April 26, 2022

Pengertian Giveaway dan Tips Melakukannya

Jadi salah satu cara untuk menarik banyak audiens saat memperkenalkan brand ke masyarakat, berikut pengertian giveaway dan tips melakukannya. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Giveaway saat ini memang banyak dilakukan di media sosial untuk mempromosikan sebuah brand atau produk tertentu. Melalui giveaway ini kamu bisa menarik banyak audiens dan memperkenalkan brand milikmu ke masyarakat. Agar lebih jelas, berikut pengertian giveaway dan cara melakukannya. 

Pengertian Giveaway

pengertian giveaway
Gambar: freepik.com

Giveaway adalah salah satu strategi promosi yang teknis pelaksanaannya dengan cara registrasi. Dari semua pendaftar yang telah sukses registrasi tadi, akan dipilih satu atau tiga pemenang undian. Dan mereka yang telah ditentukan sebagai pemenangnya berhak mendapatkan hadiah secara gratis.

Jika kamu memiliki tujuan marketing dalam giveaway ini, maka hadiah yang diberikan kepada para pemenangnya berupa produk promosional. Perlu kamu ketahui bahwa melakukan strategi marketing yang satu ini tak hanya sekadar membakar uang saja, lho. Tetapi sama saja dengan melakukan iklan online. Oleh karena itu, dampak dari giveaway ini tidak boleh disepelekan.

Apa Pentingnya Melakukan Giveaway?

1. Giveaway bisa jadi iklan dengan budget murah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa giveaway ini adalah salah satu iklan online. Di mana juga bisa menarik banyak audiens di media sosial. Namun, bedanya giveaway adalah salah satu iklan online yang bisa dilakukan dengan budget murah. 

Apalagi, jika dibandingkan dengan iklan di billboard dan tempat-tempat lainnya. Tentu giveaway menjadi salah satu iklan online paling efektif untuk mempromosikan sebuah brand atau produk tertentu.  

Ini bisa disebut sebagai cara promosi paling baik karena nantinya hadiah dari giveaway bisa digunakan oleh orang banyak dan mereka akan membawanya ke mana pun. Hingga pada akhirnya, banyak orang akan menyadari produk bisnis milikmu. 

2. Fleksibel

Kamu tidak perlu lagi takut untuk kehabisan budget promosi, karena dengan giveaway kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Sehingga promosi bisa tetap berjalan dengan lancar sampai mampu menarik banyak audiens. 

Tips Melakukan Giveaway

pengertian giveaway

1. Sesuaikan dengan tujuan

Tips pertama sebelum mengadakan giveaway kamu harus lebih dulu menyesuaikan dengan tujuan promosi. Sebagai contoh, apakah ingin meningkatkan engagement followers atau yang lainnya? 

Jika tujuannya engagement, maka kamu bisa menciptakan konten yang mengajak audiens untuk ikut berkomentar dan mention teman-teman mereka di media sosial. Alternatif lainnya, meminta audiens untuk melakukan review produk. 

2. Memilih hadiah yang tepat

Selanjutnya adalah memilih hadiah giveaway yang tepat. Kamu bisa memberi hadiah kepada pemenang giveaway berupa merchandise atau kode promo khusus. 

3. Ajak kolaborasi influencer

Peran influencer untuk promosi bisnis sangatlah berpengaruh khususnya di media sosial. Sehingga mengajak kolaborasi influencer bisa melancarkan program giveaway yang kamu buat. Mereka mampu mendorong lebih banyak orang mengikuti giveaway ini dan membuat brand bisnis milikmu semakin banyak dikenal di pasaran. 

Itulah pengertian giveaway, pentingnya melakukan hal tersebut, dan tips mengadakannya dengan benar. Selain itu, kamu juga harus memikirkan strategi dalam pengelolaan bisnis. Pasalnya di era digital seperti sekarang ini, semua bisnis sudah mulai dikelola secara online dari jarak jauh menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama