Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 11, 2021

8 Hal yang Harus Dipersiapkan Matang Agar Bisnis Kafe Sukses

Melihat ada peluang besar untuk bisa mendapatkan keuntungan, tapi pastikan juga kamu mempersiapkan beberapa hal berikut agar bisnis kafe sukses.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di kalangan milenial saat ini, bisnis kafe sangat menarik untuk dicoba, karena meningkatkannya jumlah konsumen di pasaran. Namun, sayangnya membuat kafe atau kedai kopi tidak semudah itu karena banyak yang harus diperhatikan. Dan berikut ini hal yang harus kamu persiapkan saat memulai bisnis kafe. 

Hal-Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Membuka Bisnis kafe 

1. Pahami Hal-Hal yang Berkaitan dengan Menu Kafe

bisnis kafe
gambar: freepik.com/lifeforstock

Salah satu menu yang wajib ada pada bisnis kafe adalah kopi. Menu satu ini memang paling banyak diminati oleh kalangan anak muda. Jadi, ketika ingin membuka bisnis kafe ada baiknya kamu lebih dulu paham terkait dengan pembuatan kopi. 

Baca Juga: Cara Tepat Menentukan Menu Usaha Kuliner

2. Lakukan Riset ke Kafe Kompetitor

Selain fokus membangun kafe milikmu sendiri, sebaiknya jangan lupakan juga untuk melakukan riset ke tempat-tempat kompetitor. Dengan melakukan riset ini kamu bisa melihat perbandingan rasa, harga dan pengunjung yang datang ke kafe tersebut. Selain itu, juga bisa menjadi inspirasi dalam menentukan konsep kafe. 

3. Kualitas Pelayanan Kafe 

Selain kualitas rasa dan tempat, salah satu yang membuat pelanggan nyaman berada di kafe adalah pelayanan yang diberikan. Pastikan dalam pelayanan kafe kamu tidak mengabaikan pelanggan, karena hal tersebut yang akan menentukan perkembangan bisnis. Jadi, hal yang wajib dipahami lainnya ketika ingin membuka sebuah kafe adalah pelajari bagaimana pelayanan yang dibutuhkan oleh pelanggan kafe.  

4. Pikirkan dengan Matang Konsep Kafe

Coba buat konsep kafe secara matang di awal bisnis, tentukan dengan jelas target pasar yang ingin kamu capai. Mulai dari lokasi, desain interior, hingga furniture kafe harus kamu perhatikan dengan baik. Kemudian kamu juga harus memikirkan model penjualannya kepada pelanggan.

BACA JUGA: Keuntungan Promosi di Instagram dan Cara Melakukannya

5. Lakukan Promosi Kafe dengan Tepat 

Promosi memang menjadi hal wajib yang harus dilakukan agar orang-orang mulai sadar dengan bisnis kafe milikmu. Biasanya dalam rangka untuk menarik minat pelanggan agar mau mencoba kafe milikmu, akan ada sebuah promo menarik dan unik. 

Dalam melakukan promosi kafe ini biasanya memang kamu membutuhkan lebih banyak uang ekstra untuk memperbanyak jaringan dan konsumen melalui iklan. Salah satu contohnya, kamu bisa juga memanfaatkan media sosial atau mengajak influencer menghadiri kafemu. 

6. Terapkan Strategi Marketing yang Tepat Sesuai Target Pasar

Melakukan strategi marketing yang tepat memang memegang peranan penting agar usaha bisa terus berjalan. Beberapa strategi marketing yang tepat saat ini menggunakan platform media sosial seperti instagram. Lalu, biasanya pelanggan akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa diskon kepada pengunjung yang sudah mengikuti akun kafe milikmu. 

7. Pilih Perlengkapan Pendukung Usaha

bisnis kafe
gambar: freepik.com

Selain konsep, desain interior, menu, dan rasa adan juga penilaian pengunjung terhadap sebuah cafe. Salah satu contohnya adalah kelengkapan alat pendukung kafe seperti sistem pembayaran yang digunakan. 

Dalam hal sistem pembayaran ini, kamu bisa menggunakan Aplikasi Kasir Youtap di mana semua transaksi bisa dicatat secara cepat dan akurat. Dan aja juga fitur pembayaran non-tunai di mana hal ini lebih memudahkan pelanggan. 

8. Konsisten dalam Menjalankan Bisnis

Terakhir, kamu juga harus konsisten ketika sedang menjalankan bisnis. Pastikan kamu selalu menjaga kualitas rasa dan pelayanan serta tempat kafe. Jangan selalu berubah setiap waktu, hal seperti itu justru akan membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Bisnis kafe sesungguhnya tidak hanya masalah budget dan mengikuti tren. Tetapi juga tentang konsistensi dalam menjalankan bisnis. 

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan secara matang seperti melakukan riset, konsisten, membuat strategi pemasaran menarik, promosi maksimal, dan lain-lainnya. Ditambah pastikan kamu juga melakukan pengelolaan bisnis dengan benar. 

Dalam melakukan pengelolaan bisnis ini agar menjadi lebih praktis, efektif dan mudah, cobalah untuk mulai gunakan Aplikasi Youtap. Pasalnya, Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Bisnis memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola bisnis secara digital. Selain itu, kamu juga bisa beli seluruh kebutuhan stok bahan-bahan kafe di Youtap BOS.

bisnis kafe


AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama