5 Contoh Cara Menerapkan Poin Reward untuk Pelanggan

Mampu bantu tingkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis, berikut beberapa contoh cara menerapkan poin reward yang menarik untuk dilakukan. Apa saja, ya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Umumnya banyak pelaku bisnis yang enggan menerapkan poin reward untuk pelanggan karena hanya dianggap sebagai strategi jangka pendek saja. Padahal kenyataannya, dengan menerapkan strategi poin reward, kamu akan lebih mudah membangun loyalitas pelanggan. 

Bahkan kini hampir seluruh perusahaan startup menerapkan poin reward, jadi semakin besar transaksi yang didapat, maka akan semakin besar pula reward yang didapatkan oleh pelanggan. Bagi kamu yang tertarik menerapkan strategi satu ini, simak beberapa contoh cara mem

Pengertian Poin Reward Pelanggan

poin reward
gambar: freepik.com

Poin reward untuk pelanggan adalah salah satu strategi untuk mengapresiasi mereka dengan cara memberikan poin atas setiap tindakan pembelian yang sudah dilakukan. Poin yang telah didapatkan oleh pelanggan tersebut, nantinya dapat ditukarkan dengan barang atau diskon untuk transaksi selanjutnya.

Manfaat dari poin reward ini tentu untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis, sehingga dapat membantu pertumbuhan bisnis. Jadi, kedepannya akan semakin sering  pelanggan atau konsumen datang ke bisnis milikmu.

Bahkan jika pelanggan semakin loyal dengan bisnis milikmu, maka mereka tidak akan pikir panjang untuk berbelanja lebih banyak lagi hingga merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya, lho.

Contoh Cara Menerapkan Poin Reward untuk Pelanggan

1. Poin Diberikan Saat Pelanggan Mendaftar (register)

Biasanya untuk bisa membeli barang tertentu beberapa pemilik bisnis mengharuskan pelanggannya untuk daftar atau register terlebih dahulu. Lalu, akan ada dua jenis pendaftaran yang bisa diberi dalam bentuk poin, yaitu: 

  • Memberi poin saat pelanggan melakukan pendaftaran di situs resmi bisnis. 
  • Memberi poin saat pelanggan mendaftarkan diri sebagai anggota.

Seperti yang kita tahu bahwa saat pelanggan mengunjungi website, tidak semua bersedia berbagi informasi dengan cara mendaftarkan diri menjadi anggota. Jadi, untuk menarik perhatian mereka, cobalah untuk memberikan insentif dalam bentuk poin. 

Selain memberikan poin reward, data dari pendaftaran pelanggan tadi bisa digunakan untuk membuat strategi pemasaran yang lebih personal kedepannya. 

2. Poin Diberikan Saat Pelanggan Melakukan Transaksi

Ini adalah salah satu cara penerapan poin reward yang terbilang paling mudah karena hanya dengan melakukan transaksi banyak, mereka bisa mendapatkan poin tinggi.

3. Poin Diberikan Sebagai Hadiah Kejutan

poin reward
gambar: freepik.com/mamewmy

Setiap orang pasti sangat senang ketika mendapatkan hadiah kejutan, bukan? Sama halnya dengan pelanggan, mereka tentu akan bahagia jika mendapatkan hadiah setelah puas berbelanja. Namun, hadiah yang bisa kamu berikan berupa poin reward

Pelanggan tentu akan merasa diberikan apresiasi dan semakin terhubung dalam emosi khusus dengan bisnis milikmu. 

4. Poin Diberikan Saat Pelanggan Memberikan Ulasan Positif

Ulasan positif memang menjadi salah satu hal penting bagi bisnis untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Oleh karena itulah, ada baiknya kamu mengapresiasi pelanggan yang memberikan ulasan positif terkait produk bisnis. Caranya dengan memberikan poin reward bisa berupa produk bisnis atau potongan harga saat melakukan pembelian selanjutnya. 

Jadi, poin reward adalah salah satu strategi jangka panjang untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnismu. Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan, seperti memberikan poin reward saat register, setelah melakukan transaksi, dan lain-lainnya. Lalu, jangan lupa juga untuk membuat seluruh kegiatan bisnismu jadi semakin efektif dan efisien dengan menggunakan Youtap POS yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama