Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 4, 2022

Pengertian Endorse Influencer dan Tips Memilihnya

Apa itu endorse influencer dan tips memilihnya untuk pemasaran bisnis? Agar kamu lebih paham terkait hal ini, berikut penjelasan lengkap endorse influencer. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Penggunaan media sosial saat ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Pasalnya hanya klik follow, kamu sudah bisa saling terhubung dengan keluarga, teman, dan bahkan figur publik. Tak hanya sekadar untuk berkomunikasi saja, tetapi media sosial juga banyak digunakan untuk pemasaran bisnis dengan melakukan endorse influencer

Namun, apa itu endorse influencer dan tips memilihnya untuk pemasaran bisnis? Agar kamu lebih paham terkait hal ini, berikut penjelasan lengkap endorse influencer

Pengertian Endorse Influencer

endorse influencer
Gambar: freepik.com

Apa Itu Endorse?

Endorse sendiri sebenarnya berasal dari kata Endorsement yang berarti dukungan. Ini merupakan bentuk pemasaran atau promosi yang menggunakan sosok orang berpengaruh dan dipercaya di media sosial.

Sederhananya, endorse adalah salah satu strategi pemasaran dengan melibatkan publik figur untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial.

Lalu, Apa Itu Influencer?

Sudah dijelaskan sedikit sebelumnya bahwa untuk bisa melakukan endorse, kamu akan membutuhkan sosok orang berpengaruh atau disebut influencer. Sosok inilah yang menjadi perantara untuk promosi bisnis milikmu karena mereka memiliki kemampuan mempengaruhi (influence) orang lain. 

Jadi, influencer tidak hanya sekadar alat untuk pemasaran saja, melainkan juga sebagai jembatan yang menghubungkan dengan konsumennya melalui kolaborasi. Influencer sendiri memiliki jenis-jenisnya, yaitu: 

1. Nano Influencer

Nano Influencer adalah sosok orang berpengaruh di media sosial yang memiliki followers antara 1000 hingga 10.000. Biasanya mereka hanya membuat konten dengan kategori yang sesuai dengan target pasarnya.

2. Micro Influencer

Micro Influencer adalah sosok orang berpengaruh di media sosial dengan followers sekitar 10.000 hingga 100.000. 

3. Macro Influencer

Macro Influencer adalah sosok berpengaruh di media sosial yang memiliki followers 100.000 ke atas. Dengan banyaknya jumlah pengikut mereka bisa dipastikan biasanya mereka berasal dari kalangan artis atau selebritis seperti selebgram. 

4. Mega Influencer 

Terakhir adalah Mega Influencer yang sudah memiliki jutaan followers. Umumnya mereka dapat menjangkau audiens yang sangat luas dan kualitas kontennya pun baik.

Cara Kerja Endorse Influencer

endorse influencer
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Promosi berbayar atau Paid Promote

Pertama adalah paid promote, di mana kamu melakukan promosi dengan membuat kesepakatan terlebih dahulu bersama influencer mengenai sistem pembayaran dan cara pemasarannya. 

2. Promosi umum

Apabila tidak ada perjanjian khusus, berarti endorse influencer ini bersifat umum. Artinya, konten promosi tersebut dapat diakses oleh siapapun, jadi kamu tidak bisa mengontrol komentar terhadap konten yang dibuat. 

3. Promosi dengan sistem kontrak

Terakhir adalah promosi sistem kontrak, di mana ini yang paling populer digunakan oleh para influencer

Pastikan bahwa kontrak kerjasama tersebut resmi dengan tanda tangan, berisi perjanjian yang jelas, dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Apa Saja Manfaat Endorse Influencer untuk Pemasaran Bisnis?

1. Membantu memperkenalkan produk bisnis kepada masyarakat

Manfaat endorse influencer yang pertama adalah memperkenalkan produk bisnis kepada masyarakat sehingga bisa lebih dikenal dengan baik. 

Itulah alasan mengapa kamu harus memilih influencer yang sesuai dengan target pasar dan membuat konten yang menarik, tentu agar masyarakat tertarik untuk mencoba hingga membelinya. 

2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk bisnismu

Manfaat kedua yaitu meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dengan adanya ulasan atau review nyata dari influencer membuat orang-orang tertarik dengan hasilnya sehingga ingin membelinya. 

3. Memperluas jangkauan konsumen 

Manfaat ketiga yaitu mampu memperluas jangkauan konsumen. Dengan melakukan pemasaran melalui influencer, masyarakat cenderung lebih tertarik melihat isi konten promosi. Sehingga bisa membantu memperluas jangkauan konsumen. 

Tips Memilih Influencer untuk Pemasaran Bisnis

endorse influencer
Gambar: freepik.com

1. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Pertama, kamu harus pertimbangkan terlebih dahulu budget yang bisa dikeluarkan untuk promosi bisnis. Jadi, ada baiknya buatlah perencanaan promosi jika harus menggunakan influencer, pertimbangkan budget-nya, lalu pilih yang sesuai.

2. Lakukan riset tentang influencer dan konten yang dibuatnya

Kamu juga tidak boleh asal memilih influencer, sebaiknya tentukan beberapa kandidat influencer yang memang sesuai dengan target pasar dan budget bisnismu. Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran tentang promosi seperti apa yang dapat mereka berikan saat bekerja sama nanti. 

3. Cek engagement rate-nya

Terakhir adalah melakukan pengecekan engagement rate. Ini bisa menjadi tolak ukur dari keterlibatan followers di media sosial influencer apakah aktif atau tidak. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap konten promosi yang nanti akan kamu jalankan. 

Itulah pengertian seputar endorse influencer dan tips memilihnya. Cara promosi menggunakan endorse influencer ini memang sangat berpengaruh untuk melakukan pemasaran bisnis khususnya di era digital. 

Dalam pengelolaan bisnis di era teknologi seperti sekarang ini, ada baiknya untuk hindari pengerjaan manual, lebih baik mulai beralih ke sistem digital dengan Youtap POS yang seluruh kegiatannya seperti transaksi, pencatatan, analisis dan lain-lainnya dapat dilakukan secara online. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama