. Standar Pelayanan

bisnis laundry
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Konsep laundry rumahan maupun mewah, pasti akan sama-sama mengalami banyak tantangan. Sehingga, diperlukan standar yang baik untuk segi pelayanan. agar bisa menentukan standar pelayanan kepada konsumen kamu perlu mengedukasi karyawan. Sebagai contoh memperkenalkan mereka tentang serba-serbi kain, simbol yang ada di balik baju dan hal-hal penting lainnya. Pastikan bahwa karyawan telah diberikan edukasi tentang cara mencuci sesuai dengan jenis kain hingga menangani komplain dari konsumen dengan baik.

6. Pastikan Mengelola Keuangan dengan Baik

Terakhir,  apapun jenis bisnisnya pastikan pengelolaan keuangan bisa berjalan baik. Begitu juga dengan bisnis laundry, harus selalu memantau ke mana dana akan mengalir. Apabila arus keuangan usaha dikelola secara baik, tentu pengembangan usaha pun bisa dengan mudah dilakukan. 

Kemudian, untuk mendukung bisnis laundry  tetap berjalan lancar, jadi lebih efektif dan efisien, pastikan mulai menerapkan sistem digital dengan Aplikasi Kasir Youtap yang bisa mencatat setiap uang keluar dan masuk dengan detail sehingga kemungkinan pencurian menjadi lebih kecil. 

Aplikasi Kasir Youtap ini mampu membantu kamu melakukan pembayaran online, pencatatan riwayat transaksi secara real time. Selain itu, bisa Cetak Struk Sekali Tap dan juga tersedia berbagai macam fitur lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama