January 19, 2022

Manfaat Kemasan Produk dalam Pemasaran Bisnis

Tak hanya sekadar untuk branding bisnis, berikut ini beberapa manfaat kemasan produk yang juga perlu kamu ketahui. Apa saja, ya? 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Packaging atau kemasan produk menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika berjualan. Kemasan produk ini adalah bagian dari branding untuk mengenalkan produk ke pasaran.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak sekali pebisnis yang masih menyepelekan kemasan produk. Padahal, kemasan juga dapat mempengaruhi penjualan bisnis. Tak hanya sekadar untuk branding, berikut ini manfaat kemasan produk yang juga perlu kamu ketahui. 

Manfaat Kemasan Produk Harus Aman dan Menarik 

1. Kemasan yang Aman Dapat Melindungi Kualitas Produk

manfaat kemasan produk
Gambar: freepik.com/bublikhaus

Fungsi utama dari kemasan sebenarnya untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak saat diterima oleh pelanggan. Kemasan produk yang aman ini dapat memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah rusak, basah, dan cacat saat berada dalam perjalanan. 

Saat pengiriman produk, terkadang produk sangat berisiko rusak bisa karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan yang aman dan rapi, risiko kerusakan pada produk pun semakin kecil. 

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Selain itu, dengan adanya kemasan produk yang menarik juga dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis milikmu. Bagi bisnis online, konsumen akan merasa puas apabila produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. Dengan begitu kepercayaan pelanggan pun secara otomatis akan terbangun.

3. Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan

manfaat kemasan produk
Gambar: freepik.com/pressfoto

Selain aman dan rapi, pastikan juga kemasan produk juga menarik. Kamu bisa coba menggunakan jasa desainer yang memang sudah berpengalaman dalam mendesain produk. Sehingga bisa mendapatkan kemasan yang baik dan cocok untuk jenis produk yang dijual. Kemasan yang kreatif ini dapat menambah daya tarik konsumen untuk membelinya. Bahkan apabila memiliki desain unik, pelanggan akan menyimpannya dan tidak ingin membuangnya.

4. Mempromosikan Produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kemasan produk juga bisa menjadi salah satu cara untuk branding bisnis. Di mana pada kemasan, kamu bisa mencantumkan sejumlah informasi tentang produk seperti nama brand, harga, logo, tagline, alamat website, manfaat, akun media sosial, cara pembuatan produk, dan lain-lain. Tetapi kamu harus memastikan informasi produk tidak sampai memenuhi desain kemasan, karena akan jadi tidak menarik dan terlihat penuh. 

5. Menjadi Identitas Bisnis

Apabila memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk menjadi identitas perbedaan. Dengan kemasan produk yang menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat dan tahu apa yang membedakan bisnis milikmu dengan kompetitor. 

Itulah beberapa manfaat kemasan produk yang aman dan menarik dalam pemasaran. Bagi kamu yang baru saja memulai bisnis, sebaiknya juga persiapkan desain kemasan yang unik dan menarik. Sedangkan bagi pebisnis lama yang sudah berjalan, perhatikan kembali desain kemasan produk apakah sudah memenuhi syarat yang aman, rapi dan menarik atau belum. Kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama