Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat

Waspadai! Ini Kesalahan Influencer Marketing yang Sering Terjadi

Oleh
AriantiK
August 20, 2025
Share this:

Sama dengan teknik pemasaran lainnya, menjalankan influencer marketing tentu akan ada trial and error untuk mencapai sebuah campaign yang sukses. Lalu, jika campaign yang dijalankan mencapai target, maka akan berdampak pada kemajuan bisnis bahkan terburuknya menimbulkan kerugian. Oleh karena itulah, kamu harus mengetahui beberapa kesalahan influencer marketing berikut yang sering dilakukan.

Kesalahan Influencer Marketing yang Sering Dilakukan oleh Para Pelaku Bisnis 

1. Tidak merencanakan campaign goals yang rinci dan jelas

campaign marketing goals
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Kesalahan pertama yang sering dilakukan saat menjalan influencer marketing adalah tidak adanya goal dari perencanaan marketing campaign. Sehingga sebelum melakukan pemasaran bersama influencer, ada baiknya untuk menentukan tujuan atau goals 

Pastikan kamu membuat tujuan yang jelas di setiap aktivitas bisnis, termasuk saat menjalankan influencer campaign. Cobalah lebih jelas dalam data-data sepertii Engagement Rate (ER) dan ROI (Return on Investment) influencer marketing atau ROAS (Return on Advertising Spend). 

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Konsep Strategi Pemasaran yang Tepat!

2. Salah memilih influencer

Kesalahan kedua adalah tidak tepat dalam memilih influencer untuk memasarkan produk bisnis. Perlu diperhatikan bahwa dalam memilih influencer tidak hanya berpatokan pada jumlah followers atau pengikut yang dimiliki. 

Tetapi kamu harus fokus juga pada hasil riset mengenai influencer tersebut, apakah sesuai dengan pasar bisnis milikmu atau tidak. Cobalah lakukan riset terkait influencer yang akan diajak untuk bergabung dalam campaign sebelum memutuskan untuk menghubunginya secara langsung. Saat melakukan riset, pastikan memeriksa apakah target audiens dan influencer tersebut sudah sesuai dengan pasar bisnis atau belum. 

Baca Juga: Apa Itu Micro Influencer dan Keuntungannya untuk Promosi Usaha?

3. Tidak melakukan penyusunan budget yang sesuai dengan kebutuhan

Kesalahan ketiga adalah tidak melakukan penyusunan budget yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran. Jadi, sebagai langkah awal, pastikan kamu tidak langsung menggelontorkan anggaran yang besar untuk kanal influencer ini. 

Cobalah untuk test drive terlebih dahulu dan pilih influencer yang memang sesuai dengan target pasar bisnis. Dalam masa percobaan ini, cobalah untuk lihat sejauh mana efektivitasnya dalam penggunaan influencer tersebut. Kemudian, sesuaikan juga budget untuk campaign selanjutnya berdasarkan hasil analisis.

Baca Juga: Tips Jitu Kelola Keuangan Bisnis Online Agar Berjalan Lancar dan Sukses

4. Tidak membuat konten pemasaran yang menarik dan orisinil 

content marketing
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Kesalahan keempat adalah tidak membuat konten pemasaran yang menarik dan orisinil. Ini menjadi hal yang penting karena umumnya user atau pengguna media sosial dan pemilik brand akan jauh lebih menghargai karakter asli. Selain itu, dengan membuat konten yang orisinil dan menarik tentu bisnis memiliki ciri khas tertentu yang membuat banyak orang lebih mudah mengingatnya.  

Baca Juga: Kerja Sama Influencer? Pastikan Komponen Ini Ada di Perjanjian!

CTA Banner Artikel Promo Beli 1 Grartis 1 Bulan

5. Kualitas gambar konten rendah 

Kesalahan kelima atau yang terakhir adalah kualitas gambar konten sangat rendah. Hal ini akan membuat banyak orang kurang tertarik bahkan bisa langsung dilewati begitu saja. Sudah pasti akan berdampak pada penjualan bisnis.

Agar strategi influencer marketing berjalan efektif dan tidak berakhir merugikan, penting bagi pelaku bisnis untuk menghindari kesalahan umum yang sering terjadi. 

Selain memilih influencer yang tepat, membangun brand awareness juga perlu didukung oleh produk dan layanan berkualitas tinggi. Di sinilah Youtap hadir sebagai solusi digital bisnis berbasis teknologi untuk berbagai skala usaha. 

Mulai dari Youtap POS, aplikasi kasir online yang memudahkan transaksi harian, hingga Youtap BOS, platform B2B marketplace untuk memenuhi kebutuhan bahan baku usaha secara grosir. Untuk kebutuhan enterprise, Youtap juga menyediakan sistem pembayaran terintegrasi dengan bank dan e-wallet, serta fitur loyalti pelanggan berupa voucher promosi. 

Tidak hanya itu, Youtap menghadirkan self digital kiosk berbasis Youtap POS dan fitur PHP (Pesan dari HP) yang membuat proses pemesanan lebih cepat dan praktis. Ingin usahamu tumbuh lebih efisien dan modern? Gunakan solusi digital terintegrasi dari Youtap sekarang! Kunjungi halaman "Hubungi Kami" untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, atau klik banner di bawah untuk berkonsultasi langsung dengan tim ALISA Youtap.

Banner Tanya Alisa Youtap

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Artikel Terbaru
Share this:
AriantiK
Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

All-In-One Digital Solutions untuk Semua Bisnis

POP UP Banner Youtap POS Rp0 IND