March 26, 2024

Jenis-Jenis Direct Selling dan Cara Kerjanya

Disebut sebagai salah satu strategi penjualan paling efektif hingga saat ini, pahami yuk apa itu direct selling, jenis-jenis dan cara kerjanya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Demi menjalankan sekaligus kelola bisnis, tentunya ada banyak strategi pemasaran yang dilakukan dengan tujuan produk bisa terjual habis dan menghasilkan banyak keuntungan. Di mana salah satu cara penjualan tersebut menggunakan strategi direct selling. Kemudian, berdasarkan data riset tahun 2011 dari DSA (U.S. Direct Selling Association) diketahui sebanyak 44,6 juta pelanggan telah membeli produk melalui strategi direct selling ini. Melihat tingkat kesuksesan strategi ini cukup tinggi, kamu juga bisa menerapkannya lho. Namun sebelum itu pahami dulu yuk direct selling itu apa, mulai dari pengertian, manfaat hingga cara melakukannya.  

Apa Itu Direct Selling?

direct selling
gambar: freepik.com

Direct selling yang juga sering disebut sebagai direct sales adalah sebuah sistem penjualan yang tidak melibatkan pihak ketiga dalam proses distribusi produk antara produsen dan konsumen. Sederhananya, kamu akan melakukan penjualan produk secara langsung kepada konsumen.

Sedangkan penjualan tidak langsung akan melibatkan orang ketiga yang di mana distributor atau agen ikut serta dalam memasarkan produk, jadi journey pembelian konsumen pun akan lebih panjang. Sejauh ini, strategi direct selling memang jadi salah satu yang paling efektif untuk mempromosikan produk bisnis. Bahkan menariknya penjualan dengan cara ini terhindar dari kemerosotan yang signifikan. 

Baca Juga: Cara Kerja Marketing dalam Bisnis

Hal itu dibuktikan dari data Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) bahwa perusahaan yang telah melakukan strategi direct selling di tahun 2021 ternyata sukses mengalami peningkatan pendapatan sebanyak 25 triliun. Semakin populernya strategi direct selling ini di berbagai bidang, khususnya e-commerce tentu menjadikannya memiliki manfaat pada perusahaan seperti: 

  • Membantu perusahaan agar tetap bisa berinteraksi dengan konsumen. 
  • Membantu bangun hubungan yang lebih personal dengan konsumen. 
  • Jam kerja yang lebih fleksibel bagi para sales
  • Membantu meminimalisir tinggal kegagalan karena tidak ada pihak perantara. 
  • Proses transaksi pembelian tentu akan jauh lebih simpel bagi para konsumen, karena berinteraksi langsung dengan pihak pertama. 

Jenis-Jenis Direct Selling

1. Jenis Single-level Sales

Jenis pertama adalah single-level sales yang di mana seorang tenaga penjualan nantinya akan mendapatkan komisi langsung ketika berhasil memperdagangkan produk tertentu. 

2. Jenis Multi-level Sales

Berbeda dari sebelumnya, jenis multi-level sales ini tidak hanya sekadar menjual produk tapi juga bertanggung jawab untuk merekrut tenaga penjualan baru. Strategi pemasaran produk seperti ini biasanya populer di kalangan perusahaan seperti MLM (Multi Level Marketing).

3. Jenis Host Atau Party-plan Sales

Jenis terakhir adalah host atau Party-plan sales yang di mana mengharuskan perusahaan membuat suatu acara agar bisa mendatangkan banyak orang. Melalui acara tersebut, baru kamu bisa menawarkan produk atau layanan bisnis secara langsung kepada calon konsumen. Sederhananya, tidak hanya sekadar membuat acara besar tapi juga mempromosikan produk atau layanan secara langsung. 

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Konsep Strategi Pemasaran yang Tepat!

Cara Kerja Direct Selling

direct selling
gambar: freepik.com/jcomp

Sebelumnya perlu diketahui bahwa direct selling ini termasuk dalam kategori B2C (business-to-customer) yang terjadi secara langsung ataupun bisa juga dilakukan penawaran produk melalui media online. 

Penjualan dengan strategi ini akan sangat bergantung pada kemampuan sales saat mereka mendatangi dan memperkenalkan produk ke konsumen secara langsung. Selain disebut lebih efektif, direct selling ini juga membantu mengurangi biaya pemasaran dan overhead. Kemudian dengan adanya interaksi langsung tentu juga membantu hubungan dengan para konsumen jadi lebih baik. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa metode kerja direct selling: 

1. Metode Satu Lawan Satu (One-on-one Sales)

Metode pertama yaitu satu lawan satu, maksudnya sistem komunikasi tatap muka secara langsung antara produsen dengan konsumen. Sebagai contoh, sales yang pergi menemui konsumen secara langsung untuk membicarakan produk. Umumnya, para sales ini akan datang dari rumah ke rumah konsumen untuk menawarkan produk.

2. Metode Penjualan Secara Online 

Metode penjualan secara online biasanya dilakukan oleh perusahaan yang menerapkan jenis single dan multi level sales. Di mana metode penjualan online ini dianggap sukses untuk membantu menjual produk atau layanan bisnis hingga mengelola hubungan dengan berkelanjutan dengan konsumen. 

3. Metode Penjualan dengan Mengadakan Acara

Terakhir adalah metode dengan membuat sebuah acara agar target pasar atau konsumen berkumpul, dan kamu lebih efektif memperkenalkan serta menjual produk atau layanan bisnis. Nantinya, kamu bisa menghadirkan produk perusahaan di hadapan para tamu undangan, dan selanjutnya sales yang mempresentasikan hingga menawarkan produk kepada mereka.

Jadi apabila kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka bisa terapkan salah satu strategi direct selling, ya. Namun, sebelum itu pastikan dahulu jenis direct selling mana yang paling cocok dengan target market bisnis. Untuk mendukung seluruh proses kegiatan bisnis kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi kasir digital Youtap POS.

Pasalnya sistem POS ini akan memudahkan konsumen melakukan pembayaran karena sudah tersedia berbagai macam metode cashless. Ini tentunya sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang menjalankan sistem direct selling, sehingga saat proses pembelian seluruh transaksi bisa tercatat otomatis dan real time. Bahkan kamu bisa langsung menerima laporan keuangan, karena analisis penjualannya pun dilakukan oleh sistem. Cukup praktis, cepat dan efektif, bukan? Download Youtap POS sekarang juga, yuk!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama