Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 5, 2024

Apa Itu Product Knowledge dalam Pemasaran Bisnis?

Apabila ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka tidak hanya perlu mempertahankan kualitas saja tapi juga pahami product knowledge dengan benar saat pemasaran. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Meningkatkan penjualan dalam bisnis memang menjadi salah satu hal penting. Biasanya para pelaku bisnis akan melakukan berbagai macam strategi promosi online. melalui media sosial, website, hingga iklan berbayar.  Selain itu, promosi ini juga bisa dilakukan offline dengan bantuan sales.

Nantinya sales akan menawarkan produk bisnis ke calon konsumen, tapi pastikan bahwa mereka telah menguasai product knowledge, ya. Dimana dengan adanya penjelasan materi produk yang lengkap dan jelas maka calon konsumen tertarik untuk membelinya tanpa ragu. 

Jadi, untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu juga dapat melakukan promosi offline dengan bantuan sales. Lalu, agar proses promosi ke calon konsumen berjalan lebih lancar, maka pahami terlebih dahulu apa itu product knowledge, manfaat melakukannya dan tips-tips berikut yuk. 

Apa Itu Product Knowledge?

apa itu product knowledge
gambar: freepik.com/jannoon028

Melansir dari SendPulse, product knowledge adalah sebuah kemampuan seseorang untuk mengetahui semua hal terkait dengan apa yang mereka tawarkan kepada calon pengguna, baik itu barang maupun jasa. Beberapa hal penting dalam sebuah produk yang wajib diketahui adalah ciri-ciri, harga, karakter khusus dari produk atau jasa hingga kelebihan dan kekurangannya. 

Apabila seseorang sudah memahami seluruh produk atau jasa bisnis yang akan ditawarkan ke konsumen, maka hal itu akan mempermudah mereka dalam melakukan promosi. Bahkan mereka juga bisa membuat konsumen mencapai tahap pembelian karena kepandaiannya dalam menjelaskan dan juga membangun hubungan yang baik dengan calon pembeli.

Manfaat Memiliki Kemampuan Product Knowledge

1. Membantu Meyakinkan Calon Pembeli 

Manfaat pertama adalah membantu meyakinkan calon pembeli. Pasalnya, jika seorang sales punya kemampuan tentang product knowledge yang baik, maka dapat meyakinkan lebih banyak pembeli untuk melakukan transaksi. 

Product knowledge ini sendiri bahkan dapat membantu meyakinkan calon konsumen yang awalnya tidak yakin untuk melakukan transaksi, bila mereka diberikan penjelasan yang jelas dan rinci. 

2. Komunikasi Lebih Baik dengan Konsumen 

Manfaat kedua adalah membuat komunikasi dengan konsumen jadi lebih baik. Pasalnya, dengan menguasai seluruh materi tentang produk atau jasa bisnis maka akan lebih mudah memperkenalkan produk kepada calon pembeli. Bahkan pada saat calon pembeli menanyakan informasi produk secara detail, para penjual dengan percaya diri bisa menjawab hal-hal yang ditanyakan tersebut. Jadi, tidak heran apabila seorang penjual yang sudah memiliki product knowledge akan lebih mudah menggaet calon pembeli.

3. Bantu Tingkatkan Target Penjualan 

Manfaat ketiga adalah membantu meningkatkan target penjualan. Sadar atau tidak ternyata memahami product knowledge ini akan menjadi salah satu faktor meningkatkan target penjualan. Biasanya para sales yang memiliki kemampuan product knowledge akan melakukan promosi sebuah produk kepada calon pembeli dengan rinci, sehingga mereka tertarik untuk membelinya. 

4. Bantu Meningkatkan Kualitas Produk

Manfaat keempat adalah membantu meningkatkan kualitas produk. Pasalnya dengan memahami secara rinci tentang produk yang ditawarkan ke pelanggan, baik itu kelebihan dan juga kekurangannya, hal itu bisa jadi faktor pendorong untuk melihat kualitas kompetitor. 

Hal itu pun tentunya bisa jadi pendukung proses peningkatan produk, tapi akan lebih baik jika bersamaan dilakukan survey pengalaman dari para pengguna. Cara ini akan membantu kamu melihat kekurangan produk bisnis sendiri dengan kompetitor

BACA JUGA: Manfaat Kemasan Produk dalam Pemasaran Bisnis

Cara Meningkatkan Product Knowledge

apa itu product knowledge
gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Lakukan Sosialisasi Dengan Tim Internal

Cara pertama adalah melakukan sosialisasi dengan tim internal terlebih dahulu terkait dengan produk yang akan ditawarkan ke pelanggan. Tim internal yang dimaksud adalah sales atau marketer, pastikan lakukan sosialisasi bersama dengan mereka. Selain itu jangan lupa untuk melakukan sebuah penelitian secara berkala terkait dengan produk, apakah sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen atau tidak. 

2. Pahami Jenis Produk

Cara kedua adalah memahami jenis produk, mulai dari spesifikasi, manfaat hingga kepuasan para pengguna. Ketiga komponen ini penting sekali bagi sales. Kemudian, dalam proses pemahamannya ketiga jenis dari product knowledge ini juga mungkin terlihat lebih merepotkan. 

Apabila seorang sales sudah bisa menguasai jenis-jenis product knowledge bisnis, maka keuntungan tidak hanya didapatkan oleh perusahaan tapi juga ada potensi mengembangkan bisnis sekaligus peningkatan jumlah penjualannya. 

3. Punya Pemikiran yang Kreatif Untuk Jangka Panjang

Cara ketiga adalah memiliki pemikiran yang kreatif untuk jangka panjang, di mana ini jadi salah satu metode untuk meningkatkan product knowledge. Oleh karena itulah, ada baiknya kamu selalu memantau produk dari kompetitor hingga bagaimana pergerakan di pasar agar selalu bisa beradaptasi sesuai kebutuhan dan minat masyarakat. 

Dengan begitu maka ide kreatif untuk proses pengembangan produk akan bisa jadi lebih baik. Perlu diketahui juga bahwa memiliki pemikiran kreatif jangka panjang tak hanya untuk satu produk saja. 

Itulah beberapa penjelasan seputar product knowledge, manfaat hingga cara meningkatkannya. Namun semua produk yang akan dijual juga sebaiknya bisa dijadikan sebagai media atau dasar peningkatan kemampuan product knowledge. Selain itu, pastikan juga kamu mengelola bisnis dengan menggunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS, yang akan bantu melakukan pencatatan, transaksi dengan berbagai metode pembayaran hingga analisis penjualan. Seluruh kegiatan bisnis tersebut tentunya bisa dilakukan secara otomatis dan real time, sehingga jadi lebih praktis, cepat serta efektif. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama