June 20, 2022

Manfaat Social Media Marketing untuk Kemajuan Bisnis

Membantu menghemat biaya promosi dan cara pelaksanaannya lebih praktis, simak yuk manfaat social media marketing untuk kemajuan bisnis berikut!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, salah satu strategi pemasaran paling jitu saat ini memang menggunakan Social Media Marketing. Tak hanya lebih praktis dan hemat biaya, pemasaran online melalui social media juga membantu menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, kamu harus mulai memahami apa itu social media marketing dan cara melakukannya. SImak penjelasannya berikut, yuk!

Apa Itu Social Media Marketing?

manfaat social media marketing
Gambar: freepik.com

Social Media Marketing atau disingkat sebagai SMM merupakan salah satu jenis strategi marketing yang dalam pelaksanaannya menggunakan platform media sosial. Saat ini marketing jenis satu ini memang sangat populer di semua jenis bisnis.

Strategi marketing satu ini dapat membantu perusahaan meningkatkan brand awareness, engagement, hingga optimasi penjualan secara online. Memasuki era digital seperti sekarang, memang menuntut kamu untuk harus mulai beradaptasi berjualan secara online agar mendapatkan banyak konsumen. 

Jenis Social Media Marketing

1. Facebook

Umumnya, Facebook digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan brand awareness dengan menggunakan konten. Menariknya lagi, kamu bisa memasang iklan online di Facebook ads dan menyesuaikannya dengan target pasar bisnis.

2. YouTube

YouTube adalah salah satu platform social media terbaik untuk melakukan video pemasaran. Banyak sekali pebisnis yang membuat channel YouTube untuk memasang iklan atau memasarkan produk. Jangka waktu iklan dan durasi dari setiap kontennya pun beragam, sesuai dengan kebutuhan.

3. Instagram

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan social media Instagram. Pasalnya hampir semua kalangan baik anak muda dan orang tua menggunakan social media satu ini untuk berbagai keperluan termasuk pemasaran bisnis. 

Pasalnya, Instagram cocok dijadikan sebagai katalog produk dalam bentuk foto di feeds. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan kolom komentar atau fitur polling serta question sebagai wadah diskusi antara pelanggan dengan perusahaan. 

4. Twitter

Twitter juga banyak digunakan oleh para pebisnis untuk melakukan pemasaran produk. Dalam hal social media marketing, Twitter banyak digunakan oleh per

5. Tiktok

Ini merupakan social media yang paling banyak digunakan oleh anak muda Generasi Z. Oleh karena itulah, tiktok sangat cocok bagi kamu yang ingin memasang iklan dalam bentuk video pendek dengan target pasar anak muda.

6. LinkedIn

Terakhir adalah LinkedIn, yang banyak digunakan oleh para pekerja dan profesional di bidangnya. Platform satu ini dapat dijadikan sebagai wadah social media marketing untuk bisnis yang bergerak di bidang B2B. 

Pentingnya Social Media Marketing

manfaat social media marketing
Gambar: freepik.com


A. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan sebuah situasi di mana konsumen dapat langsung mengenali dan mengingat brand sebuah perusahaan hanya dengan melihat logo, gambar, warna, atau contoh produk saja. 

B. Meningkatkan User Engagement

Dengan adanya peningkatan dalam brand awareness, maka produk yang dijual pun akan dengan mudah dikenali oleh konsumen dan membuat mereka tertarik membeli produk yang ditawarkan. 

C. Membantu memetakan target pasar bisnis 

 Penggunaan social media marketing juga dapat membantu dalam mempelajari kompetitor, mulai dari strategi marketing yang digunakan hingga inovasi produk yang dikeluarkan. Dengan begitu akan lebih mudah memetakan target pasar bisnis.

D. Membantu mendapatkan feedback produk dan strategi pemasaran 

Kamu juga dapat dengan mudah mendapatkan feedback atau masukkan secara online. Di mana nantinya, hall tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi yang cocok dalam memasarkan produk.

E. Lebih hemat biaya pemasaran

Seperti yang kita tahu, melakukan pemasaran di media sosial tentu dilakukan secara online dan lebih hemat biaya. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar atau bahkan tanpa biaya sepeserpun. 

Kamu dapat membuat akun social media gratis lalu mengunggah foto atau video yang akan dijual. Pengeluaran hanya diperlukan jika kamu melakukan iklan berbayar atau membeli tools pendukung.

F. Lebih efektif dan efisien

Terakhir adalah pemasaran menggunakan social media memang lebih efektif dan efisien. Pasar kamu dapat melakukan segmentasi pasar secara akurat melalui beberapa fitur analisis yang telah tersedia. 

Melalui social media kamu dapat menentukan segmentasi pasar berdasarkan umur, gender, tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Sehingga jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tak berbelit-belit.

Itulah penjelasan mengenai penggunaan social media untuk kebutuhan marketing. Pasalnya, social media marketing di era digital seperti sekarang telah menjadi salah satu strategi paling jitu dan populer bagi semua kalangan pebisnis. Menggunakan social media, tentu membantu banyak pelaku bisnis menjadi lebih untung karena proses pemasarannya tidak membutuhkan biaya terlalu besar. Selain itu, social media marketing juga dapat membantu mendapatkan calon pelanggan baru hingga dapat keuntungan banyak.

Selain itu, pastikan juga kamu mulai melakukan kelola bisnis secara praktis dan efektif menggunakan Aplikasi Youtap karena sudah tersedianya berbagai fitur canggih seperti pencatatan transaksi, pembayaran cashless, sistem kasir, hingga analisis penjualan sehingga lebih mudah melihat keuntungan bisnis secara keseluruhan. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama