Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 13, 2022

5+ Cara Tepat Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Wajib Diketahui oleh Para Pelaku Bisnis

Setiap pelaku bisnis pasti ingin biaya operasional perusahaannya lebih hemat, bukan? Agar mengambil keputusan yang tepat cara tepat menghemat biaya operasional yang tepat.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Setiap pelaku bisnis pasti ingin biaya operasional perusahaannya lebih hemat, sehingga dapat  dialokasikan untuk kebutuhan lain. Tak hanya itu saja, berhemat juga berarti menambah jumlah keuntungan perusahaan. Namun, bagaimana cara tepat menghemat biaya operasional perusahaan?

Cara Tepat Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

1. Menghemat pemakaian energi

biaya operasional perusahaan
Gambar: freepik.com/creativeart

Cara pertama untuk menghemat biaya operasional perusahaan adalah menghemat energi. Walaupun kelihatannya nampak sepele, namun tanpa disadari sebenarnya biaya listrik dan air dapat dipangkas menjadi lebih hemat, lho. 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengingatkan karyawan untuk mematikan air yang mengalir di toilet, peralatan listrik saat jam pulang tiba, dan lain-lainnya. Hal-hal ini yang dapat membantu mengurangi pengeluaran tagihan rutin perusahaan. 

2. Memberikan pelatihan internal

Cara kedua adalah memberikan pelatihan internal. Ada baiknya kamu berhenti untuk mengadakan pelatihan dengan pihak lain dari luar perusahaan. Alasannya karena kegiatan tersebut pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Contohnya biaya transportasi, akomodasi, hingga biaya untuk para pengajar dari luar.

Jadi, ada baiknya untuk memanfaatkan senior di perusahaan atau dari pihak internal saja dalam membantu memberikan arahan serta pelatihan para pekerja junior. Dengan demikian, tidak perlu ada tambahan biaya untuk pelatihan eksternal di luar kantor.

3. Mulai mengatur ulang anggaran

biaya operasional perusahaan
Gambar: freepik.com/cookie_studio

Cara ketiga adalah mengatur ulang anggaran perusahaan. Pastikan saja kamu memasukkan kebutuhan utama ke dalam anggaran dan meminimalkan kebutuhan yang kurang penting. 

Lakukan evaluasi secara berulang penggunaan anggaran perusahaan. Kemudian, tetapkan mana pos pengeluaran yang penting dan tidak. Dengan demikian maka penggunaan anggaran dana perusahaan lebih efisien.

4. Mengatur dengan benar terkait cuti karyawan

Cara keempat adalah mengatur cuti karyawan. Perlu kamu ketahui bahwa pengaturan cuti karyawan ternyata juga sangat berdampak pada biaya operasional perusahaan, lho. Pasalnya, pengaturan cuti yang kurang optimal membuat produktivitas perusahaan menurun. Sehingga dengan biaya operasional yang tetap didapatkan produksi justru lebih minim.

Oleh karena itu, lakukan pengaturan yang sesuai pada cuti karyawan. Usahakan untuk memastikan produktivitas perusahaan tetap optimal saat ada karyawan yang mengajukan cuti, ya.

Baca juga: 6 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan

5. Evaluasi penggunaan sarana 

Cara kelima adalah mengevaluasi penggunaan sarana perusahaan. Biasanya, perusahaan akan menyediakan berbagai macam sarana untuk memenuhi kebutuhan karyawannya. Namun, jangan lupa untuk melakukan evaluasi penggunaan sarana perusahaan secara berkala.

Perhatikan kondisi penggunaan sarana perusahaan yang tidak pada tempatnya, sehingga biaya operasional tidak terbuang sia-sia. 

6. Mulai menerapkan penggunaan aplikasi

Cara terakhir adalah penggunaan aplikasi. Cara ini membantu proses pekerjaan HRD dan staff keuangan agar lebih efektif dan efisien. Kamu tidak perlu membutuhkan banyak waktu dibandingkan menggunakan cara manual.

Tak hanya itu saja, semuanya dapat dilakukan dengan otomatis sehingga menghemat tenaga yang diperlukan. Ketika tenaga yang dipakai lebih minim, maka biaya yang harus dikeluarkan pun otomatis lebih sedikit. 

Itulah beberapa cara menghemat biaya operasional perusahaan yang efektif dan tepat. Oleh karena itu, kini saat yang tepat bagi perusahaanmu untuk mulai beralih ke sistem digital dengan Aplikasi Bisnis Youtap. Hanya melalui satu aplikasi, kamu bisa kelola perusahaan dengan lebih mudah di mana saja dan kapan pun.  

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama