June 14, 2022

Keuntungan Promosi di Instagram dan Cara Melakukannya

Tidak hanya sekadar platform untuk membagikan foto dan video pribadi, tapi saat ini juga ada banyak keuntungan promosi di instagram dengan beberapa cara berikut!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu platform media sosial paling populer di seluruh dunia saat ini adalah Instagram. Tak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, Instagram juga sering digunakan untuk melakukan promosi bisnis. Bagi yang tertarik, berikut keuntungan promosi di Instagram dan cara melakukannya. 

Keuntungan Promosi di Instagram

Seperti yang kita tahu, agar dapat melakukan promosi di Instagram yang efektif, kamu bisa menggunakan Instagram Ads. Selain itu, promosi di Instagram juga memberikan beberapa keuntungan lainnya:

  • Membantu meningkatkan Brand Awareness dan membangun kepercayaan pelanggan, mendorong loyalitas, juga mempermudah mendapatkan peluang lebih banyak.
  • Membantu mendapatkan informasi pengguna Instagram secara spesifik yang didapatkan melalui fitur insight. Nantinya, data-data tersebut mempermudah untuk menyusun strategi promosi atau penjualan yang lebih efektif. 
  • Bisa menampilkan iklan dengan format beragam seperti gambar, video, dan beberapa gambar di dalam satu postingan. Sehingga membuat para pengguna lebih tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Mereka juga akan memberikan like, komentar, atau bahkan mengikuti (follow) akun bisnis milikmu. 

Lalu, Bagaimana Cara Efektif Promosi di Instagram?

1. Gunakan akun Instagram Business 

Pertama, harus menggunakan akun Instagram Business agar bisa mendapatkan lebih banyak fitur untuk mengembangkan usaha, termasuk melakukan promosi. Selain itu, juga membuat interaksi jadi lebih efisien antara pelanggan dengan para pemilik bisnis. 

2. Mengoptimalkan profil akun

Kedua, mengoptimalkan profil akun bisnis agar para calon pelanggan lebih mudah mengenal bisnis, hanya dengan melihat keterangan pada tampilan awal. Dan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk bisnis. 

3. Posting konten-konten berkualitas dan menarik

keuntungan promosi di instagram
Gambar: freepik.com

Ketiga, posting konten-konten berkualitas dan menarik dengan visual unik. Lalu, agar bisa menarik perhatian calon konsumen, cobalah menggunakan tema bahasan yang relevan dengan target pasar serta produk. 

Selain itu, juga sangat dibutuhkan konsistensi dari konten yang diposting baik dari desain, gaya komunikasi, hingga  jadwal unggah. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan tools Instagram untuk menghasilkan konten menarik dan terjadwal.

4. Melakukan promosi silang  

Keempat, melakukan promosi silang dengan posting di platform media sosial lain. Posting silang konten ke platform media sosial lain dapat membantu mendapatkan lebih banyak ROI pada Instagram. 

5. Mengikuti topik yang sedang tren

Kelima, kamu harus selalu update atau mengikuti perkembangan tren terbaru pada bisnis. Pasalnya sebuah tren umumnya suatu hal yang sederhana seperti menggunakan fitur Instagram baru, challenge atau perubahan-perubahan sosial lainnya. Hal ini mampu memperluas jangkauan lebih luas dan membantu memperkuat nilai inti merek. 

6. Posting di waktu yang tepat

Keenam, pastikan kamu posting konten bisnis di waktu yang tepat dan konsisten agar sukses mendapatkan keuntungan maksimal. Pasalnya dengan posting konten di waktu yang tepat, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat dan tertarik. 

7. Mengadakan giveaway

keuntungan promosi di instagram

Ketujuh, mengadakan giveaway untuk mempromosikan produk bisnis. Hingga saat ini, giveaway memang dianggap lebih efektif untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis karena memungkinkan pelanggan mengenal dan mencoba produk secara gratis. Nantinya, jika ada pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan bisnismu, besar kemungkinan mereka melakukan repeat order. Bahkan ada juga yang ingin mempromosikan produk bahkan tanpa diminta.

Baca juga: Pengertian Giveaway dan Tips Melakukannya

8. Melakukan kerjasama dengan influencer

Kedelapan, melakukan kerjasama dengan influencer. Cara pemasaran satu ini diklaim cukup efektif meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis. Hal ini dikarenakan influencer membantu bisnis menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang merupakan pengikut mereka.

9. Membagikan testimoni jujur dari pelanggan

Kesembilan, membagikan testimoni jujur dari pelanggan. Ini penting dilakukan karena jadi salah satu upaya meyakinkan prospek terhadap kualitas produk bisnis milikmu. Jadi, gunakan kesempatan ini dengan menanyakan pengalaman pelanggan setelah mencoba produk atau layanan. 

10. Membangun interaksi yang baik dengan audiens

Terakhir, membangun interaksi yang baik dengan audiens. Kamu bisa menggunakan stiker lucu untuk memancing interaksi dengan audiens. Selain itu, juga bisa menggunakan stiker pertanyaan, pilihan jawaban, polling, dan lain-lainnya pada bagian Instagram Story.

Itulah beberapa keuntungan promosi di Instagram dan cara melakukannya agar lebih efektif. Agar hasilnya lebih maksimal, ada baiknya kamu mulai menggunakan sistem digital dalam pengelolaan bisnis dengan menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama