Demi berkembangnya sebuah bisnis maka pengukuran profitabilitas sangat penting. Oleh karena itulah pastikan untuk selalu membuat laporan laba rugi, yaitu catatan keseluruhan yang isinya tentang keuangan bisnis agar dapat membantu menilai profitabilitas berdasarkan data valid. Dalam artikel ini kamu akan mempelajari cara membuat laporan laba rugi bisnis yang tepat.
Melansir dari Investopedia, laporan laba rugi adalah salah satu dari tiga laporan keuangan penting yang digunakan untuk melaporkan kinerja keuangan perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Dua laporan penting lainnya adalah neraca dan laporan arus kas.
Laporan laba rugi berfokus pada pendapatan, beban, keuntungan, dan kerugian yang dilaporkan oleh suatu perusahaan selama periode tertentu. Dalam financial reporting, laporan laba rugi juga dikenal sebagai income statement atau profit & loss statement. Laporan keuangan ini dapat menunjukkan insight atau penilaian penting yang menggambarkan operasional perusahaan, efisiensi manajemen, dan performa bisnis.
Kemudian, dalam laporan laba rugi ini sendiri ada empat elemen utama dalam yaitu revenue (pendapatan), expenses (biaya), gains (keuntungan) dan losses (kerugian). Jadi, untuk melihat keuntungan dan kerugian perusahaan kamu bisa menentukannya dengan cara mengurangi seluruh pendapatan dengan berbagai jenis biaya menurut Corporate Finance Institute. Biaya yang dimaksud adalah seluruh biaya operasional dan nonoperasional, seperti pajak, administrasi, penjualan, dan lainnya.
Berikut beberapa daftar yang lebih rinci mengenai komponen yang biasanya harus ada dalam laporan laba rugi dilansir dari Harvard Business School Online:
Setelah memahami pengertian beserta komponen pentingnya di atas, kini saatnya kamu mempelajari cara membuat laporan laba rugi dengan tepat sebagai berikut:
Manfaat pertama adalah membantu melacak kinerja bisnis. Pasalnya format laporan laba rugi ini dapat memudahkan kamu membaca dan memahami apakah bisnis mengalami keuntungan atau justru kerugian. Jadi, melalui laporan ini kamu dapat mengetahui seluruh pendapatan yang diterima dalam suatu periode dikurangi seluruh biaya yang dibayarkan pada periode yang sama.
Manfaat kedua adalah membantu melihat apakah pertumbuhan pendapatan dapat mendorong laba atau memangkas pengeluaran akan mendorong laba ketika Anda memeriksa laporan laba rugi atau kombinasi kedua strategi tersebut.
Manfaat ketiga adalah mempermudah menghitung margin keuntungan dari laporan laba rugi. Jadi dapat mempertahankan margin keuntungan yang konsisten atau meningkatkannya dari waktu ke waktu akan membantu tingkat keuntungan tetap stabil.
Manfaat keempat adalah membantu memantau keuntungan secara rutin. Pasalnya melalui laporan laba rugi yang dibuat dapat membantu kamu memahami fluktuasi garis keuntungan dan mengidentifikasi masalah tertentu.
Itulah pengertian, komponen, cara membuat laporan laba rugi hingga manfaatnya untuk perusahaan dagang dan jasa. Agar pembuatan laporan keuangan untuk melihat laba dan rugi jadi lebih mudah, maka ada baiknya untuk menggunakan sistem digital Youtap POS, yuk. Di mana sistem POS ini tidak hanya membantu dalam proses pembayaran digital saja, tapi juga mencatat seluruh transaksi penjualan, analisis hingga pembuatan laporan.
Jadi, tidak perlu lagi repot melakukan pencatatan dan pembuatan laporan secara manual tapi hanya dalam satu aplikasi kamu bisa melakukan beberapa kegiatan operasional bisnis. Yuk download Youtap POS sekarang juga!