February 23, 2023

#CeritaBos Yoga, Pemilik Bisnis Whiz Second Footwear Go Digital Bersama Youtap

Cerita BOS Whiz Second Footware, Yoga salah satu merchant di Tulungagung yang go digital dengan memanfaatkan aplikasi Youtap. Simak cerita selengkapnya di sini!

Pada dasarnya, peluang keuntungan dari bisnis sepatu sangatlah besar. Bagaimana tidak, seperti yang kita tahu bahwa sepatu memegang peran penting dalam bidang fashion. Jadi, tidak hanya sekadar menjadi kebutuhan alas kaki saja, tapi juga merupakan fashion icon agar penampilan terlihat lebih menarik.  Tersedianya banyak model sepatu, baik untuk wanita maupun pria tentu membuat peluang bisnis satu ini sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu saja, bahkan para BOS dapat menjual sepatu bekas yang langka. Hal tersebut ternyata juga dilakukan oleh Yoga, pemilik toko Whiz Second Footwear di Tulungagung. 

Baca Juga: 10 Usaha Menjanjikan Keuntungan Besar

Awal Mula Ide Bisnis Sepatu 

Melalui wawancara dengan tim Youtap, Yoga menceritakan bahwa awalnya semua hanya kebetulan saja karena memang hobi mengumpulkan barang-barang thrift bermerek. Akhirnya mulai dari Sekolah Menengah ke Atas (SMA), Yoga mulai mengenal banyak sekali brand.  Hal itulah yang kemudian menjadi passion Yoga, yaitu ketertarikannya terhadap barang-barang bermerek sampai akhirnya menghasilkan banyak keuntungan. Jadi, memang semua inspirasi dan ide bisnis sepatu ini lahir secara spontanitas saja. 

Yoga membeberkan bahwa bisnis sepatu yang dijalankannya tidak terlalu ikut-ikut dengan tren. Namun, ia justru menciptakan pasarnya sendiri. Bisnis sepatu ini sendiri dimulai dari tahun 2015. Setelahnya, Yoga mulai memutuskan untuk juga buka toko, dan menawarkan produknya ke pasar atau market di media sosial Facebook terlebih dahulu. Alasan lebih memilih Facebook pada saat ini, karena Instagram di tahun 2015 tersebut belum terlalu ramai seperti sekarang.  

“Sebenarnya kalau masalah inspirasi atau punya ide itu spontanitas, karena fashion dan passion-nya memang di bidang fashion dan jualan,” jelas Yoga. 

Instagram Whiz Second Footwear
Tampilan IG Whiz Second Footwear

Persiapan Bisnis Sepatu

Dalam mempersiapkan bisnis sepatunya, Yoga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jelas harus mempersiapkan modal terlebih dahulu. Pasalnya, apabila memiliki niat untuk memulai bisnis namun tidak tersedianya modal, maka akan sulit untuk dilakukan. Persiapan kedua adalah ketekunan. Jika sudah tersedia modal, pastikan kamu juga harus tekun dalam menjalankan bisnis tersebut, ya. Ketiga adalah konsisten, di mana kamu tidak perlu selalu mengikuti tren tertentu yang memang kurang sesuai dengan pasar bisnismu. 

Lalu, yang keempat adalah kejujuran. Pastikan untuk selalu jujur kepada customer, diri kita sendiri dan terutama dalam melakukan nilai-nilai bisnis tersebut. 

Baca Juga: 7 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Pemula

Tantangan yang Dihadapi selama Menjalankan Bisnis 

Tantangan dalam bisnis itu pasti ada, mulai dari kompetitor atau bahkan beberapa hal lainnya, bisa karena faktor internal maupun eksternal. Jadi, harus mengetahui bagaimana cara menghadapinya apabila kompetitor memiliki strategi yang hampir sama. Dalam hal ini, bisa menyiasatinya dengan marketing yang dibangun sendiri, cobalah untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam diri dan tuangkan pada bisnis. Jadi, kompetitor akan berpikir dua kali untuk menganggap bisnis milikmu sebagai rival atau musuh. 

Pastikan bisnis memiliki karakter atau hal-hal yang menonjol, seperti adanya self branding dan brand branding. Hal itu bisa menjadi senjata bahwa jualan yang kamu jalankan berbeda dengan orang lain. Sehingga, ketika orang mencari bisnismu, maka tanpa orang lain harus banyak membicarakannya lagi, mereka sudah mengetahuinya. 

Yoga, Pemilik Whiz SecondFooter
Dok Pribadi Youtap.id

Tips Bisnis dari Whiz Second Footwear

Tips bisnis yang paling utama dari Whiz Second Footwear adalah berani, yang artinya tidak takut untuk mencoba. Selain itu, berani memulai, maka juga harus nekat. Ibaratnya, percuma apabila hanya memiliki modal saja, namun tidak memiliki jiwa dalam berbisnis atau wirausaha. Mengapa kamu harus berani dan nekat? Alasan lainnya juga karena setiap orang lahir dari privilege yang berbeda. Maksudnya, belum tentu selalu lahir atau berasal dari keluarga yang kaya, belum tentu juga bisa membangun sebuah bisnis. Jadi, kamu harus menjadi orang-orang yang pemberani dan berjiwa besar.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Usaha Youtap dan Manfaatnya Bagi Kelangsungan Bisnis

Pengalaman penggunaan Youtap dan manfaatnya, Yoga menyatakan bahwa dirinya saat ini jauh lebih mudah untuk melakukan pengecekan pendapatan setiap bulan. Jadi, dapat terlihat grafik pendapatannya setiap bulan, apakah menurun atau naik. Sistem aplikasi usaha Youtap berbasis digital ini tentu membuat seluruh kegiatan bisnis jadi lebih mudah. Kemudian, banyak pelanggan juga lebih paham menggunakan sistem pembayaran digital, seperti aplikasi usaha Youtap atau Cashless Youtap. “Intinya youtap the best,” kata Yoga dalam wawwancara. 

Jadi, nggak perlu lagi ragu, yuk mulai dukung kegiatan bisnis dengan menggunakan aplikasi kasir digital Youtap POS yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis jadi lebih maju. Kamu bisa download Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store dan nikmati kemudahan dalam setiap transaksi bisnis yang dilakukan.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama